5 Tips Simple Buat Kamu yang Susah Mengatur Waktu

Seperti kata pepatah, time is money. Jadi, buat kamu yang susah mengatur waktu, coba lima tips mengatur waktu ini, yuk! Dijamin simple, deh.


1
1 point

Di era yang serba cepat dan dinamis ini, time management merupakan satu hal yang wajib dikuasai oleh semua orang. Orang yang tidak bisa mengatur waktu dengan baik akan dianggap tertinggal oleh orang lain. Selain itu, tidak bisa mengatur waktu juga akan merugikan diri sendiri dan orang lain, loh.

Belajar mengatur waktu bisa dimulai secara mandiri saat sekolah, tepatnya saat SMP atau SMA. Kamu bisa mulai dengan cara membedakan waktu antara bermain, belajar, dan berorganisasi. Namun, jika sampai saat ini kamu masih belum bisa mengatur waktu, jangan khawatir. Tidak ada kata terlambat untuk belajar sesuatu selama kamu berniat untuk memulainya.

Nah, berikut ini anakui.com akan memberikan lima tips simple buat kamu yang susah mengatur waktu. Jangan lupa dicatat, ya!

1. Buat Jadwal Harian Sebelum Tidur

to-do list
Gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Sebelum kamu tidur pada malam hari, ada baiknya kamu menyusun agenda apa yang akan kamu lakukan untuk keesokan harinya. Kamu bisa membuat catatan di jurnal atau HP agar mudah mengingatnya. Tidak harus jadwal yang detail, cukup tulis garis besarnya saja.

Namun, kalau memang tidak ada hal penting yang akan kamu lakukan, tetap catat apa rencana aktivitas yang akan kamu lakukan, ya. Misalnya, menonton film, baca novel, bersih-bersih kamar, dan lain sebagainya. Cara ini bisa kamu lakukan agar kamu tidak rebahan saja sepanjang hari.

2. Atur Jadwal Per Jam

tips mengatur waktu
Gambar oleh Jan Vašek dari Pixabay

Jika kamu sudah terbiasa mengatur jadwal harian, kamu bisa mulai belajar untuk mengatur jadwal per jam. Tentukan dari jam berapa sampai jam berapa kamu akan melakukan sesuatu. Cara ini akan membuat kamu lebih disiplin.

Namun, tidak semua orang bisa menerapkan cara ini, terutama mereka yang fleksibel dengan waktu. Jika dipaksakan, kamu justru akan merasa burn out dan tidak bisa melakukan aktivitas dengan rileks. Jadi, kamu bisa menyesuaikannya dengan kepribadianmu.

3. Pasang Pengingat di HP

tips mengatur waktu
Gambar oleh Memoryloon dari Pixabay

Setelah mengatur jadwal, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah memasang pengingat di HP. Cara ini bisa kamu lakukan baik untuk jadwal harian maupun per jam.

Agar alarm pengingat tidak menggangumu setiap waktu, kamu bisa membuat pengingat pada kegiatan yang penting-penting saja, misalnya jadwal rapat, diskusi kelompok secara daring, atau deadline tugas. Kamu pun jadi tepat waktu dalam melakukan agenda-agenda tersebut.

4. Atur Mode “Jangan Ganggu” di HP

tips mengatur waktu
Business photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Pernah nggak sih, kamu terdistraksi dengan notifikasi HP saat lagi enak-enaknya mengerjakan tugas? Gara-gara notifikasi itu, perhatian kamu pun teralihkan dan kamu jadi lupa sama tugas di depanmu.

Agar hal itu tidak terjadi lagi, hal yang harus kamu lakukan adalah memasang mode “Jangan Ganggu” di HP-mu. Mode tersebut berfungsi untuk menonaktifkan notifikasi dari aplikasi dan panggilan telepon. Kamu juga bisa mengatur durasi untuk mode tersebut. Mode ini dapat digunakan pada semua jenis smartphone, baik iOS maupun Android.

Cara ini bisa dilakukan buat kamu yang masih membutuhkan HP walaupun sedang mengerjakan tugas, misalnya untuk hotspot. Selama data internetmu menyala, notifikasi tersebut akan tetap masuk, tetapi tidak ditampilkan di layar ponsel. Kalau kamu tidak butuh HP, lebih baik matikan data internetnya saja, ya.

5. Aktifkan Mode “Waktu Tidur” di HP

Tips mengatur waktu
Gambar oleh Ketut Subiyanto dari Pexels

Selain mengatur mode “Jangan Ganggu”, kamu bisa memasang mode “Waktu Tidur” juga di HP-mu. Sesuai dengan namanya, mode ini berfungsi sebagai pengingat waktu tidur dan alarm bangun tidur. Mode ini akan otomatis memberikan notifikasi beberapa menit sebelum aktif sesuai dengan waktu yang kamu tentukan. Dengan menggunakan mode ini, jam tidurmu pun akan lebih teratur.

Sama seperti mode “Jangan Ganggu”, mode ini juga tersedia di berbagai jenis smartphone, baik iOS maupun Android. Kedua mode tersebut pun dapat digunakan secara bersamaan. Di beberapa HP, mode ini juga sekaligus menjadi mode hemat daya. Selain itu, ada pula jenis HP yang cahaya layarnya otomatis berubah menjadi night mode atau menjadi hitam putih ketika mode ini aktif.

Nah, itu tadi lima tips buat kamu yang susah mengatur waktu. Cukup simple, kan? Seperti kata pepatah, time is money. Jadi, mulai belajar mengatur waktu, yuk!

Temukan tips lainnya di anakui.com yang pastinya akan bermanfaat bagi kehidupan perkuliahan kamu.


Like it? Share with your friends!

1
1 point

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Aniesa Rahmania Pramitha Devi
Language and Writing Enthusiast. Temui saya secara pribadi di aniesapramitha.medium.com . Baca artikel saya lainnya.

0 Comments

Leave a Reply