Apa Sih yang Terjadi Saat Sidang Skripsi? Ini Dia Bocoran-Bocorannya!

Kira-kira apa saja sih guys hal-hal yang akan dilakukan menjelang sidang skripsi? Mulai dari persiapan hingga saat hari kamu sidang skripsi.itu ngapain aja? Yuk simak biar ga penasaran lagi


0

Apa Sih yang Terjadi Saat Sidang Skripsi? Salah satu momen yang dinantikan tapi juga momen yang menegangkan adalah sidang skripsi. Dinantikan karena biasanya ini merupakan momen “terakhir” untuk menentukan kelulusan kita, namun juga sekaligus menegangkan karena hal tersebut dan pastinya karena kita akan mempresentasikan hasil dari skripsi kita.

Untuk mahasiswa tingkat akhir, saat ini pastinya sedang mempersiapkan skripsi atau bahkan sudah menuju untuk persiapan menjalani sidang skripsi. Buat kamu yang penasaran kira-kira bagaimana suasana atau apa yang akan terjadi saat sidang skripsi, baik untuk mahasiswa tingkat akhir maupun kamu yang hanya penasaran, berikut sedikit “bocoran” untuk kamu kira-kira seperti apa yang akan dilakukan.

Untuk menjalani sidang skripsi, pastinya kamu harus mempersiapkan dulu hal-hal tertentu sebelum memulainya. Persiapan tersebut diantaranya adalah pastikan skripsi kamu sendiri yang sudah di acc oleh dosen pembimbing kamu atau dengan kata lain skripsi yang sudah final dan siap untuk diujikan saat sidang.

Biasanya, kamu harus mempersiapkan juga beberapa copy skripsi kamu untuk nantinya disampaikan ke dosen pembimbing dan juga dosen penguji kamu. Namun, di masa pandemi dimana sidang skripsi dijalankan secara online kamu tidak perlu melakukan hal tersebut.

Berikutnya, kamu harus mendaftarkan diri kamu atau mengurus mulai dari jadwal sidang, perizinan ruangan dan juga memastikan undangan untuk dosen penguji kamu. Selain itu, kamu harus mempersiapkan presentasi untuk sidang skripsi kamu yang berisikan mengenai penjelasan mulai dari latar belakang hingga hasil dari penelitian yang kamu lakukan sesuai dengan skripsi yang kamu buat.

Selain mempersiapkan baik dokumen maupun teknis, kamu juga sebaiknya melakukan latihan presentasi terlebih dahulu dan juga mempelajari kembali skripsi kamu agar kamu benar-benar siap menghadapi sidang. Ohiya, jangan lupa juga untuk mempersiapkan hal-hal kecil seperti baju yang akan kamu kenakan dan juga jangan lupa untuk memeriksa kembali barang bawaan kamu sudah lengkap.

Tiba saatnya di hari sidang skripsi

Sumber: bachelorprint.eu

Saat di hari sidang, datanglah lebih awal agar kamu tidak terlalu terburu-buru dan juga bisa menenangkan diri terlebih dahulu. Nah, adapun saat sidang skripsi nanti hal yang akan kamu lakukan pertama kali adalah mempresentasikan hasil skripsi kamu yang sudah kamu buat sesuai dengan format presentasi. Presentasi ini bertujuan untuk membuat para dosen penguji mengerti mulai dari latar belakang kamu mengambil topik tersebut, tujuan kamu mengangkat topik tersebut, hasil dari penelitian kamu hingga seluruh pembahasannya dan juga kesimpulan dari penelitian yang kamu lakukan. Hal-hal ini merupakan hal-hal dasar yang harus kamu pastikan  disampaikan dengan sebaik mungkin dan sejelas mungkin.

Setelah kamu selesai melakukan presentasi, selanjutnya akan ada sesi tanya jawab. Sebenarnya, kamu tidak perlu khawatir kok! Biasanya pertanyaan yang diberikan adalah pertanyaan yang berkaitan dengan skripsi kamu dimana pastinya kamu  sudah sangat mengerti karena kamu yang mengerjakannya sendiri dari awal. Selain itu, mungkin akan ada juga pertanyaan terkait teori namun biasanya masih berkaitan dengan topik skripsi kamu dan materi yang sudah kamu pelajari saat kuliah.

Oleh karena itu, pastikan kamu benar-benar mempelajari skripsimu dengan baik dan juga teori yang berkaitan dengan topik skripsi kamu. Dengan begitu kamu bisa melewati sesi tanya jawab dengan lebih percaya diri.

Setelah sesi tanya jawab, sesi terakhir adalah para dosen penguji akan memberikan dan juga merangkum apa saja yang harus di revisi dari skripsi kamu jika skripsi kamu harus direvisi. Jika kamu sudah melewati itu semua, maka selesai sudah sidang kamu dan kamu bisa melanjutkan dengan foto-foto atau merayakannya.

Itulah kira-kira apa saja yang akan dilakukan mulai dari persiapan hingga saat hari kamu sidang skripsi. Udah ga penasaran kan? Semoga saat sidang nanti, kamu jadi lebih siap ya untuk menghadapi sidang skripsi kamu!

Referensi gambar header: sidang skripsi (thesis defence)


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Matary Puspita Gatot
Orang-orang biasa memanggilku Tary. Aku lulusan Teknik Metalurgi dan Material angkatan 2015. Selain menulis, aku tertarik mempelajari hal-hal baru dan tertarik pada dunia beauty dan entertainment.