Anak UI Perkenalkan e-Voting Jembrana ke Spanyol

Kemampuan bangsa Indonesia di bidang teknologi tidak bisa dianggap remeh. Mulai dari produk kendaraan hingga IT pernah dikreasikan, salah satunya adalah e-voting yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Jembrana. Sejak tahun 2009 PNS dinas Hubkominfo Jembrana telah mengembangkan mesin e-voting layar sentuh untuk digunakan dalam pemilihan kepala dusun (Pilkadus) di desa-desa Jembrana. Menurut laporan Humas Jembarana Pilkadus Jembrana yang berbasis e-voting berhasil menghemat biaya sebesar 60%.

Prestasi Kabupaten Jembrana tersebut menarik perhatian peneliti Universitas Indonesia. Tahun 2010 hingga 2011, peneliti dari Universitas Indonesia melakukan riset mengenai best practice penerapan e-voting pada Pilkadus di Jembrana. Salah satu peneliti tersebut, Aprilia Hartami, menegaskan bahwa risetnya merupakan bentuk apresiasi kepada Kabupaten Jembrana sekaligus menjadi bahan evaluasi pengembangan e-voting di Indonesia.

Tidak hanya itu Aprilia juga akan mempresentasikan e-voting Jembrana pada konferensi European Conference on e-Government (ECEG) tanggal 15 Juni 2012 di Barcelona, Spanyol. Konferensi diikuti peneliti dan akademisi dari berbagai negara.  Aprilia yang menjadi satu-satunya peserta dari Indonesia mendapat dukungan dari PT. Garuda Indonesia selaku sponsor. “Kata panitia konferensi, riset saya dipilih karena berbicara tentang pemilu berbasis e-voting di salah satu negara demokrasi terbesar di dunia (Indonesia),” tambahnya. Dia berharap risetnya memberi kontribusi pada perkembangan demokrasi dan juga menambah jumlah penelitian yang dihasilkan Indonesia.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA