Setelah menjadi isu yang cukup hangat pada beberapa hari yang lalu terkait penutupan pintu gang senggol dan pintu barel, akhirnya pada hari selasa 01 juni 2010 pintu gang senggol di buka lagi (untuk pintu barel belum dapat kabar terkini)

Pintu gang senggol benar-benar ditutup pada tanggal 31 Mei 2010 oleh PLK dengan alasan keselamatan dan kenyamanan yang didasarkan pada UU Perkeretaapian tahun 2007 pasal 181 ayat 1 (tercantum pada spanduk yang di pasang di pagar kuning). Kebijakan ini diambil karena maraknya kejadian kecelakaan yang terjadi di perlintasan tersebut dengan korban dari mahasiswa UI sebanyak 4 orang (list menyusul).

Pada tanggal 31 Mei 2010 tersebut berlangsung pula pertemuan antar warga dengan PLK untuk mencari win-win solution, akhirnya kedua belah pihak sepakat untuk memberikan akses kembali pintu kuning gang senggol dengan catatan :

advertisement

  • Penyebrangan kereta yang ada di gang senggol harus ditutup (sementara menggunakan papan & bambu) sambil menunggu koordinasi dari PT.KA untuk membuat tembok.
  • Selain itu diharapkan kepada pengguna jalan untuk menyebrang melalui st.pondok cina agar lebih aman & nyaman.
  • Tidak disarankan pula menyebrang melalui belakang detos

Sebelumnya, saya atas nama OHSC FKM UI (Himpunan Mahasiswa Departemen FKM UI yang bergerak di bidang Keselamatan & Kesehatan Kerja) ingin memberitahukan bahwa OHSC telah membuat spanduk peringatan saat menyebrang rel kereta sebagai bentuk pengabdian kami kepada masyarakat sekitar UI khususnya daerah Pondok Cina. Awalnya spanduk ini kami pasang di penyebrangan lama, namun kini sudah terpasang di penyebrangan st. pondok cina.

Berikut beberapa tips dari kami untuk perlu diperhatikan saat menyebrang rel kereta adalah :

  1. Lihat Kiri & Kanan
  2. Dilarang menggunakan Earphone / Headset
  3. Dilarang sambil menelpon / mendengarkan MP3
  4. Dilarang sambil mengobrol / bercanda
  5. Dilarang sambil membaca buku / handout / koran / majalah

Bagi para pengguna jalan lainnya tetap waspada di jalan, utamakan keselamatan karena kita sebagai mahasiswa adalah aset bangsa di masa depan yang tak ternilai harganya.

advertisement

Salam

Zeinneis Rudi Saputra – IT OHSC FKM UI

www.ohscfkmui.org

advertisement

refrensi :



advertisement