Apa itu Mastodon? Langkah Daftar Akun, Server dan Yang lain

AnakUI.comApa itu Mastodon? Mastodon dibangun pada tahun 2016 oleh Eugen Rochko, adalah base microblogging yang terlihat sama dengan Twitter di atas tetapi lebih kompleks. Dalam artikel ini, AnakUI akan menolong Anda lewat apa yang perlu Anda ketahui berkenaan Mastodon dan cara menyiapkan akun.

Apa itu Mastodon?

Apa itu Mastodon? Mastodon adalah platform media sosial open-source yang terdesentralisasi. Siapa pun dapat menggunakan kode Mastodon untuk membuat server secara gratis.

Server Mastodon, juga disebut “instance,” adalah komunitas individu, masing-masing dengan aturan dan budayanya sendiri. Server dapat dimiliki oleh seseorang, kelompok atau organisasi profesional, dan pemilik server adalah orang yang menentukan pedoman komunitas.

Sama dengan Twitter, mastodon pasarkan kompetensi microblogging, tetapi walaupun Anda dapat dengan gampang menunjukkan beberapa keserupaan dengan program web dan mobile Twitter, kedua nya berbeda tepat. Analogi yang lebih baik (namun tetap belum lengkap) yaitu Mastodon adalah apa yang Anda dapatkan jika Anda memadankan Twitter dan Tumblr.

Apa itu Mastodon

Bukanlah men-tweet, Anda menerbitkan, jika Anda membagikan postant seorang, Anda telah me-reblog atau mempromosikannya. Ada tagar dan daftar, dan Anda memiliki sampai 5.000 kata untuk gesturkan diri – dan kompetensi untuk menambahkan GIF, video, dan gambar.

Mastodon menyertakan identitas lengkap Anda, dipertambah nama server. Jika Anda mendaftar ke Mastodon melalui server terpopuler – Mastodon.social – alamat Anda adalah @[nama pengguna Anda]@mastodon.social. Tapi apa server yang Anda daftarkan, Anda dapat bicara dengan pemakai dari server lain mana saja, seperti cara pemakai Gmail mengirim e-mail ke pemakai Hotmail dan sebaliknya.

Jika Anda ingin pertanda centang dari segi nama Anda untuk memperlihatkan bila Anda adalah seperti yang Anda katakan, Anda tidak mesti bayar siapa pun; sebagai tukarnya, Anda menambahkan link ke web yang berada di bawah kendalian Anda dan berperanan sebagai klarifikasi. Di Mastodon, Anda bisa mengganti kiriman Anda (fitur Twitter yang banyak disuruh) kapan pun Anda ingin dan tanpa biaya. Dan untuk tangani persoalan informasi yang salah, Anda akan mendapat pernyataan saat posting yang Anda promosikan/reblog telah diedit.

Cara Daftar Akun Mastodon

Walaupun Mastodon betul-betul sama dengan e-mail, penyiapannya tidak sesederhana itu. Anda harus mendapati server sendiri untuk menyiapkan akun. Berikut perincian sederhana Cara daftar akun mastodon:

Apa itu Mastodon

Tergabung dengan Server

Anda perlu mendapati alamat server yang lakukan software Mastodon (disebut Instans) yang terima register baru untuk bergabung.

Saksikan https://instances.social untuk server potensial atau prospektif untuk bergabung atau di mana penganut Twitter Anda saat ini kongkow atau tergabung di Mastodon dengan Debirdify (untuk argumen keamanan, ingat-ingatlah untuk mengambil izin setelah selesai).

Alternatif-nya, coba membuka halaman kegiatan Mastodon dan saksikan daftar di bawah judul Instans. Entri di bagian atas daftar adalah yang paling populer tetapi mungkin memakan waktu paling lama untuk bergabung.

Jika Anda kuatir berkenaan apa Anda akan menyenangi server atau tidak, Anda selalu dapat mengalihkan akun Anda ke server lain kelak. Pemakai yang dapat dijumpai biasanya menambahkan Mastodon mereka ke bio atau profil mereka di Twitter — Anda bisa lakukan ini setelah akun Anda disiapkan.

Daftar ke Server Mastodon Opsi Anda

Setelah Anda menganalisa instans yang ingin Anda ikuti yang terima anggota baru, isi formulirnya. Anda dapat pakai kembali ID Twitter Anda atau ID apa yang Anda tentukan.. Berikut halaman register untuk instans C.IM di website. Klik Daftar dan tunggu e-mail klarifikasi. Itu bisa memakan waktu diawali dari sesaat (seperti punyai saya) atau sesaat. Dengan peningkatan register, beberapa orang memberi laporan tidak pernah terima e-mail untuk aktifkan akun mereka. Anda dapat membuat profil lainnya di server lainnya atau memilih untuk mentransfer data Anda dari 1 server ke server lainnya.

Siapkan Profil Anda

Permudah orang mendapati Anda berisi semua détail yang ada. Setelah Anda mengonfirmasi akun, gunakan tombol Ganti Profil untuk menambahkan beberapa detail berkenaan diri Anda. Isi bio Anda dan lebih gambar (atau « avatar » seperti yang disebut di Mastodon) sampai orang dapat mengenal Anda. Terakhir, lebih Mastodon Anda ke bio Twitter Anda. Itu akan memudahkan orang yang mengenal Anda dari Twitter untuk mendapati Anda pada tempat baru.

Perkenalkan diri

Beribeberapalatar belakangmengenaisiapa Anda dan minat atau ketertarikan Anda, lalu beri posting itu ke segi atas profil Anda. Ini membantu sebagian orang yang mendapati Anda dengan cara online kenali apa Anda adalah penganut yang pas untuk mereka.

Ikuti Temanmu dan Bergabng Komunitas

Ikuti Temanmu dan Bergabng Komunitas. Jika Anda memiliki ID Mastodon untuk orang yang Anda ketahui aktif, tulis nama itu di kotak pencarian untuk mendapati akun mereka dan ikuti mereka. Anda peluang memerlukan ID lengkap namanya pemakai dan server untuk mendapati seorang.

Dapatkan Teman

Anda dapat menggunakan tools seperti Debirdify dan Fedifinder untuk mencari orang yang telah membagikan akun Mastodon mereka di Twitter. Anda bisa memeriksa tagar #TwitterMigration dan memfilter pakai « Orang yang Anda ikuti » atau mencari daftar yang dibuat oleh orang yang bekerja migrasi ke Mastodon

Cara Menemukan Kontak Twitter di Mastodon

Setelah mengetahui “Apa itu Mastodon”, Argument yang paling kemungkinan Anda membaca artikel ini adalah Anda ingin keluar Twitter. Tapi, jika Anda kuatir kehilangan kontak dengan kontak Twitter Anda saat beralih ke Mastodon, ada cara-cara untuk mendapati pemakai Twitter Anda di sini.

Apa itu Mastodon

Silakan kita mulai secara paling mudah, paling sederhana, tetapi cukup lengkap. Buka daftar penganut atau penganut Twitter Anda, dan cek apa ada kontak Anda yang masukan URL server Mastodon mereka atau menjelaskan nama pemakai di halaman profil Twitter mereka.

Langkah yang dapat semakin cepat dengan mencari kata « Mastodon » di tools pencarian Twitter. Anda dapat mempersempit hasil dengan mengetuk ikon filter di sisi kanan kotak pencarian dan mencentang kotak Orang yang Anda ikuti.

Hal akan hadirkan daftar tweet di mana orang yang Anda ikuti telah menjelaskan Mastodon. Peluang Anda akan mendapati minimum beberapa tweet berkenaan nama pemakai Mastodon atau link profil orang yang Anda ikuti di tweet mereka.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai apa itu Mastodon yang cukup banyak diperbincangkan di Twitter kali ini. Tentunya dengan penjelasan ini, Anda bisa mengetahuinya dan mencobanya nanti. Jika bermanfaat jangan lupa share ke teman saudara kalian di sosmed ya, agar teman suadara kalian juga tahu. Terimakash!!

Leave a Comment