Review Apple AirPods 3, Peningkatan Solid pada Desain & Fitur

anakui.com – Apple AirPods 3 pada dasarnya adalah AirPods Pro tanpa noise cancelling dan eartips. Dengan peningkatan yang solid pada desain, fitur, dan suara, AirPods 3 sedikit kurang sempurna.

Spesifikasi Apple AirPods 3

Spesifikasi
Dimensi: 1,21 x 0,72 x 0,76 inci
Berat: 0,15 ons
Masa pakai baterai (nilai): 6 jam; 30 jam (dengan wadah pengisi daya)
Jangkauan Bluetooth: 40 kaki
ANC: tidak
Tahan air: Ya (peringkat IPX4)

Kelebihan

  • + EQ Adaptif untuk suara seimbang
  • + Dukungan audio spasial
  • + Peningkatan ergonomi
  • + Kontrol terbaik di kelasnya
  • + Banyak fitur canggih
  • + Integrasi iOS Stellar

Kekurangan

  • – Tidak ada mode ANC atau transparansi
  • – Desain terbuka memungkinkan terlalu banyak kebisingan.
  • – Pas tidak stabil

Apple AirPods 3 memasuki pasar pada tahun 2021 dengan sejumlah peningkatan yang diharapkan termasuk desain kontur baru, EQ adaptif, sensor Force Touch, dan dukungan audio spasial. Namun, yang mengecewakan, Pembatalan Kebisingan Aktif yang dirumorkan tidak begitu berhasil.

AirPods 3 juga menerima beberapa peningkatan yang tidak akan ditemukan di AirPods 2 atau AirPods Pro asli. Contohnya termasuk sensor deteksi kulit dan (akhirnya) masa pakai baterai yang lebih lama untuk earbud dan wadah pengisi daya. AirPods Pro 2 Generasi Selanjutnya.

Mari langsung ke ulasan Apple AirPods 3 lengkap kami dan lihat mengapa AirPods 3 mendapat peringkat sebagai salah satu headphone terbaik dan earbud nirkabel terbaik secara keseluruhan.

Harga dan Ketersediaan

AirPods 3 dijual seharga Rp. 2,8 jutaan dari pengecer online besar termasuk Amazon dan Best Buy, atau langsung dari Apple. Pilihan warna terbatas pada putih. Di dalam kotak terdapat wadah pengisi daya MagSafe, kabel Lightning-ke-USB-C, panduan memulai cepat, dan dokumentasi standar lainnya.

Tunas ini lebih murah daripada AirPods Pro asli dan model Pro 2 generasi berikutnya yang baru dirilis. Tetapi lebih mahal daripada AirPods 2 yang baru saja dirilis, yang dibuka dengan harga Rp. 2 jutaan.

Mengenai pesaing lainnya, AirPods 3 masih lebih mahal daripada opsi kelas menengah yang populer seperti Beats Studio Buds dan Samsung Galaxy Buds 2. Dua model yang hadir dengan ANC untuk MSRP yang lebih rendah.

Sebelum mengambil risiko, lihat pertarungan AirPods 3 vs Jabra Elite Active 75t kami untuk melihat apakah AirPods 3 dapat mengalahkan pasangan earbud nirkabel kesayangan sobat. Lihat halaman penjualan AirPods untuk semua obral dan diskon terbaru untuk produk Apple.

Desain dan Kenyamanan

Saat melepas eartips dari AirPods Pro, eartips tersebut secara efektif menjadi AirPods 3. Detail kecil seperti pemanggang mikrofon ekstra di bagian atas dan batang yang sedikit lebih pendek (33% menyusut di AirPods 2) membuat versi ini mudah dikenali.

Fitur lain yang dibagikan AirPods 3 dengan ANC adalah ketahanan air IPX4. AirPods 3 juga terbuat dari bahan daur ulang. Kasing pengisi daya AirPods 3 lebih kecil dari AirPods Pro, tetapi itulah satu-satunya perbedaan estetika di antara keduanya.

Masing-masing menampilkan eksterior serba putih dengan LED di bagian depan, port pengisian daya di bagian bawah, dan tombol pemasangan di bagian belakang. Sobat dapat mengukir casing pengisi daya secara gratis dengan pembelian yang dilakukan melalui Apple.

Magnet kasingnya kuat, menjaga tutupnya tetap tertutup dan setiap kuncup terkunci untuk penyimpanan dan pengisian daya. Dan seperti model sebelumnya, casing ini tahan gores dan magnetis. Jadi sobat mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli beberapa bentuk penutup pelindung.

