Review Alienware Aurora R13, Desain Baru, Performa Klasik

anakui.com –  Alienware Aurora R13 sama ramping, bergaya, dan bertenaga seperti pendahulunya. Aurora R13 dari Alienware menggunakan sasis yang didesain ulang yang mudah diakses dan terlihat bagus di meja. Ini adalah PC game yang luar biasa jika sobat mampu membeli model dengan komponen kelas atas.

Spesifikasi Alienware Aurora R13

Spesifikasi
VR Siap: Ya
Prosesor: hingga Intel Core i7-12700KF
RAM: hingga 64GB
Kartu Grafis: hingga Nvidia GeForce 3090
Penyimpanan: Hingga 2TB SSD x2
Aksesori: Keyboard Multimedia Dell, Mouse Optik Dell MS116AW

Kelebihan

  • + Desain baru yang menarik
  • + Kinerja bagus untuk harganya
  • + Banyak port dan peningkatan mudah
  • + Tetap diam dan tenang

Kekurangan

  • – Performa 4K lemah dibandingkan dengan PC mahal
  • – Perangkat lunak Alienware yang luar biasa

Alienware Aurora R13 adalah edisi khusus dari seri desktop gaming andalan perusahaan Aurora. Diluncurkan pada Oktober 2021 untuk merayakan ulang tahun ke-25 Alienware, Aurora R13 menampilkan sasis yang didesain ulang (Legend 2.0) yang sedikit lebih santai dari biasanya.

Desain yang lebih bersudut tidak hanya untuk penampilan. Alienware mengklaim ini membantu mengurangi kebisingan kipas dengan memberikan ruang interior yang lebih sedikit dan aliran udara yang lebih baik. Unit peninjau Aurora R13 yang jelas menarik perhatian membuatnya relatif senyap selama berjam-jam bermain game 1080p.

Namun, dengan semua pengaturan grafis dimaksimalkan dan beberapa game terbaru dimaksimalkan pada 4K, penggemar Aurora R13 menjadi cukup keras karena berjuang untuk mempertahankan 60 frame per detik. Itu tidak masuk akal mengingat harga menengah perangkat.

Alienware juga menjual Aurora R13 dalam berbagai konfigurasi. Ini berisi beberapa peralatan yang sangat kuat, dan pendingin cairnya memungkinkannya beroperasi dalam operasi yang senyap. Jika menginginkan R13 yang dapat menjalankan Cyberpunk 2077 dengan kecepatan lebih dari 60fps pada 4K, Alienware dapat membuatnya, tetapi harganya mahal.

Apakah Aurora R13 layak? Tentunya jika menginginkan salah satu PC gaming terbaik di pasaran dan menyukai estetika ultra-modern dari Aurora. Ulasan Alienware Aurora R13 ini menjelaskan alasannya, berdasarkan pengujian langsung kami sendiri.

Harga dan Ketersediaan

  • Beberapa opsi penyesuaian
  • Diharapkan Rp. 20 jutaan – lebih dari Rp. 45 jutaan

Alienware Aurora R13 saat ini tersedia melalui situs web Dell dalam dua warna: Lunar Light (Putih) dan Dark Side of the Moon (Hitam). Sobat memiliki banyak kebebasan dalam menyesuaikan R13. Jika membayar setidaknya Rp. 20 jutaan untuk model kelas bawah dan menipu model dengan semua komponen terbaik.

Termasuk pendingin cair dan GPU Nvidia GeForce RTX 3090 Ti kelas atas, sobat dapat membayar Rp. 45 jutaan atau lebih. Sobat juga dapat membayar ekstra untuk kasing seperti panel samping transparan yang dapat dilepas alih-alih panel buram standar dan penutup kabel untuk bagian belakang yang membantu agar kabel yang berantakan tidak terlihat.

Aurora R13 sedikit lebih sederhana dan tidak memiliki hiasan kosmetik. Dikemas dengan dua drive penyimpanan: CPU Intel Core i7-12700KF berpendingin air, GPU Nvidia GeForce RTX 3080, RAM 32GB, SSD NVMe M.2 2TB, dan HDD 2TB 7.200RPM. P

ada saat peninjauan ini, sobat akan membayar sekitar Rp. 44 jutaan untuk sistem yang sama langsung dari Alienware.

