70% Lulusan D3 UI Tidak Lulus Ujian Masuk Ekstensi UI


0

Pengumuman Seleksi Masuk Program Ekstensi kali ini berbeda. Jika biasanya pengumuman tersebut ditanggapi biasa saja, namun kali ini pengumuman tersebut menimbulkan keresahan tersendiri bagi sebagian besar lulusan D3 UI yang mengikuti ujian tersebut. Pasalnya dari hasil pengumuman tersebut ± 70% mahasiswa D3 UI tidak lulus Ujian Masuk Program Ekstensi. Hasil yang cukup mencengangkan, karena jika dilihat dari pengumuman tahun-tahun sebelumnya, lulusan D3 UI merupakan prioritas utama yang akan lolos dalam seleksi program ekstensi tersebut.

Kenyataan tersebut sungguh membuat calon mahasiswa yang tidak lulus ujian kecewa berat. Beberapa dari mereka bahkan tidak tau, akhirnya akan melanjutkan kemana. Mereka merasa bingung dikarenakan tidak mengira bahwa pengumumna tersebut di luar perkiraannya. Dari beberapa wawancara (obroral singkat tepatnya) ada beberapa mahasiswa yang memilih bekerja dahulu dan menunggu tahun berikutnya, namun ada yang memilih universitas swasta, tapi yang paling menghebohkan adalah beberapa mahasiswa memilih untuk melanjutkan S1 di perguruan tinggi negeri di luar kota, seperti Universitas Padjajaran (Bandung) atau bahkan Universitas Diponogoro (Semarang). Hal itu dilakukan demi mendapatkan ijasah universitas negeri. Menurutnya, sangat disayangkan jika ijazah D3 yang udah UI harus dicampur dengan universitas swasta.

Sebenarnya hal yang menjadi pertanyaan penulis adalah mengapa begitu besar presentasi mahasiswa yang tidak diterima di Ujian Masuk Program Ekstensi tersebut? Apa yang salah sehingga mereka tidak dapat diterima. Apakah karena kemampuan mereka yang di bawah standar, atau kesalahan dari sistem pembelajaran yang hanya mengfokuskan pada dunia kerja, sehingga mereka tidak dipersiapkan untuk menjalani ujian ekstensi, atau sistem penerimaan sekarang yang sangat selektif dan ada quota tersendiri?

Tulisan ini dibuat untuk mengangkat isu yang cukup unik mengenai permasalah baru yang ada di UI. Isu yang menarik untuk diperbincangkan karena menyangkut 2100 orang (asumsi lulusan 300 orang) yang tidak lulus saringan masuk tersebut.

-Terima Kasih-


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
crliquid

Seorang mahasiswa yang mencari jati diri. Mencari kebenaran dalam kegelapan.

28 Comments

Leave a Reply

  1. Hmmm…. kan program ekstensi byk yg ditutup di Univ. lain, jadi pd lari ke UI.. so pastiny saingan beratkan 🙂

  2. bingung. semoga tiga tahun ke depan dan seterusnya program ekstensi tetap di adakan UI dan para lulusan vokasinya lebih mudah untuk melanjutkan S1 d UI.
    amin..

  3. “Apakah karena kemampuan mereka yang di bawah standar, atau kesalahan dari sistem pembelajaran yang hanya mengfokuskan pada dunia kerja, sehingga mereka tidak dipersiapkan untuk menjalani ujian ekstensi, atau sistem penerimaan sekarang yang sangat selektif dan ada quota tersendiri?”

    sok tau lo

  4. Saya lulusan D3 UI tahun 2007 dan saya tidak lulus ekstensi tahun ini.. mungkin sy akan kembali bekerja, padahal saya sudah keburu resign…

    memang benar saya mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal ujian masuk ekstensi kemarin mungkin dikarenakan sudah lama saya tidak mengerjakan soal-soal seperti itu.

  5. tulisan ini sumbernya darimana yah?
    apa kuota s1 ekstensi tahun ini lebih kecil daripada tahun2 sebelumnya?

  6. Mungkin mahasiswa itu ga lulus ujian..jadi ya ga bisa masuk..yg mau masuk ke ekstensi ui kan g cuman mahasiswa d3 ui..bisa dari luar juga banyak…berkesempatan sama pula kan..??

  7. @simpatisan, yang lo tanda kutip tu pertanyaan .. bukan karena sok tau atau ga ..

    wahhh .. sebenernya kalo kaya gini sih tergantung mahasiswa nya sendiri ..

    kegagalan bukan akhir dari segalanya .. 😉

  8. Yahhhh…gimana dunk..khan gw pgn bgt Ekstensiiiii…
    emang tes nya apa aja..gw angkt 07 D3 Adm …

    msa gw ekstensi di Ipb…hahaha….

  9. waduh payah neh….
    ms kalah seh sm ank2 poltek seh????
    mereka aza blm dinyatakan lulus d3 nya dah dpt eksten ui……..

