Sebentar lagi, kamu-kamu yang sedang duduk di tingkat akhir sekolah menengah atas akan lulus. Kamu pun semakin semangat menanti datangnya hari itu. Kamu ingin meneruskan ke jenjang perkuliahan, ingin menjadi mahasiswa. Sebuah status yang mana kamu anggap WAH karena ada kata “Maha” sebelum siswa. Tapi tunggu dulu, seenggaknya ada beberapa hal yang harus kamu pahami dulu, nih, sebelum masuk ke dunia perkuliahan.

1. Minat dan Bakat Kamu

5133901612_b0428b278c_b

Tentukan bakat dan minat kamu. (Photo Credit: The Rat Race (all over again) via Compfight cc)

Hal pertama yang harus kamu pahami dan mengerti bahkan jauh sebelum kamu memutuskan untuk kuliah adalah minat dan bakat kamu. Bukan apa-apa, hal ini nantinya bisa menjadi bahan pertimbanganmu dalam memilih jurusan atau universitas yang kamu tuju. Dengan ini juga kamu bisa memiliki gambaran tentang pekerjaan yang berkaitan dengan minat dan bakat kamu. Misalnya, nih, kamu suka ngoprek komputer, ya ambilah IT atau SI. Banyak juga sih yang memilih bukan berdasarkan minatnya, tapi lebih baik untuk mengembangkan bakat dan minat kamu dibidang yang benar dan terarah. Enggak mau kan menderita salah jurusan?

 

2. Jurusan

Jurusan yang tepat, bikin kamu rajin belajar. (Sumber:)

Jurusan yang tepat, bikin kamu rajin belajar. (Photo Credit: Bush 41 Library via Compfight cc)

Nah, ini masih ada korelasinya sama poin di atas. Jurusan dapat kamu tentukan setelah kamu mantap dan mengerti minat dan bakatmu. Memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakat akan menghindarkanmu dari kasus salah jurusan. Dengan memilih jurusan yang tepat dan sesuai dengan minat bakatmu pula, kamu bisa lebih terarah menentukan kira-kira pekerjaan apa yang cocok.

 

3. Memilih Universitas/Perguruan Tinggi/Akademi

 

advertisement
Memilih universitas. (Sumber)

Memilih universitas. (Photo Credit: Mohamad Sani via Compfight cc)

Milih universitas atau sekolah yang akan kamu tuju nantinya ini rada-rada kompleks ya. Tentunya hal pertama yang harus dilihat adalah apakah tempat tujuan kamu itu mempunyai jurusan yang kamu minati atau tidak. Bicara soal universitas tujuan, bicara pula soal dana. Banyak hal yang harus dipertimbangkan seputar ini. Tentunya harus dipikirkan masak-masak, lho, ya. Lebih baik lagi kalau kamu mencari unversitas atau sekolah yang sesuai dengan budget kamu. Kalau pun tidak sesuai, coba usahakan untuk mendapatkan beasiswa. Ingat, semua kampus pada dasarnya bagus kok. Cukup pintar menyiasati pergaulannya aja.

Setelah kamu mantap dengan kampus pilihanmu, kamu bisa mendaftar langsung ke sana. Untuk berjaga-jaga, lebih baik kamu mempunyai cadangan pilihan. Takutnya kamu kurang beruntung dan tidak diterima di pilihan pertamamu.

Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat kamu ingin memasuki dunia perkuliahan. Jangan sampai kamu belum mempersiapkannya ya, bisa-bisa nanti kamu keteteran. Atau yang lebih parah lagi, kamu salah jurusan. Oh ya, ini diterapkan bukan hanya untuk kamu yang tingkat akhir saja, siswa tingkat satu dan dua pun bisa mengaplikasikannya jika ingin mempersiapkan bekal menuju dunia perkuliahan sedari dini.



[reaction_buttons]

advertisement