7 Alasan Mengapa Kamu Harus Ikut Magang Dari Rumah

Magang online banyak memberikan manfaat-manfaat, lho. Mau tau apa saja? Yuk cek 7 alasan mengapa kamu harus ikut magang online menurut anakUI.com!


0

Selamat liburan semester, anakUI!

Sayang sekali ya, liburan kali ini pun harus kita lalui dengan tetap berada di rumah tanpa bisa bepergian ke luar. Namun, hal ini tetap harus dilakukan demi menjaga kesehatan dan keselamatan kita bersama.

Karena kondisi tersebut, semua kegiatan perlu kita lakukan dari rumah: mencari hiburan, berolahraga, hingga bekerja. Nah, maka dari itu, kegiatan magang yang biasanya dilakukan oleh anak UI selama liburan semester juga perlu dilaksanakan dari rumah.

Magang saat liburan sendiri memiliki banyak manfaat buat kita loh, guys. Melalui magang saat liburan, kita dapat merasakan bagaimana lingkungan kerja yang sesungguhnya dan mengasah kemampuan kita yang diperlukan saat berkarir ketika lulus nanti.

Namun, sayangnya banyak mahasiswa yang kemudian menjadi mager karena magang dilakukan secara WFH atau work from home, yakni bekerja dari rumah secara online dan tidak datang ke kantor. Hal ini karena bekerja dari rumah seakan menghilangkan sensasi “kerja” yang dicari oleh mahasiswa.

Padahal, magang online juga banyak memberikan manfaat-manfaat, lho. Mau tau apa saja? Yuk cek 7 alasan mengapa kamu harus ikut magang online menurut anakUI.com!

1. Tempat Kerja Senyaman Rumah

Tempat kerja yang nyaman dapat membantumu lebih produktif dalam bekerja! (Sumber gambar: Unsplash)

Magang online tidak mengharuskanmu untuk bekerja di kantor, melainkan kamu dapat bekerja dari mana saja termasuk dari rumah. Dengan bekerja di rumah, artinya kamu bisa memiliki ruang kerja yang nyaman di kamarmu sendiri.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas-aktivitas lain dengan lebih leluasa, misalnya ngemil di sela-sela pekerjaan hingga skincare-an.

2. Menghemat Biaya

Ketika magang offline, salah satu yang perlu diperhatikan adalah biaya. Magang offline membuatmu harus menempuh jarak tertentu menuju tempat kantormu. Jika jarak rumah dan kantor tempatmu magang terlalu jauh, terpaksa kamu harus ngekos agar tetap bisa sampai di kantor tepat waktu. Selain itu, akan ada biaya-biaya lain seperti makan siang yang perlu kamu penuhi.

Dengan mengikuti magang online, kamu tidak perlu mengkhawatirkan biaya-biaya tersebut karena kamu tidak perlu repot-repot mobilisasi ke kantor. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi frekuensi membeli camilan di luar karena tetap berada di rumah.

BACA JUGA: Raja Salman Ke Indonesia, Anak UI Bisa Magang Di Arab Saudi!

3. Waktu Yang Fleksibel

Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir soal permasalahan waktu dan jarak, karena dengan bekerja secara online waktu dan jarak akan menjadi lebih fleksibel. Kamu bisa magang sambil mengerjakan aktivitas lainnya misalnya mengikuti kelas online, rapat organisasi, dan lainnya.

Magang online membuatmu fleksibel dalam hal tempat dan waktu, nih. Namun, tetap ingat jangan sampai malah membuatmu bekerja terlalu keras yang akhirnya berdampak pada kesehatanmu, ya.

4. Menjaga Kesehatan

Dengan bekerja di rumah, kamu jadi memiliki lebih banyak waktu untuk memperhatikan kesehatanmu. (Sumber gambar: Merdeka.com)

Melihat bahwa kasus COVID-19 semakin marak terjadi, magang online merupakan solusi untukmu agar tetap bisa mencari pengalaman namun juga menjaga kesehatan di rumah. Tidak hanya untuk kesehatanmu sendiri, namun juga untuk kesehatan orang-orang yang ada di sekitarmu.

Magang di rumah juga membantumu untuk makan, minum dan istirahat secara teratur. Untuk itu, kamu dapat menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhmu untuk magang yang lebih optimal.

5. Memperluas Jaringan

Kamu dapat bertemu banyak orang baru meskipun tidak keluar rumah! (Sumber gamabr: Unsplash)

Mengikuti magang saat masih berstatus mahasiswa dapat membantumu untuk memperluas jaringan yang dapat berguna di dunia kerja nanti. Kamu dapat bertemu banyak teman dari kampus lain dan bertemu atasan di tempat kerja yang dapat memberikanmu pengetahuan dan pandangan baru mengenai karirmu nantinya.

Tidak hanya itu, magang online yang mengijinkanmu bekerja di mana saja, termasuk di luar kota tempat tinggalmu sekarang juga dapat mempertemukanmu dengan orang-orang dan lingkungan yang berbeda. Misalnya, kamu yang tinggal di Depok bisa melamar untuk perusahaan yang ada di Surabaya secara WFH. Hal ini tidak hanya akan memberikanmu pengetahuan baru mengenai pekerjaan, namun juga mengenai budaya setiap daerah yang berbeda-beda.

6. Menambah Pengalaman Kerja

Biarpun tidak benar-benar datang dan bekerja di kantor, namun magang online tetap akan memberikanmu pengalaman yang sama ketika magang offline, loh.

Pertama, tentu kamu akan mendapatkan pengalaman kerja yang dapat melengkapi CV dan portofolio kerjamu nantinya. Dengan adanya pengalaman kerja ini, kamu juga dapat meningkatkan skill yang dibutuhkan saat bekerja.

Selain itu, Kegiatan magang yang sesuai dengan jurusan kuliahmu juga bisa dikonversikan untuk menjadi mata kuliah magang, lho. Jadi, selain mendapatkan pengalaman dan pengetahuan softskill, kamu juga bisa memperoleh nilai sebagai syarat kelulusan!

7. Menambah Penghasilan

Gaji magangmu juga dapat kamu tabung untuk keperluan di masa depan nanti. (Sumber gambar: Kompas.com)

Tidak jarang lho, perusahaan juga menyediakan uang saku atau gaji untuk para pegawai magang atau intern yang bekerja di tempat tersebut meskipun secara online atau WFH.

Meskipun tidak seberapa, namun uang tersebut tentu dapat membuatmu merasa dihargai sebagai seseorang yang bekerja. Kamu juga dapat lebih menyadari bagaimana sulitnya mencari uang dan akan lebih menghargai uang nantinya.

***

Nah, itu dia keuntungan-keuntungan magang online! Ternyata sama serunya dengan magang offline, kan?

Gimana, sudah siap untuk magang online di liburan semester ini?

BACA JUGA: 6 Keuntungan Dan Tips Buat Kamu Yang Pengen Magang Di Awal Masa Kuliah


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ameni Nazaretha
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UI yang suka menulis dan bermusik. More of Ameni's Articles | Connect with her on LinkedIn

0 Comments

Leave a Reply