Apple bekerja keras untuk meyakinkan basis penggemarnya bahwa kuncup ini akan menempel di telinga mereka apa pun yang terjadi. Lihat demonstrasi video yang ditampilkan selama pengumuman AirPods 3 di Unleashed Event. Kami di sini memberitahu sobat untuk tidak mempercayai hype.

Ya, AirPods 3 menawarkan stabilitas telinga yang lebih baik daripada AirPods 2. Itu karena Apple telah memilih untuk tetap menggunakan desain terbuka, tetapi juga menerapkan beberapa penyesuaian untuk kesesuaian yang optimal.

Tetapi sementara port suara berkontur memungkinkan kuncup untuk duduk dengan nyaman di telinga dan bersarang di saluran sobat, mereka tidak sepenuhnya ditarik kembali seperti AirPods Pro. Dan karena eartips kurang, kecil kemungkinannya untuk jatuh.

Kami tidak menyarankan berlari di jalan untuk mengejar bus atau berolahraga dengan ini di telinga. Namun rekan saya Kate Kozuch memiliki pengalaman berbeda saat menjalankan dengan AirPods 3.

Kontrol dan Asisten Digital

Keluarlah dan gunakan kontrol sentuh untuk menghadirkan sensor gaya yang berfungsi sempurna yang terletak di lekukan kecil di lantai. Pemutaran, manajemen panggilan, dan asisten digital semuanya dapat diaktifkan melalui satu/beberapa penekanan dan gerakan tahan.

Dengan senang hati kami laporkan bahwa sensor menghasilkan sensasi sentuhan yang solid dan merespons dengan tepat perintah yang dimaksud. Penggeser volume juga dapat diakses dengan mudah dengan menarik Pusat Kontrol ke bawah dari sudut kanan atas iDevice.

Sensor pendeteksi kulit secara akurat mengidentifikasi apakah bud ada di telinga, memutar musik secara otomatis atau mengaktifkan jeda otomatis saat dilepas. Siri dapat diaktifkan secara manual. Tetapi jika menggunakan aktivasi suara “Hey Siri” untuk mematikannya lebih memuaskan.

Bot AI Apple tersedia, merespons perintah suara dengan cepat, dan bekerja lebih cepat. Sangat menyenangkan menggunakan peringatan notifikasi dan membuat Siri juga membaca pesan masuk. Mikrofon menunjukkan pengenalan ucapan yang sangat baik, mengambil setiap suku kata dan memahami permintaan verbose.

Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di Android. Tetapi sobat dapat mengaktifkan asisten digital secara manual melalui perangkat lunak pihak ketiga seperti Trigger Assistant.

Kualitas Suara Apple AirPods 3

Dalam hal audio, AirPods 3 menerima pemrosesan Pro-engineered dengan Adaptive EQ eksklusif yang menyesuaikan frekuensi secara real time untuk memungkinkan pendengar mendengarkan musik dengan lebih akurat. Apple juga menambahkan driver distorsi rendah baru untuk “bass yang bertenaga dan frekuensi tinggi yang jernih dan bersih”.

Apa yang didapatkan adalah hasil yang fantastis untuk AirPods Pro untuk uangnya. Tetapi itu tidak akan menempatkan sobat di liga yang sama dengan makhluk sonik seperti Sony WH-1000XM4 atau Cambridge Audio Melomania 1 Plus yang sangat diremehkan.

Ada banyak hal yang harus dibongkar di sini, jadi mari kita mulai dengan suara AirPods 3 yang unik. Baik itu lagu acak dari daftar putar Spotify atau trek berbasis Dolby Atmos dari Apple Music, AirPods 3 menjaga keseimbangan audio dengan baik.

Aksi synth pada “Blinding Lights” The Weeknd hidup, sedangkan pola kick-and-snare dasar memiliki daya tarik yang tidak akan pernah didapatkan di AirPods 2. Kami juga menikmati mendengarkan rekaman jazz.

Cannonball Adderley’s “Autumn Leaves” mengatur suasana malam yang damai. Dengan EQ adaptif yang memberikan rentang frekuensi yang sangat baik dan beraksen oleh hi-hat kecil yang tajam dan bass ganda yang menarik.

Personalisasikan suara dengan Pengaturan Suara iOS, pilih dari lebih dari 20 prasetel tepercaya untuk kinerja yang lebih baik lagi berdasarkan pilihan konten. Sobat juga dapat menggunakan Berbagi Audio untuk mendengarkan musik dari iPhone atau iPad di dua pasang headphone nirkabel AirPods atau Beats.

