Review Anker Soundcore Liberty Air, Headset Wireless Nyaman

anakui.com – Anker Soundcore Liberty Air menawarkan kenyamanan dan suara yang luar biasa dengan harga yang terjangkau, tetapi konektivitas dan kontrolnya bisa lebih baik.

Spesifikasi Anker Soundcore Liberty Air

Spesifikasi
Dimensi: 2x2.2x1 inci
Berat: tidak ditentukan
Masa pakai baterai (nilai): 7 jam; 28 jam (dengan casing pengisi daya)
Jangkauan Bluetooth: 12 meter (35 kaki)
ANC: tidak

Kelebihan

  • + Suara yang sangat bagus
  • + Sangat nyaman dan pas
  • + Masa pakai baterai yang baik
  • + Isolasi kebisingan pasif
  • + Setengah harga AirPods

Kekurangan

  • – Desain mudah tergores
  • – Kontrol sentuh yang buruk
  • – Bluetooth 5.0 tidak berfungsi
  • – Tidak ada aplikasi pendamping

Anker Soundcore Liberty Air menunjukkan nilai awal yang sederhana. Dari sepasang klon AirPods yang sangat terjangkau ini yang pertama kali dirilis pada tahun 2018, kami sekarang memiliki salah satu bud ANC dengan nilai terbaik di Anker Soundcore Liberty Air 2 Pro.

Namun, headphone lama tidak hanya cocok untuk menghubungkan yang lebih lama dan lebih maju. Bahkan baru-baru ini, ini bisa menjadi alternatif murah yang layak untuk Apple AirPods yang lebih mahal, dan faktanya, versi putih ada di bagian atas daftar AirPods palsu terbaik yang dapat sobat beli sekarang.

Untuk menjelaskan mengapa, meskipun ada beberapa sisi kasar, ulasan Anker Soundcore Liberty Air asli kami berlanjut di bawah.

Harga dan Ketersediaan

Sebagian besar pengecer menjual Anker Soundcore Liberty Air dengan harga sekitar Rp. 900 ribuan, tetapi saat tulisan ini dibuat, sobat bisa mendapatkannya hanya dengan Rp. 375 ribuan di Amazon.

Soundcore Liberty Air hadir dalam warna hitam atau putih, yang terakhir jelas meniru AirPods. Anker juga lebih toleran dengan aksesori, menggabungkan empat set tip dengan ukuran berbeda dan kabel micro USB. Apple hanya menyediakan kabel Lightning.

Desain Anker Soundcore Liberty Air

Kami mengerti bahwa Anker menginginkan tampilan minimalis yang sama dengan AirPods. Namun, hal ini sesuai dengan apa yang awalnya diperkenalkan Apple, dari bentuknya hingga hasil akhir yang mengkilap, sehingga dengan mudah menarik sidik jari dan goresan.

Klise yang sama terbawa ke kualitas pembuatan produk. Setiap earbud dilapisi dengan cangkang plastik lembut yang sedikit lebih tahan lama daripada casing AirPods, tetapi tidak cukup untuk melindunginya dari kerusakan serius. Kedua model pecah saat diinjak.

Satu-satunya kualitas kompensasi adalah lapisan berperingkat IPX5 yang membuat earbud tahan keringat dan air. Kasing pengisi daya kokoh dan memiliki magnet di dalamnya untuk mengunci dan melindungi kuncup. Bentuknya mirip dengan casing AirPods, namun lebih panjang dan tebal.

Tutup terbuka dengan mudah untuk mengakses atau menyimpan kuncup. Tiga lampu LED di bagian depan menunjukkan jumlah pengisian ulang. Di bagian bawah ada port micro USB.

Kenyamanan dan Kecocokan

Anker dikenal membuat earbud yang ringan dan nyaman. Liberty Air mengikuti tradisi ini. Sobat bisa memakainya selama berjam-jam dan tidak perlu khawatir kelelahan. Earbud memberikan stabilitas yang luar biasa dan duduk dengan lembut di telinga luar. Ujung telinga lembut dan aman.

Tidak ada bobot individu yang terdaftar untuk Liberty Air. Tetapi Anker mencantumkan produk sebagai 2,1 ons, menempatkannya dalam kelas berat yang lebih tinggi daripada AirPods (1,3 ons).

