5 Tips Menuju Kesehatan Mental

anakui.com – Seseorang yang tidak mampu mengendalikan pikiran dan dirinya akan rentan mengalami persoalan. Sebab suatu hal yang sekalipun sederhana akan menjadi besar dan menyebabkan Kesehatan Mental terganggu bagi seorang yang tidak bisa mengontrol dirinya.

Maka ketahui tips mudah menjaga kesehatan mental di bawah ini :

  1. Menjalin hubungan baik

Hubungan baik sangat baik bagi kesehatan mental Anda. Huhungan baik dapat memunculkan rasa saling memiliki, hubungan emosional, harga diri, motivasi, pengalaman baik dan pastinya kebahagiaan. Hubungan baik dapat dibangun dengan sedikit meluangkan waktu bersama keluarga, kerabat, teman dan menjaga komunikasi baik dengan mereka agar tercapai apa yang sudah kita inginkan untuk menuju kesahatan mental agar lebih baik.

  1. Aktif beraktivitas fisik

Rutin beraktivitas fisik tidak hanya berfungsi pada kebugaran jasmani, tapi juga berfungsi besar terhadap kesehatan mental. Maka rutinlah beraktivitas seperti lari, senam dan jenis olahraga lainnya. Sebab, gerakan fisik dapat merubah kimiawi di otak kemudian membantu mengubah suasana hati anda menjadi lebih positif.

  1. Mempelajari hal baru

Hasil penelitian menjelaskan bahwa mempelajari hal haru dapat menunjang kesehatan mental. Sebab dengan mengetahui hal baru atau ketetampilan baru, akan meningkatkan harga diri, adaptasi dan kemampuan membangun tujuan baru. Dengan demikian pikiran anda lebih nyaman dan sehat.

  1. Memberi atau membantu orang lain

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tindakan altruistik (kebaikan) kepada orang lain dapat meningkatkan kesehatan mental. Sebab perilaku kebaikan dapat meningkatkan rasa kebermaknaan hidup, keberfungsian sosial, harga diri, kepuasan dan kebahagiaan.

  1. memperhatikan yang saat ini

Memperhatikan yang saat ini merupakan tindakan memikirkan dan merasakan segala sesuatu yang ada pada diri anda saat ini atau yang sedang dijalani. Seperti memperhatikan fisik, keluarga dan kerabat, memperhatikan lingkungan sekitar, serta menikmati capaian-capaian sederhana di hati ini. Tindakan itu akan menumbuhkan kepuasan, kebahagiaan, dan menjadi penguatan tersendiri pada anda.

Leave a Comment