90 Calon Anggota Mapala UI BKP 13 Siap Daki Gunung Gede


0

 

BKP 2012, Mapala UI, Gunung Gede, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Para calon anggota Mapala UI BKP 2012 berjalan meninggalkan Lembah Suryakencana, Gunung Gede. Perjalanan ke Gunung Gede ini dalam rangka menerapkan kemampuan dasar bergiat di alam bebas.

“Sebuah rencana yang baik adalah seperti sebuah peta. Ia menunjukkan tempat tujuan kita, dan biasanya jalan terbaik menuju ke sana.” – H. Stanley Judd

 

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan. Mapala UI adalah salah satu organisasi kemahasiswaan di lingkungan Universitas Indonesia yang kini sudah berusia hampir 50 tahun dan dapat dikatakan sebagai pionir terbentuknya organisasi pecinta alam tingkat universitas. Mapala UI yang beranggota 905 orang mempunyai fokus kegiatan di alam terbuka, lingkungan hidup dan kegiatan sosial. Dalam bergiat hampir 50 tahun, kunci sukses untuk mempertahankan eksistensi Mapala UI adalah regenerasi anggota baru. Pada tahun 2013 ini, Mapala UI, melalui Badan Pengurus Mapala UI 2013, membentuk Badan Khusus Pelantikan (BKP) 2013. Sebuah badan khusus yang bertanggung jawab untuk menyelenggarakan perekrutan anggota baru yang didalamnya terdiri dari proses penerimaan, pendidikan, serta penyeleksian. Mapala UI. Sebanyak 121 calon anggota Mapala UI siap untuk menjalani pendidikan anggota selama enam bulan.

Proses pendidikan anggota Mapala UI yang dipersiapkan oleh Badan Khusus Pelantikan terdiri dari tiga tahap. Tahap 1 merupakan pengenalan basic outdoor skill serta manajemen perjalanan, tahap 2 merupakan perjalanan panjang, dan tahap 3 merupakan pengenalan divisi. Pada persiapan tahap 1, para calon anggota mendapatkan materi manajemen perjalanan pada tanggal 26 Oktober 2013 lalu yang diberikan oleh anggota Mapala UI senior, Fandhi Achmad (M-658-UI) dan materi packing oleh M. Fauzan (M-733-UI). Fandhi Achmad atau yang akrab disapa Agi, adalah salah satu anggota Mapala UI yang kerap terlibat dalam ekspedisi Mapala UI ke berbagai daerah hingga dikenal memiliki kemampuan manajemen perjalanan yang baik. Pada kesempatan materi ini, para calon anggota sangat antusias untuk mempelajari persiapan untuk bergiat di alam bebas yang saat ini juga banyak dilakukan oleh orang-orang. Para calon anggota menyadari betapa pentingnya membuat perencanaan sedetil agar aman dan menyenangkan dalam bergiat.

Pada keesokan harinya, para calon anggota Mapala UI juga dibekali materi fotografi oleh Reynold Sumayku (M-588-UI), yang juga merupakan penulis, fotografer, dan redaktur foto Majalah National Geographic Indonesia dan National Geographic Traveler Indonesia. Penyok, sapaan akrab Mapala UI untuk Reynold Sumayku memberikan tips-tips memotret di alam bebas. Selain itu Reynold Sumayku juga menekankan pada para calon anggota Mapala UI, proses riset sangat menentukan keberhasilan dalam fotografi. Setelah materi fotografi, materi sheltering (pengetahuan menggunakan sesuatu untuk melindungi diri dari cuaca) diberikan oleh Fabius Bondan Wicaksono (M-817-UI) dan langsung dipraktekkan di lapangan. Para calon anggota diberikan kesempatan untuk mencoba mendirikan tenda, membuat bivak dan memasang flysheet. Tak ketinggalan pentingnya materi terakhir yang diberikan adalah materi jurnalistik. Pengisi materi jurnalistik adalah Wisnu Nugroho (M-852-UI), mahasiswa jurusan komunikasi FISIP UI yang selama bergiat di Mapala UI rajin mendokumentasikan perjalanannya dalam bentuk tulisan. Mapala UI yang dikenal dengan pelaporan kegiatan yang baik maka para calon anggota diharapkan selain bergiat di alam bebas, dapat membawa hasil perjalanan berbentuk video, tulisan dan foto.

Dalam tahap satu pendidikan anggota baru Mapala UI, para calon anggota akan melakukan perjalanan pertama ke Gunung Gede, Jawa Barat. Gunung Gede yang termasuk dalam kawasan taman nasional Gunung Gede-Pangrango akan menjadi tempat untuk menerapkan pengetahuan dasar bergiat di alam bebas. Setelah diberikan materi-materi oleh anggota Mapala UI, 90 calon anggota yang juga telah mempresentasikan persiapan perjalanan ke Badan Khusus Pelantikan (BKP) siap untuk mendaki Gunung Gede melewati jalur Cibodas pada tanggal 2-4 November 2013. Perjalanan ini juga ditemani oleh para mentor yang mana akan berada dalam setiap kelompok. Kelompok perjalanan ini dibagi menjadi 12 kelompok yang anggotanya berasal dari berbagai fakultas di Universitas Indonesia. Ketua Badan Khusus Pelantikan Mapala UI 2013, Bazooka Akbar Anantama (M-860-UI) mengharapkan perjalanan ini para calon anggota dapat merencanakan perjalanan ke Gunung Gede dan mendokumentasikan perjalanan dengan baik. “Pokoknya caang (red, calon anggota) harus bisa ngerasain naik gunung aman, seneng-seneng, dan asiklah pokoknya” tegas Bazooka.

BKP MAPALA UI 2013… IIIIOOOOOOOOO!!!!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
wahyuuap

0 Comments

Leave a Reply