Review Acer XFA240, Monitor Gaming Harga Terjangkau

anakui.com – Acer XFA240 adalah monitor gaming 1080p dengan harga terjangkau yang memberikan performa mengesankan. Acer XFA menawarkan kinerja 1080p yang luar biasa dan struktur fisik serbaguna dengan harga kurang dari Rp. 3 jutaan.

Spesifikasi Acer XFA240

Spesifikasi
Dimensi: 22,3 x 2,4 x 13,2 inci
Ukuran layar: 24 inci
Resolusi: 1920x1080
Tingkat refresh: 144Hz
Input: DisplayPort, HDMI, DVI
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 16:9
Tipe Panel: TN
Berat: 8,5 pound

Kelebihan

  • + Murah
  • + Kualitas warna bagus
  • + Desain yang mudah dan intuitif

Kekurangan

  • – Menunya menyebalkan
  • – “Game Mode” dapat memperburuk grafik.

Bagian dari daya tarik game PC adalah sobat dapat memainkannya dengan hampir semua anggaran, dan Acer XFA240 adalah contoh yang bagus untuk itu.Sobat bisa mendapatkan sistem yang sangat layak hanya dengan 2 jutaan, dan Acer XFA240 adalah monitor yang sederhana dan murah untuk digunakan.

Monitor gaming sederhana ini berharga Rp. 3 jutaan (atau sedikit lebih murah dengan kode promo Acer) dan menawarkan layar penuh warna, pengaturan mudah, dan beberapa tambahan berguna.

Meskipun bukan aksesori yang bagus untuk sistem kelas atas, XFA240 adalah salah satu monitor gaming terbaik (dan monitor terbaik secara umum) yang dapat dibeli dengan output 1080p. Terutama jika tidak ingin menghabiskan banyak uang. Baca ulasan Acer XFA240 kami ini sampai selesai untuk lebih jelasnya.

Harga dan Ketersediaan

Acer XFA240 berharga Rp. 3 jutaan dan tersedia di Amazon. Untuk di Indonesia sendiri, sudah banyak pengecer yang menjualnya. Sobat hanya harus pintar-pintar mencari diskon yang diberikan oleh toko penjual untuk mendapatkan harga yang paling murah.

Desain Acer XFA240

Di dunia di mana “bezel” adalah kata yang kotor dan setiap perangkat harus terlihat seperti sesuatu dari film Ridley Scott, ada sesuatu yang menarik dan kuno tentang Acer XFA240. Perangkat ini berbentuk persegi panjang hitam dengan layar 24 inci dan bezel menonjol di semua sisi.

Ada enam tombol di bagian depan dan DisplayPort, port HDMI, port DVI dan dua jack 3.5mm (satu untuk audio dan satu lagi untuk mikrofon) di bagian belakang.

Dudukan melingkar lebar memiliki lengan yang memungkinkan menyesuaikan ketinggian monitor, dan juga dapat memutar monitor 90 derajat jika memerlukan layar kedua vertikal. Ini memiliki semua yang dibutuhkan di monitor game, ditambah beberapa tambahan berguna yang terkadang dihindari oleh periferal yang lebih mahal.

Merakit monitor sangat sederhana karena hanya ada 3 bagian: layar, dudukan, dan alas tempat menaruh monitor. Sobat hanya memerlukan obeng untuk alasnya (kepala datar atau kepala phillips bisa digunakan) dan sangat mungkin untuk merakit semuanya dalam waktu kurang dari satu menit.

Satu-satunya keluhan adalah alasnya masih memiliki banyak lem karena tidak ingin merusak meja. Namun, jika mencoba membersihkan alasnya dengan aseton, hasil akhirnya akan hilang dengan bersih.

Lagi pula, jika tidak meletakkan monitor di tatakan, kami berisiko merusak permukaan kayu meja. Jika sobat berada dalam situasi yang sama, gunakan sabun dan air terlebih dahulu.

Layar Acer XFA240

Layar Acer XFA240 tidak buruk untuk harganya. Sobat mendapatkan kecerahan 352 nits, 106,3% dari spektrum sRGB, dan akurasi warna Delta E 0,26 (lebih dekat ke 0 lebih baik).

