5 Tips Jitu untuk Cari Teman Baru saat Kuliah Online

Kamu ingin mencari teman baru saat kuliah online, yuk simak 5 tips jitu ini biar kamu makin sukses menjalin relasi dengan teman-temanmu


0

Halo, mahasiswa baru Universitas Indonesia!

Bagaimana rasanya, setelah hampir setengah semester berkuliah di UI? Pasti rasa bangga dan excited-nya masih terasa, ya.

Memasuki dunia yang baru yakni dunia perkuliahan, artinya kamu juga akan bertemu dengan orang-orang yang baru juga. Artinya, saatnya kamu mencari teman baru di kampus UI!

Namun, situasi kuliah online atau PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) dapat menghambat mahasiswa baru mengenal dan berteman dengan teman-teman se-fakultas dan se-jurusan. Jika kita tidak cermat, bisa-bisa akan terasa canggung ketika nanti sudah mulai melaksanakan kuliah offline dan bertemu secara langusng.

Meskipun saat ini Universitas Indonesia masih menetapkan PJJ, namun menjalin relasi dengan teman-teman sesama mahasiswa tetap merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Makanya, anakUI.com akan memberimu 5 tips jitu untuk mencari teman baru saat kuliah online, nih!

1. Mulai dari menjadi friendly

Mahasiswa baru UI. (Sumber: Jomblonity)

Pertama-tama, jangan malas untuk bergerak dan memperkenalkan diri lebih dulu ke orang lain!

Kamu bisa mulai dengan aktif berbincang-bincang di grup kelas ataupun grup angkatan jurusanmu. Jadilah ramah dan berikan impresi pertama yang bagus untuk calon teman-temanmu.

Kamu juga bisa saling berhubungan dengan mem-follow media sosial teman-teman barumu, lho. Dengan begitu, kamu bisa menambah bahan obrolan di kala senggang. Siapa tahu, ada teman yang memiliki hobi dan kesukaan yang sama dengan dirimu.

2. Aktif dan fast response

Kamu bisa menggunakan tugas-tugas ataupun materi perkuliahan sebagai salah satu bahan obrolan, lho.

Cobalah untuk aktif bertanya mengenai materi atau tugas perkuliahan dengan teman satu kelas atau satu angkatanmu.

Jangan lupa juga untuk tetap fast response terutama ketika ada yang bertanya kepadamu terkait tugas-tugas.

Kamu juga bisa memanfaatkan grup kelas untuk bertanya mengenai pelajaran. Siapa tahu, ada teman yang memiliki kesulitan yang sama denganmu. Memiliki beban yang sama bisa membuatmu menjadi lebih akrab dengan orang lain, lho, karena kamu akan merasa tidak sendiri.

3. Ikut UKM dan kepanitiaan

Bedah Kampus UI. (Sumber: Komunita.id)

Apakah kamu memiliki hobi atau kesukaan tertentu? Kamu mungkin bisa mengikuti UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di kampus, lho!

UKM yang kamu ikuti bisa di tingkat Universitas Indonesia maupun di tingkat Fakultas. Jika kamu tertarik untuk mencari teman dari berbagai jurusan dan fakultas, mengikuti UKM tingkat UI bisa menjadi pilihan. Jika kamu ingin mengenal teman-teman fakultasmu terlebih dahulu, kamu bisa mengikuti komunitas tingkat fakultas. Namun, tidak ada yang melarangmu untuk mengikuti keduanya selama kamu bisa membagi waktu dengan baik, lho.

Selain UKM, kamu juga bisa mengikuti organisasi atau kepanitiaan yang sedang berjalan, baik di jurusan, fakultas, maupun tingkat universitas. Mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut tidak hanya dapat membantumu dalam mencari teman dan membangun relasi, namun juga mengasah kemampuan berorganisasimu!

BACA JUGA: Inilah Daftar UKM yang Ada di UI, Maba Wajib Tahu!

4. Buat kelompok belajar

Jika kamu merasa kebingungan dengan semua materi perkuliahan yang serba baru dan berbeda dibandingkan dengan saat sekolah dulu, kamu tidak sendiri! Sebagian besar teman-teman sesama mahasiswa baru pasti merasakan hal yang sama.

Untuk itu, kamu dapat menginisiasikan kelompok belajar agar kalian dapat saling membantu satu sama lain soal akademik.

Kamu bisa mulai dari kelompok-kelompok untuk tugas kuliahmu, misalnya kelompok MPKT-A, MPKT-B, atau mengajak teman-teman yang paling sering sekelas denganmu selama perkuliahan online.

Tidak hanya akan membantumu dalam hal memahami materi perkuliahan, namun kelompok belajar juga dapat membantumu dekat dengan teman-teman seangkatanmu dan membantumu untuk menemukan teman baru di perkuliahan!

5. Jangan takut SKSD

Temanmu saat ini akan menjadi teman seperjuanganmu 4 tahun kedepan nanti. (Sumber: Liputan 6)

Saat ingin membangun relasi, tidak jarang kita akan takut dianggap sok kenal dan aneh oleh orang lain.

Namun, tidak ada yang salah untuk menjadi SKSD atau “sok kenal sok dekat” dengan orang-orang yang akan menjadi teman seperjuangan kita selama 3 hingga 4 tahun kedepan. Ketika kita memulai sesuatu dari awal, kita perlu untuk berkenalan dan menjalin relasi seluas-luasnya untuk mengenal orang-orang yang akan menjadi temanmu. Mengenai menjadi teman baik atau sahabat akan datang seiring berjalannya waktu dan mendalamnya suatu hubungan.

Tetapi ingat ya untuk tetap bersikap sopan dan tidak menyinggung hal-hal sensitif saat pertama berkenalan!

***

Nah, itu dia tips-tips 5 tips jitu untuk mencari teman baru saat kuliah online ala anakUI.com! Yuk, Semoga berguna untukmu dalam membangun relasimu di kampus UI, ya!

BACA JUGA: Teruntukmu yang Berencana Gap Year, Tetap Semangat Ya! Ini Tipsnya


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. More of Ameni's Articles | Connect with her on LinkedIn

0 Comments

Leave a Reply