Ayo, anakUI Menuju Imagine Cup 2011 di USA!

Imagine Cup (www.imaginecup.com)
Imagine Cup (www.imaginecup.com)

Sejak tahun 2003, Microsoft mengadakan kompetisi tahunan bagi mahasiswa yang bertaraf internasional. Nama kompetisi ini adalah Imagine Cup. Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa dari seluruh dunia, dan entah kita tahu atau ngga, setiap tahunnya selalu ada representatif dari UI. Yang menyebabkan kita ngga tahu sih hanya karena pemberitaannya saja yang kurang. Sebenarnya apa sih Imagine Cup? Mari temukan jawabannya di sini.

Kompetisi Imagine Cup memang berfokus pada penciptaan teknologi atau sistem untuk memberikan solusi terhadap sebuah permasalahan, yang setiap tahun selalu berbeda temanya. Tema Imagine Cup kali ini adalah “Imagine a world where technology helps solve the toughest problems“. Yang dimaksud dengan problem-problem ini telah didefinisikan oleh PBB pada Millenium Development Goals yang mereka buat.

Memang, titik berat dari kompetisi ini sebagian besar adalah programming. Mungkin ini adalah makanan empuk bagi mahasiswa Fasilkom atau FT, terutama Teknik Komputer. Akan tetapi, kemampuan programming yang tinggi jika tidak didukung dengan analisa masalah yang komprehensif akan sulit memberikan hasil positif. Oleh karena itu, dibutuhkan kolaborasi ilmu dari berbagai fakultas di UI untuk menciptakan ide terbaik yang akan dilombakan. Lingkungan? Teknik Lingkungan yang jago. Kesehatan? FKM paling ngerti. Kemiskinan? FE ahlinya.

Secara umum, ada lima kategori lomba dan lima kategori challenge pada kompetisi ini.

Kategori Lomba: Software Design

Banyak tantangan yang melanda dunia kita saat ini mulai dari kemiskinan, kelaparan, pendidikan, dan lingkungan. Tetapi apakah kita pernah berimajinasi bahwa kita dapat menyelesaikan semua itu? Ya. Kompetisi Software Design adalah tentang dirimu yang membuat aplikasi dunia nyata yang dapat membantu manusia dan komunitas di seluruh dunia.

Ini adalah kategori paling bergengsi di kompetisi ini. Setiap tahunnya, kampus-kampus peserta Imagine Cup dari Indonesia akan bersaing di kompetisi lokal sebelum berangkat ke worldwide final. Tahun lalu, tim dari ITB memenangkan kategori ini. Akankah tahun ini giliran UI untuk menang?

Pemenang dari kategori ini akan mendapatkan hadiah $25,000 dan hadiah tambahan (tahun lalu $1,500) dari penyelenggara lokal. Oh ya, karena finalnya di USA, pemenang otomatis akan jalan-jalan gratis ke sana.

Kategori Lomba: Embedded Development

Smart House. Robot. Smart Kitchen. Semua ini adalah peralatan elektronik tertanam yang nantinya ada di sekitar kita dan berfungsi untuk menunjang kehidupan kita. Apakah kita sanggup untuk membuat teknologi serupa yang dapat membantu masalah-masalah dunia ini? Di sinilah tempatnya.

Kategori ini adalah kategori yang paling diminati oleh teman-teman dari Fakultas Teknik, terutama elektro dan teknik komputer. Pada tahun 2008 lalu, tim dari UI berhasil memenangkan Interoperability Award dan jalan-jalan ke Mesir. Akankah kita menciptakan sejarah baru?

Juara pertama kategori ini akan menerima $25,000. Hmmm.. kaya mendadak..

Kategori Lomba: Game Design

Kita suka bermain game. Jadi, kenapa kita tidak membuat satu yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang di seluruh dunia? Pada kategori ini kita ditantang untuk membuat sebuah game yang berbasis 3D atau 2D, single player atau multi player, dan berjalan di platform Xbox 360, Windows Phone 7, atau di Web. Struktur game yang dibuat benar-benar bebas, asal memiliki konsep sesuai dengan tema Imagine Cup kali ini.

Punya ide? Tahu konsep game yang keren? Jago animasi? Ayo ikutan! Hadiahnya $8,000 lho.

Kategori Lomba: Digital Media

Media digital adalah media yang paling mudah untuk mendapat perhatian massa di seluruh dunia. Dengan sebuah video, hati seseorang dapat tergugah sehingga sadar akan permasalahan yang ada di dunia ini. Kemudian ia akan melakukan perubahan-perubahan sehingga lingkungannya semakin baik.

Ngga perlu kita membuat program atau sistem, kita ditantang untuk membuat sebuah video yang stimulatif untuk menggugah pikiran manusia. Yang dibutuhkan hanya sebuah kamera video dan aplikasi video editor. Hasilnya? Jalan-jalan gratis ke USA dan hadiah $8,000.

Kategori Lomba: Windows Phone 7

Sudah tahu handphone Microsoft terbaru yang bernama Windows Phone 7? Nah, di kompetisi ini kita ditantang untuk membuat sebuah aplikasi mobile yang akan diminati oleh pengguna Windows Phone 7 di seluruh dunia. Aplikasi yang dibuat akan menjadi milik kita, dan semua hasil penjualan yang didapat akan masuk ke tabungan kita. Hadiah utamanya adalah jalan-jalan ke USA, $8,000 dan satu unit Windows Phone 7 untuk masing-masing anggota tim.

Tertarik? Segera bentuk tim sekarang juga, kumpulkan ide menarikmu, buatlah sebuah mahakarya, dan menangkanlah hadiah-hadiah di atas.

Tidak punya ide? Belum memiliki tim? Join grup Imagine Cup UI di Facebook dan bentuk tim idealmu!

Kalau sudah punya tim, daftarkan tim kamu agar terdaftar sebagai tim delegasi UI di sini.

Ngga perlu harus dari satu fakultas tertentu aja, kamu juga bisa ajak teman-teman dari fakultas lain untuk gabung dengan tim kamu.

Keuntungan jika kamu terdaftar sebagai tim delegasi UI di Facebook:

  1. Tim kamu akan disponsori oleh lab Microsoft Innovation Center UI (MIC UI)
  2. Kamu akan diberi satu buah komputer di lab MIC UI selama masa kompetisi (di Fasilkom, Gedung C lantai 3)
  3. Kamu akan mendapat resource yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem
  4. Kamu akan mendapat kritik dan saran dari teman-teman pemenang tahun lalu serta dosen-dosen yang ahli di bidangnya
  5. Kamu bisa ikutan bertukar pendapat dengan tim-tim lain
  6. Kamu akan mendapat sumbangan ide dari tim-tim lain
  7. Kamu akan diberikan tutorial-tutorial untuk membuat aplikasi atau desain
  8. Tim kamu akan mendapat liputan khusus yang akan dipublikasikan secara rutin di berbagai media
  9. Beken dan gaul
  10. Dan berbagai keuntungan lainnya…

Jadi, daftarkan segera tim impianmu, dan mari kita buat almamater kita bangga di ajang internasional ini!

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA