Review Acer PEO Series ProDesigner PE320QK

anakui.com – Acer PEO Series ProDesigner PE320QK adalah tampilan yang bagus untuk para profesional dengan warna yang akurat, resolusi 4K, dukungan HDR10, dan beberapa fitur game. Monitor Acer ini memberikan pengalaman berharga yang sulit ditemukan di beberapa merk monitor lainnya.

Spesifikasi Acer PEO Series ProDesigner PE320QK

Spesifikasi
Ukuran: 32 inci
Resolusi: 3840 x 2160
Kecepatan refresh: 60Hz
Waktu respons: 4 mdtk
Port: HDMI 2.0, DisplayPort 1.2, USB 3.0
Sinkronisasi Frame: AMD FreeSync

Kelebihan

  • + Mode ruang pra-warna memberikan warna yang bagus
  • + Tudung tampilan bawaan dan lapisan anti-silau
  • + Akurasi warna yang bagus dan gamut warna yang lebar
  • + Dukungan AMD FreeSync

Kekurangan

  • – Lampu latar sedikit tidak beraturan
  • – Beberapa preset menghapus opsi khusus.
  • – Kualitas audio sedang

Saat melakukan tugas visual untuk mencetak grafik, konten video, atau media visual lainnya, warna tidak hanya penting, tetapi juga esensial.

Acer PEO Series ProDesigner PE320QK dibangun untuk akurasi warna, memberikan desainer dan pembuat layar 4K 32 inci yang menghadirkan tampilan memukau dan akurasi teknis untuk memuaskan para profesional yang paling menuntut.

Deskripsi singkat tentang fitur-fitur utama harus menjelaskan daya tarik bagi para profesional: kalibrasi pabrik, resolusi 4k, dukungan HDR10 dan DCI-P3, AMD FreeSync, dan kap layar bawaan.

Jika mencari monitor 4K yang dapat melakukan pekerjaan terbaiknya dengan warna yang akurat tanpa kalibrasi ekstensif, Acer PEO Series ProDesigner PE320QK adalah pilihan yang tepat.

Desain Acer PEO Series ProDesigner PE320QK

PE320QK adalah monitor yang terasa seperti bisnis hanya dengan melihatnya. Ini berfokus pada kualitas gambar dengan panel IPS 32 inci. Monitor dilengkapi dengan tudung layar empat bagian yang membatasi tampilan di tiga sisi untuk mengurangi silau dan cahaya sekitar.

Dengan penutup layar dilepas, ada bezel tipis 0,3 inci di sekitar monitor. Bezel sempit ini sangat bagus saat ingin menggunakan dua atau lebih monitor Acer PEO secara berdampingan. Tudung dilapisi dengan bahan beludru hitam yang menyerap cahaya untuk mengurangi silau.

Ada juga pintu jebakan kecil di bagian atas untuk memungkinkan pengukur kalibrasi digantung di depan layar untuk menyempurnakan kualitas warna monitor.

Dudukan yang disertakan adalah dudukan profesional yang dapat menyesuaikan tinggi dan sudut untuk menaikkan layar 4,5 inci dan memutarnya ke kiri, kanan, atas dan bawah, atau memutarnya 90 derajat dalam mode potret. Berukuran 16,3 x 29,3 x 7 inci, monitor besar ini memiliki tapak yang sangat masuk akal.

Penyangga yang sangat dapat disesuaikan memiliki dasar persegi yang tidak melewati bagian depan monitor, menyisakan banyak ruang di meja untuk alat seperti keyboard dan mouse atau alas gambar Wacom. Dan, dengan berat 17,8 pon, cukup berat sehingga tidak akan sering memindahkan monitor, tetapi tidak menyimpang dari model 32 inci.

Jika ingin memasang PE320QK ke dinding atau lengan monitor yang dapat disesuaikan, sobat dapat melepas dudukan dan menggunakan dudukan VESA standar 100 x 100 mm.

Port dan Antarmuka

PE320QK memiliki sejumlah port yang menawarkan input video dan hub USB 3.0 bawaan. Di bagian belakang layar terdapat panel input dengan dua port HDMI 2.0, satu koneksi DisplayPort 1.2, dan sepasang port USB 3.0.

Port USB Type-C juga tersedia yang dapat digunakan sebagai koneksi video atau digunakan untuk mengisi daya laptop atau ponsel yang dilengkapi USB-C. Di sisi layar terdapat hub USB ganda untuk menghubungkan penyimpanan dan perangkat lain tanpa harus terhubung langsung ke PC.

Antarmuka utama layar adalah joystick empat arah yang juga berfungsi sebagai tombol yang dapat diklik di bagian belakang layar. Alat navigasi praktis ini memungkinkan bergerak cepat melalui menu dengan pemilihan item yang intuitif. Ada juga empat tombol di belakang tepi kanan layar.

Salah satunya adalah tombol daya monitor, dan tiga lainnya menyediakan berbagai fungsi peka konteks tergantung pada menu di layar.

Performa Acer PEO Series ProDesigner PE320QK

Setiap PE320QK telah dikalibrasi dari pabrik dan disetel sebelumnya untuk performa optimal. Dikombinasikan dengan daftar cucian fitur kelas profesional yang ditawarkan oleh monitor, seperti dukungan HDR 10, warna 10-bit, dan dukungan AMD FreeSync, tidak mengherankan jika PE320QK menghadirkan visual bintang dan kualitas warna bintang.

Saat menonton trailer 4K untuk film Black Widow, kami senang melihat bahwa nuansa hitam dan merah yang menonjol di klip cukup dalam dibandingkan dengan level hitam dan warna merah cerah, langit biru, dan api jingga cerah.

Satu-satunya keluhan kami tentang warna adalah, seperti kebanyakan layar LCD dengan lampu latar, warna hitamnya agak abu-abu. Jika ingin benar-benar hitam, belilah layar OLED. Kami juga menemukan bahwa lampu latar tidak konstan. Pada layar 32 inci, perbedaan kecerahan sangat minim.

Ini tidak terlihat saat menjelajahi web atau bekerja dengan dokumen, tetapi menarik pola pengujian satu warna layar penuh menunjukkan hotspot yang sedikit lebih terang di sepanjang tepi atas dan bawah layar. Ini bisa menjadi masalah nyata saat melakukan pekerjaan kritis warna dalam fotografi atau media lainnya.

Itu karena sedikit perubahan pada cahaya latar dapat mendistorsi persepsi tentang konsistensi warna gambar. Namun selain itu, secara keseluruhan kami senang dengan PE320QK. Kualitas warna sangat bagus dan tampilan menangani perubahan warna yang halus dengan cukup baik, seperti yang diharapkan dari panel 10-bit.

Selain untuk media work, monitor ini juga cocok untuk penggunaan yang kurang serius seperti gaming. Dan meskipun ekspektasi mungkin berbeda saat bermain game, tuntutan akan akurasi, detail tajam, dan waktu respons yang cepat mungkin sebenarnya lebih tinggi.

Untungnya, Acer memiliki beberapa fitur yang cocok untuk bermain game. Termasuk AMD FreeSync, yang memberikan frekuensi gambar bervariasi antara 30 dan 60Hz agar sesuai dengan output kartu grafis dan menghadirkan pengalaman bermain game yang lancar dan bebas gagap.

Namun, dukungan game tidak sekaya monitor game khusus. Membandingkannya dengan LG 38GL950G UltraGear, kita dapat melihat bahwa PE320QK menawarkan dukungan frame rate yang lebih rendah dari 60Hz dibandingkan dengan 144Hz LG 38GL950G dan tidak memiliki mode permainan khusus genre yang biasa digunakan untuk tampilan game. .

Hasil Tes Lab

Kami mengukur kecerahan layar rata-rata 237 nits pada Acer PE320QK menggunakan konten rentang dinamis standar (SDR) saat kecerahan layar dimaksimalkan. Ini hanya sekitar setengah dari 550 nits yang diklaim Acer dapat dihasilkan oleh layar, tetapi dilakukan dengan menggunakan konten rentang dinamis standar.

Saat kami menguji layar dengan konten HDR alih-alih layar putih default, kami melihat bagian layar mencapai 425 nits. Saat kami mengalihkan monitor ke mode HDR khusus, hasilnya lebih cocok dengan klaim Acer, mengukur kecerahan puncak 512 nits dan kecerahan rata-rata 503, tergantung pada rig.

AOC C4008VU8 (286,8 nits), BenQ EL2870U (249,5 nits) dan LG 27UD88-W (229 nits). LG 38GL950G UltraGear bekerja lebih baik dengan 544,4 nits yang teruji, tetapi ini juga merupakan monitor gaming kelas atas, jadi kami tidak terkejut dengan kinerjanya.

Layar ini juga bekerja dengan baik dalam tes lab lainnya, menghasilkan 108,7% spektrum warna sRGB dalam mode standar, peningkatan dibandingkan tampilan pada atau mendekati 100%. Hasil ditetapkan pada 99,998% saat diatur ke mode gambar sRGB tertentu.

Ini adalah yang paling dekat yang kami uji hingga 100% dalam praktiknya. Gamut warna 123% dalam pengujian yang sama saat dialihkan ke mode HDR dengan ruang warna yang lebih besar.

Ruang warna yang lebih luas menyediakan rentang warna yang lebih luas dan nuansa yang lebih menengah saat melakukan grading warna pada foto dan video. Sekali lagi, ini merupakan peningkatan dari LG 27UD88-W (97,6%), tetapi jauh dari standar yang ditetapkan oleh orang lain seperti BenQ EL2870U (122%) dan AOC C4008VU8 (145%).

Kami juga mengonfirmasi bahwa tampilan menghasilkan 77% ruang warna P3 dalam mode standar dan 92% dalam mode HDR, menurut colorimeter dan perangkat lunak pengujian. Terakhir, warna yang dipasok Acer cukup bagus, dengan peringkat akurasi Delta-E 0,09 dalam mode standar.

Monitor apa pun yang dapat menghasilkan peringkat di bawah 1 adalah bagus (0 berarti sempurna). Tetapi tingkat presisi yang diharapkan dari monitor profesional lebih tinggi, dan senang melihat Acer berhasil dalam hal itu.

Monitor AOC 40 inci 4K (C4008VU8) (0,24), LG 38GL950G Ultra Gear (0,24), dll. Skor 0,09 luar biasa bahkan di antara produk dengan performa tertinggi. Dan terasa lebih baik daripada BenQ EL2870U (1.1) dan LG 27UD88-W (1.7). Meskipun ini adalah tampilan yang sangat akurat dengan sendirinya.

Audio Acer PEO Series ProDesigner PE320QK

Acer PE320 QK menawarkan sepasang speaker internal yang masing-masing menyediakan daya 2 watt. Ini adalah sentuhan yang bagus ketika ingin membuang headphone dari waktu ke waktu, tetapi speakernya sendiri tidak menawarkan kualitas terbaik.

Saat menonton trailer 4K Black Widow, menurut kami speakernya kurang bagus. Volume keseluruhan rendah dan sunyi, dan dialog serta efek suara dangkal dan sedikit bergema. Pertimbangkan headset yang bagus atau speaker komputer terbaik untuk kualitas suara yang lebih baik.

Mode dan Fitur

PE320QK memiliki total 8 mode gambar berbeda, banyak di antaranya berfokus pada ruang warna berbeda yang mungkin diperlukan pekerjaan. sRGB, Rek. 709 dan HDR bersama dengan mode pengguna khusus, mode standar (default), mode ramah lingkungan untuk penggunaan hemat energi, mode grafik dan mode film untuk menonton media streaming atau konten video.

Yang paling menarik adalah sRGB Rec khusus. Mode 709 dan HDR ditujukan untuk para profesional yang perlu menyesuaikan pengaturan monitor mereka ke standar warna tertentu.

sRGB dan Rek. Mode 709 pada dasarnya mengurangi gamut tampilan dan kedalaman warna yang lebih luas agar sesuai dengan standar yang kurang luas dengan menyesuaikan kecerahan dan gamut warna agar sesuai dengan ruang warnanya masing-masing.

Hasilnya tidak terlalu mengesankan secara visual, tetapi itu tidak dimaksudkan. Itu harus berada dalam kisaran akurasi yang diinginkan dalam produk akhir, apakah itu video, situs web, atau poster.

Satu-satunya masalah yang kami lihat dengan mode ini adalah pengaturan lain dinonaktifkan untuk mencegah pengguna menyesuaikan ulang pengaturan saat beralih ke mode sRGB dan kemudian mencoba mengoptimalkan tampilan.

Preset sangat bagus jika memenuhi kebutuhan, tetapi bisa membuat frustasi jika ingin melakukan sedikit penyesuaian dalam parameter warna yang ditentukan.

Kesimpulan

Janji sebenarnya dari Acer PEO Series ProDesigner PE320QK sederhana saja. Dengan kata lain, monitor 4K layar lebar dibuat untuk mendukung pekerjaan pengguna profesional dengan ketelitian visual yang mereka perlukan saat warna dan resolusi paling penting.

Ini adalah pilihan yang bagus untuk siapa saja yang bekerja dengan fotografi, grafik, atau video, dan pengujian kami menunjukkan bahwa ini akan bekerja dengan baik di studio atau toko kreatif mana pun. Kami juga terkejut dengan penawaran PE320QK yang kurang terspesialisasi.

Ini memberikan pengalaman bermain game yang luar biasa kuat untuk monitor non-game. Ini tidak sebagus banyak produk khusus game di pasaran, tetapi juga tidak cocok untuk penggunaan profesional.

Jika menginginkan monitor untuk bermain game, lihat LG 38GL950G UltraGear, Pilihan Editor kami untuk bermain game. Namun jika membutuhkan monitor kalibrasi warna yang mendukung banyak fitur profesional, Acer PEO Series ProDesigner PE320QK adalah yang terbaik yang pernah kami lihat.

Leave a Comment