Bandingkan dan kontraskan dengan Dell 24 Gaming Monitor S2421HGF yang serupa, yang memiliki rasio sRGB yang sama tetapi memiliki kecerahan 284 nits dan Delta E 0,3. XFA240 memiliki layar yang jauh lebih baik daripada yang disarankan harganya. Dari segi kualitas, warna dan kecerahan terlihat bagus.

Untuk penggunaan sehari-hari, sobat dapat menyelesaikan pekerjaan hanya dengan kecerahan 50%, dan warna terlihat tajam dan akurat saat menulis dokumen Word, menonton video YouTube, atau bermain video game. Warna hitam bukanlah sesuatu yang istimewa, tetapi layar dapat menampilkan warna biru cerah, merah, dan cokelat tanpa masalah.

Performa Gaming

Kami menguji Acer XFA240 dengan berbagai game, termasuk Overwatch, Age of Empires II: Definitive Edition, Shadow of the Tomb Raider, dan World of Warcraft. Menu XFA240 tidak memiliki banyak prasetel terkait, hanya “Mode Game” yang mencerahkan layar dan membuatnya sedikit lebih tajam.

Namun dalam banyak kasus, mode permainan memperburuk keadaan. Katakombe kuno Tomb Raider terasa tandus. Stepa Mongolia di Age of Empires tampak seperti gurun berpiksel. Tetapi, dengan Game Mode nonaktif, keseimbangan warnanya tidak bagus, tapi setidaknya enak dipandang.

Karakter dan proyektil muncul di Overwatch, dan gurun serta hutan menjadi hidup di World of Warcraft. Berkat kecepatan refresh layar 144Hz, sebagian besar game berjalan setidaknya 60fps, dengan 120fps biasa terjadi pada judul yang tidak terlalu menuntut.

Performa, tentu saja, bergantung pada perangkat keras, tetapi sobat bisa mendapatkan frekuensi gambar yang cukup lancar dari XFA240.

Antarmuka Acer XFA240

Bagian yang kurang mengesankan dari Acer XFA240 adalah sistem menunya. Memiliki lima tombol (dan satu tombol daya) daripada satu inti kontrol membuat hal-hal ini cukup membingungkan. Tetapi kami menghargai bahwa tombol-tombol tersebut ada di bagian depan monitor daripada tersembunyi di baliknya.

Menekan tombol apa saja akan menampilkan pintasan ke mode permainan, opsi kinerja, menu lengkap, pemilih input, dan kontrol volume. (XFA240 memiliki speaker bawaan. Seperti banyak speaker monitor, speaker ini tidak seimbang dan metalik, meskipun sedikit lebih baik daripada tidak ada speaker sama sekali.)

Dari sini, menu utama adalah tempat untuk melakukan sebagian besar penyesuaian. Ada banyak tombol dan fungsi, tetapi navigasi bisa jadi sulit. Namun, ada beberapa pilihan yang diinginkan.

Sobat dapat memilih dari beberapa preset yang tidak jelas (Standard, Eco, Cinema, dll.), mengubah kecerahan dan kontras, menyesuaikan saturasi, dan memilih input. Ini bukan monitor yang paling ramah konsol, karena hanya memiliki satu port HDMI, tetapi secara teori berguna jika ingin menghubungkan banyak komputer.

Kesimpulan

Menurut kami, tidak ada fitur individual yang dibahas dalam ulasan Acer XFA240 kami yang inovatif, tetapi kami sangat terkejut dengan betapa kami menyukai keseluruhan paket. Tampilan yang terjangkau dan praktis dengan penyesuaian ketinggian, rotasi vertikal, speaker bawaan dan jack audio, serta layar yang jernih dan berwarna.

Jika memiliki rig gaming yang dibuat untuk keluaran 1080p, ini adalah monitor yang sangat bagus. Jika bersedia membayar lebih, MSI Optix MAG272C menawarkan performa serupa, tetapi dengan layar melengkung yang menarik.

Di sisi lain, Optix tidak memiliki mode vertikal atau speaker, jadi sobat dapat menghemat uang dan mendapatkan beberapa fitur dengan memilih XFA240.

Leave a Comment