  10. hmm..seperti kabar yang beredar.. ada perubahan kebijakan di UI khususnya d3 dan ekstensi S1..
    sebagian besar (75%) emang ga lulus tes ujian ekstensi termasuk saya. sedih bgt sampe murung sendiri.
    tapi setelah mendengar kabar beredar, quota anak d3 ui untuk masuk ekstensi taun ini emang cuma 25%. ga abis pikir aja sih, tega bner.
    jadinya dari beribu2 (11rb katanya) orang yg pengen masuk ekstensi ui yg terdiri dari (orang kerja+ibu rumah tangga+orang2 diluar sana yg cari gelar ui+mahasiswa univ negri lain yang pindah univ karna univ nya ditutup+anak2 PNJ+anak2 d3 UI pastinya) rebutan tempat dengan main untung2an kyk spmb dulu. tapi quota d3 UI yang cuma 25% itu sangat mengecewakan, dan baru taun ini dikeluarin aturan itu. katanya sih pengen mencetak anak d3 yang siap masuk dunia kerja, jadi difokusin yg masuk orang2 tua/kerja. belom lagi emang soal tes ujian masuknya sangat susah, yg katanya soalnya disetarain sama pasca sarjana. hmm. semua keliatan jelas aja klo taun ini seleksi masuk berapakali lipat dibuat lebih susah. tambah ga adil aj sama anak2 d3 ui yang mau masuk ekstensi. cuma ya, yauda ikhlasin aja..pasti ada jalannya, emang sayang dari d3 ui trus ambil swasta. jadi mencoba lagi peruntungan ekstensi ui taun depan, dan tahun ini diisi sama bekerja dan bekerja + sesuatu yg lebih berguna 😀

  11. salah satu tes masuknya adalah TPA (Tes Potensi Akademik) itu katanya soalnya susah2 ya? kemarin saya sempat ngawas TPA untuk seleksi program ekstensi, dan berdasarkan obrolan peserta ujian seusai tes TPA, kata mereka soal-soal tesnya sulit, terutama bagian matematika dasar

    dan teman2 saya yang ikut S2 juga mengiyakan perihal sulitnya soal2 TPA (terutama matdas) itu. Soalnya calon mahasiswa S2 juga tes TPA di hari yang sama

    salam,
    Zulfan, Psikologi ’05

  12. sebelumnya saya ucapkan selamat bergabung bagi teman-teman yang akhirnya masuk di UI, memang saya akui ujian saringan masuk di UI tidaklah mudah.

    saya adalah satu dari ribuan orang yang berhasil untuk masuk ke dalam almamater UI, khususnya PE-FEUI angkatan 2007.

    teman-teman di PE, biasanya sudah banyak yang bekerja, saya sendiri jg sudah bekerja, mengingat jam belajar kami yang dimulai pukul 18.30, oleh karena itu alangkah baiknya waktu yang ada saya gunakan untuk hal yang lebih produktif ; membayar kuliah sendiri misalnya.

    dan bagi yang belum berhasil, tetap semangat. UI memang selalu menelurkan orang-orang sukses, tapi tidak semua orang sukses terlahir dari UI, bukan ?

    NB : bagi teman-teman yang ingin bertanya / sharing mengenai PE-FEUI, silahkan hub saya di : indah_dpp@yahoo.co.id

    cheers
    Indah DPP

  13. wah klo boleh tau..itu statistik data yg tidak lulus di ambil darimana y?…emang tes masuk ekstensi kali ini soal y susah tp kok temen2 sy yg tes alhamdulilah pada lulus padahal pas di tanya rata2 cuma sedikit yg di jawab..tp ada juga tmn sy yg gak lulus..rata2 temen sy yg gak lulus itu IPK y <2.75 yah mungkin ngaruh juga kalee y..dan mungkin tahun ini ada yg unik juga pada acara daftar ulang y yaitu pada saat antri untuk ngambil form pendaftrarannya

  14. memang harus adil dlm kputusan.. n sepertinya emang sudah ketat..
    buktiny.. bnyk tmn saya baik dr lulusan poltek n d3 ui atw d3 lainny pd lulus..
    jd smuanya itu hrus rasional n ga brat sebelah..

  15. wah sayang bgt nih mungkin w kurang beruntung aja kali ini, abis kalo quotanya cuma 25%. padahal gw pen kuliah sambil gawe tapi yaudahlah. mungkin gw meniti karier dulu aje taun depan tau dah masih tertarik apa ngga sama ekstensi UI

  16. hah yg bnr nii?
    hadohh ko bikin minder aja ya?
    pdhl rencana thn 2010 gw mau ekstensi ui,,
    smoga aja thn dpn gw bs masuk ekstensi ui..buat yg dah masuk ekstensi ui share dunk di comment apa yg mesti dsiapin supaya lulus masuk ekstensi ui :))

  17. ui ui, bayaran mahal bgt siiiiiih, wkt angkatan 2007 cm ada SPMB buat msk k s1 sekarang jalurnya macem2, d3 minta keringanan ga boleh, bukan kampus rakyat nih

  18. ui ui ui.. Mau skli masuk UI,, gmn ya biar bisa masuk PE-FE UI,, kasih masukan donk, apa2 ja persiapannya? terimaksh…

  19. jangan dipersulit donk masuk ekstensi UI tahun ini, kita yang anak d3 ui untuk lulus d3 aja ga gampang lho, jadi tolong dimudahin untuk bisa lanjut ke ekstensi UI.
    sayang kan klo ntar terusinnya keswasta.

  20. Saya fresh graduate S1 UI yg ikut tes pasca sarjana bulan november lalu dan ga lulus, hehe. Memang ada perubahan kebijakan. Saya sudah dapat rekomendasi dari seorang dosen S2 di jurusan yg saya pilih, tp mulai dua thn terakhir semua berkas pendaftaran yg masuk diurus oleh rektorat. Fakultas dan jurusan tdk lagi punya wewenang untuk menyeleksi calon mahasiswa. Jadi ujian essay dan wawancara ditiadakan.
    Pdhl ujian wawancara dan essay adalah andalannya lulusan ilmu sosial seperti saya. Terus terang, tesnya susah bgt. 250 soal dlm waktu yg sangat terbatas. Klo ga biasa ngerjain soal2 kaya gitu sih..pasti kerepotan…apalagi matematikanya(gw udh 5 thn ga blajar matematika)
    Jd yg mo ikutan tes, mending sering2 latian sebelum tes….

  21. Aku harap sampai aku lulus tahun 2012, ekstensi UI masih dibuka karena di kampusku sendiri, di UGM sudah ditutup…