Meskipun mengesankan, audio AirPods tidak sempurna. Bass tidak memukul sekeras earbud nirkabel lainnya, jadi jika mendengarkan musik hip-hop seperti “Pump Pump” dari Snoop Dogg, Galaxy Buds 2 dan WH-1000XM4.

AirPods 3 tidak memblokir kebisingan apa pun, jadi kami sangat menyarankan untuk mendengarkan musik di lingkungan yang senyap mungkin. Segala sesuatu di sekitar meresap ke dalam soundscape. Dari tangisan si kecil hingga percakapan dasar dari jarak beberapa meter. Di sinilah ANC dan eartips paling membantu.

Audio Spasial

Teknologi suara 360 derajat Apple yang imersif hadir di AirPods 3. Untuk semua pemula yang belum mencobanya, Spatial Audio menggunakan algoritme khusus dan filter audio terarah untuk menyesuaikan frekuensi yang didengar setiap telinga, menghasilkan suara 360 derajat.

Sobat dapat menikmatinya saat mendengarkan lagu pilihan dari Apple Music, menonton konten dari layanan streaming yang didukung (mis. Apple TV+, Disney+, Netflix, HBO Max), atau melakukan panggilan FaceTime. “Weaver of Dreams” karya Freddie Hubbard menempatkan kami tepat di tengah-tengah aksi.

Pemisahan saluran sangat bagus, dengan permainan terompet yang tenang dibawakan ke telinga kiri dan pukulan drum yang mantap masuk ke telinga kanan. Kami beralih ke film dan melihat Bukit pasir dan kagum melihat betapa menariknya adegan aksi itu.

Pelacakan kepala dinamis membuat pengalaman menonton lebih menarik. Efek suara dan vokal disesuaikan dengan posisi kepala. Karena itu, menurut kami AirPods Pro memanfaatkan teknologi ini dengan lebih baik, terutama dalam film yang terdengar lebih imersif.

Fitur Khusus Apple AirPods 3

Yang terbaik adalah menangani gajah di ruangan secepatnya. Seperti disebutkan sebelumnya, AirPods 3 tidak dilengkapi dengan ANC atau mendengarkan sekitar. Apakah sobat tahu apa lagi yang hilang? Mendukung pengujian kecocokan sensor optik ganda atau eartip. Keempat fitur dicadangkan untuk AirPods Pro.

Terlepas dari kekurangan ini, model ini memanfaatkan kinerja cepat chip H1 dan berbagai fasilitas perangkat lunak. Ada banyak fitur yang sudah dikenal, termasuk EQ adaptif yang disebutkan di atas, peringatan notifikasi, berbagi audio, aktivasi suara “Hey Siri”, dan audio spasial. Kami akan mencoba untuk menyentuh sisanya.

Pemilik AirPods yang sering kehilangan earphone akan mengapresiasi fitur Find My yang ditingkatkan. Sebuah fitur yang melacak AirPods yang hilang saat berada di dekat iDevice atau MacBook. Pengguna dapat melihat seberapa dekat mereka dalam Temukan Aplikasi Saya atau Mode Hilang, dan menerima peringatan saat mereka keluar dari jangkauan Bluetooth.

Jika berada di sekitar, sobat juga dapat memutar suara untuk memberitahukan lokasi. Auto-Switch akan kembali untuk mengubah sumber audio dengan mulus dari satu perangkat Apple ke perangkat lainnya saat terhubung ke akun iCloud yang sama.

Pengaturan Mikrofon memungkinkan sobat menentukan bahwa mikrofon AirPods secara otomatis berubah dari kiri ke kanan atau menempel di satu sisi. Ketersediaan perlindungan AppleCare+ dan garansi terbatas juga muncul di Pengaturan. Salah satu fitur yang belum banyak mendapat perhatian adalah Live Listen.

Apa yang dilakukannya adalah mengisi peran Mode Transparan, yang memungkinkan iDevice bertindak sebagai mikrofon yang mengirimkan suara ke AirPods. Memungkinkan sobat mendengar apa yang terjadi di sekitar.

Mengaktifkannya di widget Pusat Kontrol juga memberi akses ke mode Suara Latar Belakang (alias mode Soundscape), yang memiliki lima profil. Masing-masing menghasilkan suara alami yang berbeda untuk menutupi kebisingan sekitar.