Kasing pengisi daya Apple lebih ramah perjalanan berkat profilnya yang ramping dan desain yang lebih kecil. Tetapi membawa Liberty Air sebagai paket lengkap tidak akan membebani Anda di saku atau tas olahraga.

Kontrol dan Pengaturan

Liberty Air memiliki kontrol sentuh dan memiliki lebih banyak gerakan terprogram daripada AirPods. Namun, itu tidak responsif seperti kuncup Apple. Melihat daftar perintah, jelas bahwa Liberty Air dirancang lebih sebagai headset panggilan daripada earbud nirkabel.

Manajemen panggilan sepenuhnya dikendalikan dari earbud kanan. Sobat dapat menjawab/mengakhiri panggilan (1 ketuk), menahan panggilan (2 ketuk) atau menolak/mengalihkan/mentransfer panggilan (ketuk dan tahan selama 2 detik). Musik dikontrol dari kedua earbud.

Sebelah kanan digunakan untuk play/pause (1 tap) dan skip track (long tap selama 2 detik), sisi kiri digunakan untuk play track sebelumnya (long tap selama 2 detik). Tidak ada kontrol volume, jadi Anda masih harus mengeluarkan smartphone untuk mengatur volume.

Kontrol membutuhkan waktu untuk membiasakan diri, tetapi membuatnya bekerja adalah tugas yang jauh lebih sulit. Beberapa earbud yang benar-benar nirkabel sangat sensitif terhadap sentuhan dan sering salah kontrol, tetapi bud ini gagal mencatat gerakan. Butuh beberapa kali bagi kuncup untuk mengenali semua aktivitas.

Mengeluarkan Soundcore Liberty Air dari wadah pengisi daya segera mengalihkannya ke mode berpasangan, tetapi unit kesulitan untuk berkomunikasi dengan perangkat yang kompatibel. Ketika berhasil, prosesnya standar. Masukkan pengaturan Bluetooth perangkat, temukan dan pilih “SoundCore Liberty Air” dari daftar yang tersedia.

Kualitas Audio Anker Soundcore Liberty Air

Liberty Air tidak akan mengejutkan dengan suaranya yang mendetail seperti Master & Dynamic MW07. Apa yang dilakukannya adalah memutar musik dan suara frekuensi rendah yang lebih jernih daripada AirPods.

Saat mendengarkan “Vivrant Thing” dari Q-Tip, bass lebih ditekankan daripada AirPods, yang memberikan tendangan dan gema yang lebih kuat. Kepalaku mengangguk selaras dengan bassline album yang menular. Perkusi terdengar tajam dan berdampak, tidak pernah mengorbankan vokal mendayu-dayu sang rapper.

Bahkan dengan volume yang dinaikkan ke level tertinggi, pemandangan suaranya seimbang dan bebas distorsi. Beralih ke ‘Raspberry Beret’ Prince dan kuncup memamerkan midrange dengan sangat baik.

Love Symbol sendiri bahkan mengarahkan panggung suara di atas ketukan yang berlapis-lapis, memberi sedikit cahaya pada penyanyi latar. Tapi, seperti AirPods, treble tidak. Karena keistimewaan Liberty Air, instrumen tertentu seperti simbal jari dan biola tidak terdengar, dan tidak jarang pada banyak rekaman instrumen berat.

Kami menguji Sprout dengan konten video, dengan hasil beragam. Ada beberapa latensi saat menonton klip YouTube. Untuk merasakan kedalaman yang lebih baik, kami membuka trailer untuk “Us” karya Jordan Peele dan menemukan beberapa vokal kosong.

Di sisi positifnya, Sprout memberikan skor simfoni-esque dari “I Got 5 on It” karya Luniz beberapa pesona dan meningkatkan faktor horor. Profil suara Anker dapat memanfaatkan beberapa penyesuaian, fitur yang tersedia di beberapa earbud nirkabel melalui aplikasi pendamping.

Baik Anker maupun Apple tidak menawarkan aplikasi untuk perangkat masing-masing. Setelah disegel dengan rapat, Liberty Air berhasil mengisolasi kebisingan sekitar. Kami sedang mendengarkan musik di ruang tamu dengan TV menyala keras, tidak terganggu oleh diskusi panas ESPN tentang “First Take”.

Harus membungkam tangisan kucing yang menarik perhatian merupakan berkah. Buds juga efektif meredam suara jalanan seperti pejalan kaki yang gaduh dan mesin truk. Jangan berharap tidak mendengar klakson atau sirene.

