Siapa yang udah bersiap menuju pertarungan liburan semester ganjil ini? Apakah kalian sudah siap mental, tenaga, pikiran, dan batin untuk bertempur di medan perang SIAK?

Memang sudah menjadi tradisi setiap semesternya di UI untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya menatap semester depan dengan didahului perang memilih mata kuliah. Perang buat SIAK WAR memang menjadi tren banget setiap liburan semester, bahkan pernah jadi trending topic di media sosial dengan tagar #SIAKNG gara-gara susah dan lumpuh diakses sana-sini oleh mahasiswa.

Para mahasiswa selalu disibukkan dengan perang SIAK untuk mendapatkan kelas favoritnya di semester depan. Dari nggak mau ada mata kuliah yang bentrok sama kuliah dan kegiatan lain, sampai ada yang rela berjuang demi cintanya mahasiswa kepada sang dosen *eh. Apalagi waktu yang diberikan terbatas, dari jam 09.00 waktu SIAK sampai dengan 23.45. Mepetnya waktu pengisian IRS membuat para mahasiswa harus menyediakan beberapa perlengkapan perang SIAK seperti pulpen, kertas, gadget, sesajen, bunga tujuh rupa, dan tisu. Coret-coret terus sampai nemuin jadwal yang pas; pas waktunya dan pas dosennya.

Sebelumnya, kalo proses manual, pasti kita bakal ngeliat di menu ‘Jadwal Kuliah’ SIAK bakal terus munculin daftar-daftar jadwal kuliah teranyar di semester depan, dan bakal terus bertambah seiring mepetnya waktu pengisian IRS, makanya kita perlu ngecek berkali-kali kalo bisa nggak usah tidur tujuh hari tujuh malem biar nggak kelewat daftar kelas barunya. Alhasil, dengan proses manual begitu, kesehatan kita bakal terganggu dan kesulitan untuk melihat jadwal kita bentrok atau nggak.

 

BACA JUGA: SIAK-NG War for Dummies

advertisement

 

Dengan melirik banyaknya pertimbangan dalam menghadapi perang terbesar di abad Doraemon udah nggak ada, maka kita butuh banyak bantuan untuk bisa mempersiapkan mental di medan pertempuran batin. Akhirnya, muncullah penolong kita dalam menghadapi SIAK WAR edisi 2017 ini, yakni sebuah aplikasi atau lebih tepatnya situs buatan Ristek Fasilkom UI yang dinamai Susun Jadwal to Win the War. Sebenernya, situs ini sudah ada di jaman sebelum fenomena Awkarin muncul tahun lalu, tapi penulis yakin masih banyak yang belum tau akan hal ini.

Anyway, situs buatan Fasilkom UI ini membantu kita membuat jadwal untuk semester depan yang berasal dari jadwal langsung di SIAK dan diyakini 101% akurat. Nah, nggak cuma akurat, tapi situs ini juga punya sistem notifikasi yang bisa ngasih tau kita kalo mata kuliah yang kita ambil bentrok atau nggak dengan mata kuliah lain. Apabila jadwal kita udah nggak bentrok, kita tinggal atur aja biar jadwal kuliah kita bisa gampang dimengerti.

Gimana caranya? Tinggal open the web at ristek.cs.ui.ac.id/susunjadwal, pilih jurusan kalian, dan pilih mata kuliah serta agenda tambahan kalian. As simple as you close your eyes. Tapi inget, buat kalian yang jurusan kedokteran aplikasi ini nggak bisa kalian pake, soalnya mata kuliah kalian kan sudah sesuai paket semesteran.

Selain fitur-fitur di atas, Susun Jadwal ini juga punya fitur lain, seperti fitur menyimpan jadwal yang sudah disusun, melihat jadwal per jurusan, menambah agenda biar sistem notifikasi bisa paham agenda lain selain kuliah, melihat dosen yang mengajar dengan login melalui SSO, dan fitur menggabungkan jadwal biar semua jadwal kuliah dan agenda non kuliah bisa tersusun rapih.

Well, telisik punya telisik, fitur buatan Ristek Fasilkom UI ini udah dikunjungi sebanyak 12.000+ kali pada periode ganjil 2015/2016, dan 13.000+ kali di periode genap 2015/2016. Angka-angka itu membuktikan kalau situs ini sudah dipercaya mayoritas anak UI dalam membantu memenangkan SIAK WAR.

advertisement

 

BACA JUGA: Life Guide: Biar Kamu Gak Frustrasi Gara-Gara SIAK-NG

 

Kalau kalian punya temen yang masih kesulitan dan repot nyusun jadwal kuliah setiap semesternya, silahkan share artikel ini ke akun Facebook, Twitter, dan Line kalian agar peperangan semakin terorganisir dengan baik! Do you want to win the war? Let’s make it true!



[reaction_buttons]