Masa Pakai Baterai dan Tempat Pengisian Daya

Apple mendengarkan permintaan kami dan meningkatkan waktu pemutaran AirPods. Waktu mendengarkan dengan pengisian penuh adalah 6 jam, 1 jam lebih lama dari AirPods 2 dan AirPods Pro, tetapi masih lebih sedikit dari pesaing seperti Sony WF-1000XM4 (8-12 jam) dan Master & Dynamic MW08 (10-12 jam).

Either way, kritik terhadap masa pakai baterai AirPods harus menjadi air di bawah jembatan karena mereka mendapatkan lebih dari apa yang ditawarkan sebelumnya. Tidak hanya itu, manajemen baterai Apple sangat baik. F

itur seperti pengisian daya baterai yang dioptimalkan mengurangi keausan dengan mempelajari rutinitas pengisian daya dan menghentikan pengisian daya pada 80%. Casing pengisi daya MagSafe meningkatkan masa pakai baterai dari 24 menjadi 30 jam.

Ini adalah bagian dari ekosistem MagSafe dan berfungsi dengan pengisi daya MagSafe, tetapi jelas tidak mendukung pengisian daya nirkabel terbalik MagSafe di iPhone. Itu juga dapat diisi pada pad nirkabel berkemampuan Qi apa pun.

Pengisian cepat tetap sama, memberi penggunaan 1 jam dengan pengisian daya 5 menit, yang merupakan salah satu hasil tercepat di kategorinya.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

AirPods 3 adalah salah satu headphone terbaik dengan mikrofon untuk panggilan suara dan video. Apple menutupi mikrofon dengan jaring akustik untuk mengurangi gangguan angin. Istri saya dapat mendengar suara saya dengan keras dan jelas saat kami berjalan dengan bayi itu, dan dia hampir tidak dapat mendengar suara mobil yang melaju kencang atau angin.

Menggunakan kuncup di dalam jauh lebih bermanfaat. Kejelasan ditingkatkan dan penelepon mendengar lebih baik saat mereka bergerak di sekitar rumah. Namun, sebelum mikrofon melewatinya, mikrofon dapat memblokir kebisingan sekitar, seperti berbicara dengan ibu mertua saat melewati lokasi konstruksi.

Yakinlah mengetahui bahwa banyak suara insidental diperlukan untuk mengganggu panggilan suara atau video. AirPods 3 hadir dengan AAC-ELD, codec suara yang dirancang untuk kualitas suara Full HD saat melakukan panggilan FaceTime.

Dengan senang hati kami laporkan bahwa pengalaman FT terdengar jelas di berbagai lingkungan. Memasangkan kuncup ini ke platform iOS/macOS berjalan mulus.

Layar konfirmasi pop-up akan langsung muncul di semua iPhone/iPad yang menjalankan versi iOS saat ini, pengguna Mac dan MacBook akan melihat bud mereka secara otomatis muncul di daftar perangkat yang tersedia.

Juga, AirPods 3 bekerja dengan baik dengan Android, sesuatu yang tidak dapat dikatakan untuk versi sebelumnya. Dipasangkan dengan mudah ke kedua smartphone Android (Google Pixel 3XL, Samsung Galaxy Note S20 Ultra).

Bluetooth 5.0 mempertahankan jangkauan yang andal (hingga 40 kaki) dan menyediakan koneksi kuat yang tetap solid dengan putus sekolah minimal selama panggilan atau streaming.

Kesimpulan

Apple pintar dengan AirPods 3, memberi mereka peningkatan yang signifikan atas AirPods 2 sambil menjaga mereka beberapa langkah di bawah AirPods Pro. Pada dasarnya, kuncup ini adalah AirPods Pro tanpa eartips dan beberapa fitur (ANC, mode transparansi, uji kecocokan eartip).

Beberapa fitur seri ditampilkan pada lembar spesifikasi, termasuk EQ adaptif, audio spasial, dan kontrol sensor gaya. Apple bahkan menambahkan beberapa trik baru untuk membuatnya lebih unik, termasuk fitur iOS 15 yang baru dirilis seperti deteksi kulit untuk jeda/putar otomatis, pengisian daya MagSafe, dan Find My yang ditingkatkan.

Jangan lupa tentang meningkatkan masa pakai baterai. Meskipun hanya butuh satu jam, kami masih menang. Sobat mungkin mempertanyakan apakah sepasang earbud nirkabel seharga Rp. 2,8 jutaan tanpa ANC layak untuk diinvestasikan. Apalagi AirPods Pro dijual dengan harga yang sama.

Nah, itulah argumen yang akan kami bahas selama beberapa hari ke depan saat kami menganalisis kedua model tersebut. Sementara itu, kemenangan AirPods 3 tidak dapat disangkal.

Leave a Comment