Dukungan Asisten Digital

Ayunan dan rindu untuk Anker ketika datang ke asisten digital. Liberty Air mendukung Siri dan Google Assistant, tetapi terbuang sia-sia antara respons sentuh yang buruk dan pengenalan suara. Mengaktifkan fitur ini membuat frustrasi, terutama saat mendengarkan musik pada saat yang bersamaan.

Sprout tidak tahu apakah kami ingin menjeda musik atau membuka Asisten Google. Kami harus melakukan beberapa gerakan ketuk dua kali untuk mengaktifkan perangkat lunak AI. Ketika melakukannya, perintah suara tidak diterjemahkan dengan benar.

Menggunakan fitur ini di luar bahkan lebih berbahaya karena kami tidak dapat mendengar suara sendiri karena kebisingan lalu lintas yang keras.

Daya Tahan Baterai

Anker mengisi daya Liberty Air dalam 5 jam dengan muatan penuh. Secara realistis sekitar 4-4,5 jam tergantung penggunaan karena panggilan telepon dan tingkat volume memengaruhi masa pakai baterai secara keseluruhan.

Masa pakai baterai hampir sama dengan AirPods 4,5 jam dan lebih lama dari kebanyakan model di kelasnya. Kami menggunakan Buds selama 1,5 jam setiap hari, yang cukup untuk mendengarkan selama tiga hari sebelum diisi ulang. Ada juga mode siaga yang diprogram untuk mematikan kuncup secara otomatis saat tidak digunakan.

Kasing pengisi daya memiliki 3 siklus pengisian daya yang menyediakan waktu putar tambahan selama 15 jam. Tidak cocok dengan kasing AirPods (24 jam), tetapi lebih dari cukup untuk pekerjaan itu. Tetapi pastikan kasing memiliki jumlah daya yang tepat.

Itu tidak mengisi daya tunas pada saat yang sama dengan pengisian daya. Setelah casing terisi penuh, level baterainya sama (40%) seperti saat pertama kali mengeluarkannya dari kotak.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

Liberty Air, headset untuk panggilan, dapat diservis. Panggilannya rendah, tetapi orang-orang dapat mendengar kami dengan jelas dan kami dapat mendengar apa yang mereka katakan. Karena mikrofon peka terhadap kebisingan latar belakang, sebaiknya gunakan bud di dalam ruangan.

Jadi sobat tidak dapat mendengar banyak di lingkungan yang bising. Sebagian besar bud dalam kategori ini hanya menerima panggilan mono, tetapi Liberty Air dapat mendengar panggilan di saluran kiri dan kanan, seperti AirPods. Sebagian besar produk audio Anker mendukung Bluetooth 5.0, termasuk Liberty Air.

Sayangnya, kuncup memiliki masalah konektivitas. Butuh waktu lebih lama untuk menyambungkan kembali ke perangkat (sekitar 1 menit) dan kuncup kiri sering putus. Chip W1 di AirPods memudahkan pemasangan dan peralihan antar perangkat, dan koneksi antar bud mulus.

Saat tetap terhubung, kami dapat mengalirkan musik dalam jarak 40 kaki. Keunggulan lain dari Bluetooth 5.0 adalah opsi untuk terhubung ke beberapa perangkat secara bersamaan. Fitur ini berfungsi dengan baik dan saya menikmati kebebasan untuk mengelola pemutaran dari panel kontrol MacBook sambil streaming Spotify di hp.

Kesimpulan

Sebagai alternatif AirPods potensial dengan lebih sedikit uang, Anker SoundCore Liberty Air tidak boleh diabaikan. Earbud ini menawarkan kenyamanan lebih, isolasi kebisingan yang lebih baik, dan suara yang lebih baik daripada pesaing dengan setengah harga. Tapi itu tidak membuat Liberty Air lebih unggul dari AirPods.

Sebenarnya, ada model lain yang benar-benar nirkabel di luar sana yang jauh lebih murah daripada Liberty Air, tetapi harganya kurang dari Rp. 1,5 jutaan. JLab JBuds Air langsung terlintas dalam pikiran.

Namun, jika sobat adalah penggemar Anker yang mencari lebih banyak keserbagunaan dan biaya lebih rendah daripada AirPods, sobat bisa melakukan jauh lebih buruk daripada pasangan ini.

Leave a Comment