Desain Alienware Aurora R13

  • Kasing yang didesain ulang luas, senyap, dan bergaya.
  • Pencahayaan RBG bergaya yang dapat disesuaikan

Aurora R13 ditempatkan di sasis Legend 2.0 Alienware. Desainnya mengambil casing tubular yang sudah dikenal dari desktop Aurora sebelumnya dan sedikit condong ke belakang untuk memberikan permukaan oval yang lebih bersudut yang miring ke belakang.

Kasing yang didesain ulang berukuran kira-kira 20,8 x 20,1 x 8,86 inci dan berat antara 27 dan 35 pound tergantung pada bagaimana konstruksinya. Ini membuat R13 sedikit lebih ringan dari beberapa PC gaming Alienware sebelumnya di sasis Legend yang lebih lama (seperti Alienware Aurora R11, yang beratnya 39 pon).

Di dalamnya, sobat akan menemukan banyak pencahayaan RGB yang dapat disesuaikan. Termasuk pencahayaan pada kipas belakang dan bilah lampu untuk dilihat saat berputar melalui kisi-kisi di bagian depan casing. Seperti Aurora R13 itu sendiri, itu menarik perhatian tanpa terlalu mencolok.

Sasis yang didesain ulang menampilkan sejumlah perubahan desain lain yang biasanya cerdas. Tapi sekarang, dua pin tumpul yang menonjol dari bagian atas punggung R13 cenderung menggores dinding dan furnitur di dekatnya saat casing dipindahkan.

Port dan Upgrade

  • Berbagai port tersedia
  • Kasing mudah dibuka dan dikerjakan.

Aurora R13 menawarkan berbagai port untuk menghilangkan sakit kepala saat menyambungkan perlengkapan game favorit. Bagian depan menampilkan rangkaian jack headphone vertikal dan port USB-C. 2x USB 3.2 Gen 1, 1x USB 3.2 Gen 2 dengan PowerShare, dan port USB 3.2 Gen 1 lainnya dengan PowerShare.

Artinya, port tersebut dapat memberikan daya ke perangkat yang terhubung bahkan saat PC dimatikan. Di belakang adalah Fort Smorgasboard. Ada empat port USB-A 2.0 klasik dan dua port USB-A 3.2 Gen 1.

Itu juga dilengkapi dengan dua port USB-C dengan kecepatan maksimum yang bervariasi: port USB 3.2 Gen 2 10Gbps dan USB 3.2 2×2 20Gbps. Ada juga berbagai jack audio yang cocok untuk mengatur sistem suara surround untuk peralatan.

Ada port belakang, samping dan tengah/subwoofer keluar, saluran masuk dan keluar, mikrofon masuk, dan dua keluaran digital SPDIF, satu untuk kabel koaksial dan satu untuk kabel Toslink. Tentu saja, tidak ada PC game yang lengkap tanpa jack Ethernet dan olahraga Aurora R13 (RJ-45 Killer E3100).

Dengan cara ini sobat dapat menikmati koneksi kabel ke semua game online. Baik ingin masuk ke dalam casing untuk mengotak-atik komponen atau mengupgrade sesuatu, Alienware telah membuat prosesnya menjadi sangat mudah.

Melonggarkan satu sekrup kunci di bagian belakang R13 membuka kunci panel samping, memungkinkan melepas panel dan mengakses bagian dalam PC. Aurora R13 yang kami ulas cukup luas untuk masuk dan keluar angin.

RAM dan penyimpanan sangat mudah diakses, tetapi sobat harus memindahkan satu atau dua braket untuk mengakses GPU atau catu daya. Bagian depan PC ini juga terbilang mudah untuk dilepas, namun entah kenapa harus bersusah payah dengan beberapa sekrup untuk melepas bagian atas Aurora R13.

