Mulai dari menamai bis berwarna merah-putih sebagai ‘bikun’, sampai menyebut suatu lahan kosong sebagai ‘kandang rusa’, ini dia penamaan-penamaan fasilitas UI yang kalau dirasa-rasa kurang konsisten dengan kenyataannya…

1. Bikun (Bis Kuning)

Sebagai kampus yang identik dengan warna kuning, sarana transportasi bis di dalam lingkungan kampus (dan asrama) UI juga berwarna kuning. Bis kuning ini pun seringkali disingkat menjadi ‘bikun’. Namun, akhir-akhir ini ‘bikun’ yang beroperasi di lingkungan kampus UI nggak semuanya berwarna kuning. Selain ‘bikun’ Aerotrans berwarna abu-abu yang tahun lalu sempat lama melayani warga UI, yang terbaru adalah ‘bikun kramat’ atau ‘bikun’ dari vendor Kramat Jati.

'Bikun Kramat' - Sumber: Twitter @dimanabikun via @ramadipo

‘Bikun Kramat’ – Sumber: Twitter @dimanabikun via @ramadipo

Meskipun nggak berwarna kuning, bis Kramat Jati yang belum sempat di-cat sesuai dengan statusnya sebagai ‘bikun’ ini tetap disebut ‘bikun’. Ya, yang lain masih dalam proses pengecatan, menurut akun @dimanabikun (update 20/1/2015: judul diubah menjadi ‘Belum Berwarna Kuning’, tadinya ‘Tak Lagi Berwarna Kuning’ untuk merefleksikan hal ini).

 

2. SCeLe (Student Centered Learning Environment)

Ini tampilan SCeLE UI

Ini tampilan SCeLE UI

Judulnya, sih, SCeLE, singkatan dari Student Centered Learning Environment. Tapi, apakah iya SCeLE bekerja konsisten dengan namanya?

SCeLE adalah salah satu usaha UI untuk bikin sistem belajar-mengajar online yang berpusat pada mahasiswa, meningkatkan partisipasi mahasiswa untuk berpendapat serta memanfaatkan Internet dalam pembelajarannya. Mata kuliah yang terkenal sangat aktif memanfaatkan SCeLE adalah Mata kuliah Pengembangan Kepribadian Terintegrasi-B (MPKT-B).

advertisement

Memang, sih, mahasiswa jadi lebih aktif berpendapat melalui platform ini, namun aktifnya mahasiswa di SCeLE sangat terpaksa. Konten SCeLE masih sangat berorientasi pada dosen, belum benar-benar user-friendly dan belum menjadi ‘environment’ belajar yang diidamkan oleh para mahasiswa.

 

3. Kandang Rusa

Kandang Rusa UI dulu, ketika masih ada rusanya

Kandang Rusa UI dulu, ketika masih ada rusanya

Kalau yang ini ceritanya cukup menyedihkan… Kandang Rusa UI yang terletak di bagian depan lansekap kampus ini dulu dihuni oleh rusa-rusa, namun jika dilihat sekarang, hanya menjadi lahan kosong yang ditumbuhi tanaman liar. Beberapa liputan media menyebutkan bahwa UI tidak berhasil memelihara rusa-rusa ini hingga harus dihibahkan ke Bandung.

Lihat foto-foto selengkapnya waktu rusa-rusa ini masih berkeliaran di kandangnya.

 

4. SSO (Single Sign On) atau JUITA (Jaringan UI Terpadu)

Di era modern ini, UI turut mengembangkan teknologi IT-nya dan menggunakan sistem SSO. Dengan sistem SSO, mahasiswa UI dapat mengakses berbagai situs atau sumber daya dalam jaringan UI terpadu. Jadi, mahasiswa cukup melakukan log-in satu kali untuk masuk ke dalam berbagai situs yang termasuk di dalam sistem informasi, sistem komunikasi dan fasilitas komputer UI.

advertisement

Meskipun begitu, coba lah membuka https://sso.ui.ac.id/ dan melakukan log-in menggunakan akun masing-masing. Lalu, buka lah situs SCeLE atau SIAK NG. Seringkali, pemilik akun yang telah log-in melalui laman SSO UI masih harus log-in lagi ketika masuk ke laman SCeLE, SIAK NG, maupun laman-laman UI lainnya.

Jadi, apakah SSO UI benar sebuah jaringan terpadu dengan sistem single sign-on?

 

Itu beberapa inkonsistensi yang anakUI.com temukan. Mudah-mudahan saja tulisan ini bisa jadi kritik yang membangun untuk kampus tercinta ini.

Bagaimana menurut teman-teman, apa lagi yang teman-teman temukan? Share di komentar ya!