Review Monitor Gaming Alienware AW3423DWF QD-OLED

anakui.com – Pembaruan kecil untuk monitor game yang sudah bagus. Monitor Gaming Alienware AW3423DWF QD-OLED lebih ringan dan tipis dari pendahulunya. Ini adalah pembaruan kecil, tetapi penyertaan dukungan HDMI 2.1 dihargai, terutama untuk pemain konsol. Ini masih merupakan monitor gaming yang solid.

Spesifikasi Alienware AW3423DWF QD-OLED

Spesifikasi
Dimensi: 16,36/20,69 x 32,10 x 12,04 inci (dengan dudukan)
Ukuran layar: 34 inci
Resolusi: 3440x1440
Kecepatan refresh: 165 Hz (DisplayPort), 120 Hz (HDMI)
Input: 1 HDMI, 2 DisplayPort, 4 USB-A, saluran keluar audio, headphone
Waktu respons: 1 mdtk
Rasio Aspek: 21:9
Jenis Panel: Titik Kuantum
Berat: 21 pon

Kelebihan

  • + Kualitas gambar yang sangat baik
  • + Lebih murah dari model aslinya
  • + Desain lebih tipis dan ringan
  • + Kecepatan refresh cepat dan latensi rendah

Kekurangan

  • – Pembaruan kecil yang terbaik

Monitor Gaming QD-OLED Alienware AW3423DWF baru adalah versi terbaru dari Alienware 34 Curved QD-OLED yang dirilis pada awal 2022. Monitor asli ini adalah salah satu favorit kami untuk diulas tentang seberapa imersifnya dalam bermain game.

Selain dari titik harga yang tinggi dan kurangnya dukungan HDMI 2.1, hanya ada sedikit keluhan. Model baru ini hampir identik dengan yang dirilis pada bulan April. Hanya saja lebih murah, lebih ringan, dan mendukung HDMI 2.1. Perubahan ini membuat monitor yang sudah bagus menjadi lebih baik.

Tidak ada gunanya memutakhirkan jika sobat sudah memiliki versi sebelumnya. Tetapi jika mencari monitor gaming terbaik dan salah satu monitor melengkung terbaik, sobat memerlukan Alienware AW3423DWF QD-OLED baru dalam hidup.

Harga dan Tanggal Rilis

  • Harga Rp. 16 jutaan
  • Rp. 3 jutaan lebih murah dari model sebelumnya

Alienware AW3423DWF Gaming Monitor saat ini tersedia seharga Rp. 16 jutaan di situs web Dell. Model yang diperbarui ini berharga Rp. 3 jutaan lebih murah daripada AW3423DW dan masih tersedia di situs web pabrikan.

Mengingat model ini lebih murah, lebih ringan, dan mendukung 120Hz di konsol, mengambilnya dari pendahulunya bukanlah tugas yang mudah.

Desain Alienware AW3423DWF QD-OLED

  • Layar Melengkung 1800R
  • Semua sasis hitam

Alienware AW3423DWF adalah monitor gaming sepenuhnya. Ini memiliki layar melengkung 1800R ramping yang membungkus pandangan dengan baik. Selain dari “34” dan logo alien khas Alienware di bagian belakang, sasisnya benar-benar hitam.

Ini memberi monitor tampilan yang sedikit lebih mengintimidasi daripada model sebelumnya. Pencahayaan Legend 2 AlienFX di bagian belakang menambahkan sedikit bakat, meskipun tidak dapat melihat lampu saat menggunakan monitor.

Dengan ukuran 16,36/20,69 (tinggi terkompresi/diperpanjang) x 32,10 x 12,04 inci dan berbobot 21 pound dengan dudukan, AW3423DWF jelas berada di sisi yang besar dan berat. Kaki dudukan berbentuk V juga memakan banyak ruang di meja.

Konon, monitor ini lebih ringan dan tipis dari pendahulunya (tanpa dudukan). Meskipun hanya satu pon lebih ringan, akan lebih mudah untuk memasang monitor Alienware baru ke dinding melalui dudukan VESA di bagian belakang.

Seperti sebelumnya, layar bisa dinaikkan atau diturunkan dalam kisaran 4,3 inci di sepanjang batang dudukan. Itu bisa miring ke belakang -5 derajat dan maju hingga 21 derajat. Layarnya juga berputar 20 derajat ke kiri dan ke kanan. Layar dapat dimiringkan dan diputar dengan mulus, dan sobat dapat dengan mudah mendapatkan sudut pandang yang diinginkan.

AW3423DWF memiliki beragam opsi konektivitas. Ini termasuk port HDMI 2.1, sepasang DisplayPorts, empat port USB-A (dua downstream, dua upstream), jack headphone dan port line-out. Di bawah monitor terdapat joystick On-Screen Display (OSD) yang digunakan untuk masuk ke menu guna mengonfigurasi pengaturan tampilan.

Port ini secara umum mirip dengan pendahulunya dengan dua perbedaan penting. Sekarang hadir dengan dua DisplayPorts, bukan satu. Berkat port HDMI 2.1, pemain PS5 atau Xbox Series X dapat merasakan game seperti Destiny 2 pada 120Hz.

Memang, tidak banyak judul yang dapat berjalan pada 120Hz di konsol modern, tetapi bagus untuk memiliki port HDMI 2.1 untuk beberapa game yang menawarkan opsi tersebut.

Tampilan Alienware AW3423DWF QD-OLED

  • 3.440 x 1.440 Quantum Dot Layar OLED
  • Berbagai mode foto dioptimalkan untuk game

Layar Quantum Dot OLED melengkung 3.440 x 1.440 dengan refresh rate 165Hz dan rasio aspek 21:9 sama mengesankannya dengan pendahulunya. Kami masih kagum dengan betapa menakjubkannya semua yang terlihat di monitor ini.

Seperti sebelumnya, monitor ini hadir dengan 6 mode gambar prasetel yang dioptimalkan untuk berbagai genre permainan. Dalam mode standar, AW3423DWF mencakup 180% gamut warna sRGB dan 127% gamut warna DCI-P3 yang lebih lebar (mendekati 100% lebih baik), dengan nilai Delta-E 0,24 (mendekati 0 lebih baik).

Nilai-nilai ini sedikit lebih rendah dari model sebelumnya masing-masing 183% dan 129%, tetapi hasil Delta-E tetap sama. Di sisi lain, mode gambar default Predator XB323QK mencapai 138% gamut warna sRGB dan 97,7% gamut warna DCI-P3 dengan nilai Delta-E 0,29.

Mode gambar default Gigabyte Aorus FI32U mencakup 127,9% gamut warna sRGB dan 90,6% gamut warna DCI-P3 yang lebih lebar. Gigabyte M32U mencapai 124,6% sRGB yang lebih sempit dan 88,3% DCI-P3. Ada tingkat kecerahan yang berbeda tergantung pada mode gambar dan apakah HDR diaktifkan atau tidak.

Kecerahan rata-rata Alienware AW3423DWF dalam mode standar adalah 236 nits. HDR 400 rata-rata 366 nits kecerahan pada 40%, sedangkan HDR 1000 rata-rata 359 nits pada rasio yang sama. Mode lainnya rata-rata sedikit di atas atau di bawah standar, tetapi dalam kisaran 360 derajat.

Performa Alienware AW3423DWF QD-OLED

  • Kecepatan refresh 165Hz yang mulus
  • Waktu respons cepat 0,1 ms

Gambar yang tajam dan hidup memang penting, tetapi game harus berjalan sehalus dan seresponsif mungkin. Syukurlah, kinerja AW3423DWF sama mengesankannya dengan desainnya yang berani. Kecepatan refresh 165Hz monitor, AMD FreeSync Premium Pro, dan waktu respons 0,1 ms memungkinkan kinerja yang luar biasa ini.

Namun, jika PC tidak mampu menjalankan game dengan frekuensi gambar tinggi, sobat mungkin tidak mendapatkan hasil terbaik. Kami menghubungkan AW3423DWF ke Dell XPS 8950 yang cukup bertenaga dan kecepatan refresh serta kecepatan bingkai selalu sinkron. Cyberpunk 2077 tampak dan dieksekusi dengan hebat.

Lekukan monitor membuat kami merasa seperti benar-benar berjalan di jalan-jalan yang kotor dan berlampu neon di Kota Malam Cyberpunk 2077. Refleksi yang dilacak dengan sinar pada gedung pencakar langit yang terbungkus kaca adalah pemandangan yang patut dilihat.

Monitor menangkap setiap detail, bahkan saat melaju di jalan layang dengan kecepatan berbahaya. Doom Eternal adalah penembak orang pertama serba cepat yang disesuaikan untuk monitor seperti AW3423DWF. Ada banyak hal yang terjadi di layar dan monitor tidak menampilkan semua detail yang indah dan mengerikan.

Kurva monitor memungkinkan untuk melihat lebih banyak lingkungan, jadi kami dapat dengan mudah mentolerir pertemuan yang lebih sulit pada monitor standar. Karena rasio aspek monitor 21:9, sobat mungkin membuat atau melewatkan menonton video YouTube atau konten streaming lainnya.

Saat melihat gambar yang direkam dalam rasio 16:9, ruang kosong (garis hitam) terlihat di samping. Namun, jika menonton konten yang direkam dalam rasio 21:9, Anda akan mengalami pengalaman imersif yang sama seperti memainkan game yang berjalan dalam rasio aspek yang sama.

Baik PS5 maupun Xbox Series X tidak memiliki game yang ditampilkan dalam 21:9, jadi sobat selalu melihat ruang kosong di sisi layar.

Antarmuka Alienware AW3423DWF QD-OLED

  • Sistem menu yang intuitif
  • Pengaturan yang Dapat Disesuaikan

AW3423DWF memiliki antarmuka bersih yang relatif mudah dinavigasi. Ini menampilkan huruf biru dan putih dengan latar belakang hitam dan abu-abu. Joystick OSD yang digunakan untuk menyortir menu cukup responsif.

Menu itu mencakup enam mode permainan, dengan opsi untuk menyesuaikan kecerahan/kontras, mengonfigurasi pencahayaan AlienFX, dan banyak lagi. Ada beberapa preset jika tidak ingin menghabiskan waktu bermain-main dengan pilihannya.

Namun, jika ingin menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan, sobat juga dapat melakukannya. Kami menghargai berbagai tombol pintasan untuk mode preset seperti Brightness/Contrast, Input Source, Dark Ballast, dan Volume.

Kesimpulan

Alienware AW3423DWF QD-OLED mengatasi beberapa masalah yang kami alami dengan model aslinya. Dengan dukungan HDMI 2.1 disertakan, harga rendahnya solid. Perbaikan, meskipun hanya peningkatan kecil secara keseluruhan, secara objektif menghasilkan produk yang lebih kuat.

Meskipun demikian, sulit untuk merekomendasikan monitor ini kepada orang yang telah membeli versi aslinya. Dukungan HDMI 2.1 bagus, tetapi tidak sebanding dengan peningkatannya. Terutama jika bermain game PC. Dan seperti yang kami katakan, sangat sedikit game konsol yang mendukung 120Hz.

Jika memiliki AW3423DW, sobat tidak akan melewatkan banyak hal. Namun, mengingat AW3423DWF berharga Rp. 16 jutaan, ini menjadikannya perangkat yang lebih mudah untuk direkomendasikan kepada pemula.

Tetapi jika harganya terlalu tinggi, Monitor Gaming M32U Gigabyte atau Gigabyte Aorus FI32U adalah alternatif yang solid. Sony Inzone M9 adalah pilihan kuat lainnya jika sobat ingin menghemat budget.

Leave a Comment