Performa Gaming

  • Mesin game 1080p yang bagus
  • Performa 4K lumayan, tetapi tertinggal dari PC yang lebih mahal

Alienware Aurora R13 menjalankan hampir semua game yang diuji dengan baik, asalkan berjalan pada resolusi sub-4K. Kami bersenang-senang bermain game seperti Cyberpunk 2077, Death Stranding, Total War: Warhammer II, dan Pathfinder: Wrath of the Righteous pada 1080p dengan framerate halus dan semua pengaturan grafis maksimal.

Namun, kami melihat performa turun di bawah 60 fps di beberapa game saat meningkatkan resolusi game tersebut menjadi 4K. Cyberpunk 2077 adalah masalah terbesar di sini. Ini karena kami sering melihat performa turun di bawah 20 fps saat bermain dalam 4K dengan semua pengaturan dimaksimalkan.

Saat menjalankan Aurora R13 melalui beberapa tolok ukur game, kami melihat performa yang mengesankan, sedikit tertinggal dari PC gaming kelas atas lainnya.

Origin PC Millennium (2022) (i9-12900K, GeForce RTX 3080 Ti, 32GB RAM) dan Corsair One i300 (i9-12900K, GeForce RTX 3080 Ti, 64GB RAM), dua mesin top-of-the-line yang saya uji baru-baru ini dan umumnya tampil lebih baik

Namun, konfigurasi Origin dan Corsair yang kami uji harganya masing-masing sekitar Rp. 75 jutaan, jadi tidak mengherankan jika mereka mengalahkan Aurora R13 di bawah Rp. 45 jutaan.

Membandingkan kinerja R13 dengan Acer Predator Orion 3000 (Intel Core i7-11700F, Nvidia GeForce RTX 3070, 16GB RAM) dengan harga yang lebih kompetitif, kami melihat peningkatan kinerja 10-50fps. Aurora R13 tidak memiliki masalah dalam memberikan kinerja yang mengesankan pada 1080p.

Namun, saat meningkatkan resolusinya menjadi 4K, kami mulai kesulitan mencapai 60fps yang solid pada game seperti Grand Theft Auto V dan Assassin’s Creed Valhalla.

R13 adalah PC gaming hebat yang dapat memainkan hampir semua hal pada 1080p atau bahkan 1440p. Tetapi sobat harus membeli rig yang jauh lebih kuat untuk memainkan 4K terbaru dan terhebat.

Performa Keseluruhan

  • Performa bertenaga untuk hampir semua tugas
  • SSD cepat

Komponen bertenaga di dalam Aurora R13 memberikan daya yang cukup untuk menangani hampir semua hal yang perlu dilakukan. Segera setelah dikeluarkan dari kotaknya, kami menemukan bahwa R13 memulai dengan cepat, senyap selama penggunaan sehari-hari, dan dapat menangani banyak tab Chrome, video YouTube, dan aplikasi lain yang diputuskan untuk dibuka di latar belakang saat bermain game.

Saat diuji melalui test suite benchmark standar kami, Aurora R13 memberikan kinerja yang luar biasa. Itu mencetak 15.329 pada benchmark CPU multi-core Geekbench 5.4, sedikit di belakang Corsair One i300 (17.965) dan PC game Origin PC Millennium (18.096) yang disebutkan sebelumnya.

Mempertimbangkan bahwa PC Origin dan Corsair harganya hampir dua kali lipat dari Aurora R13, perbedaan kecil dalam kinerja ini hampir mengesankan. SSD Alienware Aurora sangat cepat sehingga bisa menjadi berkah saat memindahkan instalasi game.

Saat kami mengukur seberapa cepat mentransfer file multimedia 25GB, Aurora R13 mencapai kecepatan transfer file 1.894MBps. Ini mengalahkan Origin PC Millennium (1.023 MBps) dan Predator Orion 3000 (739 MBps), yang cukup cepat untuk PC gaming, tetapi tidak dengan Corsair One i300 (3.006 MBps).

Aurora R13 juga cukup baik untuk mengedit foto/video, meskipun tidak sepenuhnya sesuai dengan kinerja perangkat yang lebih mahal. Saat mentranskode video 4K ke 1080p menggunakan Handbrake pada unit ulasan R13, selesai dalam 3 menit 52 detik. Cepat, tapi tidak secepat Origin PC Millennium (3:22) atau Corsair One i300 (3:28).

Software Alienware Aurora R13

  • Hampir tidak ada bloatware
  • Aplikasi Pusat Komando Alienware sangat bagus, yang lainnya mudah dicuci.

Aurora R13 tiba dengan Windows 11 terinstal dengan sangat bersih. Ada beberapa aplikasi Dell/Alienware yang telah diinstal sebelumnya, yang sebagian besar dapat diabaikan. Yang sangat berguna adalah Pusat Perintah Alienware, yang dapat digunakan untuk menyesuaikan berbagai pengaturan.

Sobat dapat membuat pola pencahayaan RGB khusus, mengelola pengaturan overclock GPU, mengubah kinerja kipas pendingin, dan menyesuaikan pengaturan audio. Semua pengaturan ini dapat disimpan ke profil terpisah, dan perubahan pada profil dan pengaturan juga dapat ditautkan ke game tertentu.

Dengan cara ini, sobat dapat mengatur PC untuk meningkatkan overclock GPU secara otomatis atau mengubah pola pencahayaan setiap kali menjalankan Cyberpunk 2077, misalnya. Ada juga aplikasi Alienware Mobile Connect yang memungkinkan menggunakan hp dengan PC.

Secara teori, sobat dapat melihat dan menanggapi pesan teks, melakukan panggilan dari PC, dan banyak lagi. Namun, selama seminggu pengujian, kami tidak berhasil menghubungkan aplikasi (berjalan di iPhone 12) dengan Aurora R13.

Kesimpulan

Penilaian pada Aurora R13 sebagian besar adalah penilaian pada sasis Legend 2.0 yang baru. Itu karena sebagian besar bisnis Alienware didasarkan pada pembuatan PC dengan komponen khusus yang diinginkan. Setelah berminggu-minggu bekerja, bermain, dan mengulas, kami dapat mengatakan bahwa tampilan baru Aurora R13 adalah pemenangnya.

Sasis yang didesain ulang mudah diakses, menawarkan banyak port. Memiliki ventilasi yang cukup untuk membuat PC terasa sedikit berdengung dan kehangatan yang menyenangkan, bahkan setelah berjam-jam bermain game dalam 4K.

Berat komputer mencapai 35 pound, jadi agak berat untuk bergerak (hati-hati terhadap sirip) atau berbaring telungkup di atas meja. Namun jika meja dapat menampungnya, desain ultra-modern dan pencahayaan RGB yang dapat disesuaikan pasti akan menarik.

Jika mampu membelinya, Alienware akan mengisi Aurora R13 dengan komponen top-of-the-line yang menjadikannya PC gaming top-of-the-line.

Dengan harga hampir Rp. 45 jutaan, unit ulasan kami sama sekali tidak murah, tetapi cukup kuat untuk memainkan game terbaru dan terhebat selama bertahun-tahun yang akan datang. Jangan berharap kecepatan frame super cepat pada 4K.

Jika benar-benar membutuhkan pengalaman bermain game PC 4K terbaik, bayar lebih untuk komponen yang lebih bertenaga seperti CPU Core i9 dan GeForce RTX 3090.

Jika tidak menyukai tampilan Aurora R13, atau jika tidak menyukai pemilihan komponen dan waktu pengiriman Alienware, sobat juga dapat memesan PC Origin Millennium atau Corsair One i300 dengan spesifikasi serupa.

Keduanya adalah PC gaming yang menarik yang dapat diakali menjadi komponen tingkat atas. Jika ruang menjadi masalah, i300 secara signifikan lebih kecil dan lebih ringan dari Aurora R13. Namun, mereka lebih sulit dibuka dan ditingkatkan karena lebih sedikit port dan ukurannya lebih kecil.

Namun, jika dapat mengeluarkan uang lebih untuk PC gaming baru tahun ini, Alienware Aurora R13 akan menjadi pesaing yang kuat. Dengan desain baru yang menarik dan performa maksimal, ini adalah salah satu PC gaming terbaik yang pernah kami lihat tahun ini.

Leave a Comment