Menuju tahun ajaran semester ganjil, akun-akun resmi BEM UI hingga BEM fakultas beserta Adkesma-nya memberitakan bahwa UI kini memiliki sistem baru mengenai administrasi dan pengisian IRS. Ho’oh, Isian Rancangan Studi yang biasa diisi di SIAK NG itu, loh. Akun-akun itu dengan resmi memberitakan bahwa untuk tahun ajaran baru ini, para mahasiswa tetap akan bisa mengisi IRS walaupun belum membayar BOP. Wah, kabar baik dong?

Yaiya… berhubung uang datangnya nggak dari pohon yang ditanem di depan rumah, jelas ini kabar bahagia. Namun, perlu diperhatikan, IRS akan secara otomatis tidak diterima walaupun sudah disetujui pembimbing akademik alias PA, kalau belum menyelesaikan administrasi keuangan hingga jangka waktu yang ditetapkan.

BACA JUGA: Tujuh Macam Grafik IPK di SIAK-NG

Tampaknya banyak mahasiswa yang percaya banget sama berita ini. Jelas, beritanya resmi, kok. Namun rupanya, pada tanggal 26 Juli 2016 kemarin, tepat di hari dibukanya pengisian IRS serempak oleh beberapa fakultas seperti FH, FIB, dan FPSI, berita menyoal SIAK NG jadi viral banget di timeline line. Pasalnya, pada jam dibukanya pengisian IRS, yaitu pukul 9 pagi, ternyata mahasiswa yang belum membayar BOP belum bisa mengisi IRS.

AADS: Ada Apa dengan SIAK-NG? via docplayer

AADS: Ada Apa dengan SIAK-NG? via docplayer

 

Mulailah para mahasiswa bersuara mengemukakan komentar mereka. Ada yang bilang bahwa berita ‘boleh isi walau belum bayar’ adalah hoax alias tipuan. Ada juga yang mulai ngeluh gara-gara takut kalah ‘war’, sedang anak-anak BEM sepertinya mulai bergerak cepat untuk mencaritahu sebab mengapa SIAK belum bisa diakses. Nggak hanya di timeline LINE, tapi juga di grup jurusan, fakultas, hingga paguyuban, masalah ini pun jadi perbincangan hangat.

advertisement

“Lo udah bisa isi belom?”

“Duh, gua jadi buru-buru ke ATM nih”

“Udah, tunggu aja, palingan sistemnya lagi diperbakin”

“Alhamdulillah gua bisa, walaupun belom bayar” —> lah? Yang ini hoki banget.

Akhirnya pada pukul 09.39 akun resmi Adkesma BEM UI mengeluarkan berita bahwa ketidakbisaan mengisi IRS adalah bukan karena harus membayar terlebih dahulu, melainkan penyesuaian di server SIAK NG belum sempurna dan server sedang down. Sedang dilakukan penyesuaian dan perbaikan di sistem BP untuk mengatasi masalah ini.

foto 3

advertisement

Uyeah! Meredeka-lah mahasiswa. Mendekati pukul 10, server akhirnya sudah sesuai dan semua mahasiswa yang belum maupun sudah membayar bisa mengisi IRS! So guys, besok-besok jangan panik dan berpikiran yang tidak-tidak dulu sebelum kita tahu masalah apa yang terjadi ya, bersabarlah menunggu berita resmi sehingga bisa tahu harus melakukan tindakan apa. Semoga #SiakWar edisi semester depan baik-baik aja ya! (loh, semester ini aja belom kelar, hehehe…).