Mahasiswa FKM UI program Ekstensi angkatan 2015 yang masuk 3 besar kandidat teratas untuk Penghargaan Pemuda Indonesia dari Kemenpora

Mahasiswa FKM UI program Ekstensi angkatan 2015 yang masuk 3 besar kandidat teratas untuk Penghargaan Pemuda Indonesia dari Kemenpora

Seorang mahasiswa ekstensi angkatan 2015 Universitas Indonesia Program Studi Kesehatan Masyarakat yang bernama Bagus Pramudito ini adalah salah satu kandidat yang terpilih dari 2700 nama kandidat yang diusulkan dan berhasil masuk kedalam 3 besar calon penerima Penghargaan Pemuda Indonesia untuk bidang Ilmu Pengetahuan & Inovasi. Penghargaan Pemuda Indonesia adalah sebuah penghargaan yang akan diberikan oleh Kementerian Pemuda & Olahraga RI kepada pemuda Indonesia yang telah menciptakan karya-karya dan meraih prestasi dalam bidang Ilmu Pengetahuan & Inovasi, Seni Budaya, Wirausaha Berbasis Sosial, Pembangunan Berkelanjutan  dan Pendidikan. Penghargaan ini akan diberikan bertepatan pada hari Sumpah Pemuda kepada kandidat yang memiliki jumlah vote terbanyak untuk masing-masing bidang.

Sejak 2,5 tahun terakhir Bagus telah melakukan beberapa kegiatan dan berkarya dalam bidang inovasi khususnya untuk membantu penyelesaian masalah yang terkait dengan lingkungan dan sanitasi di Indonesia. Pada tahun 2014 ia memenangkan lomba nasional Teknologi Tepat Guna Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang diselenggarakan oleh High Five (USAID), Kementerian Kesehatan, Bappenas, Kementerian PU dll atas karya inovasinya dalam membuat alat dan teknologi untuk mengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak dan gas. Berkat prestasinya tersebut sebuah organisasi Internasional World Vision Indonesia mengajaknya bermitra untuk menjalankan Clean Jakarta Project dan membangun alat pengolah sampah plastik menjadi energi dalam skala lebih besar di wilayah Semper Barat sekaligus melakukan uji laboratorium untuk menguji kualitas bahan bakar dan dampak lingkungan dari alat yang dibuatnya.

Di Bulan Mei 2015 bersama tim nya yang terdiri dari dosen dan profesional muda berhasil memenangkan Smart Living Challenge di Jakarta. Pada kesempatan tersebut mereka menyampaikan ide pembuatan aplikasi digital (mobile Apps) untuk mengurangi timbulan sampah makanan dan diapresiasi langsung oleh Duta Besar Swedia untuk Indonesia.

Saat ini Bagus dan tim masih melakukan pengembangan agar aplikasinya dapat digunakan masyarakat luas. Dalam bidang inovasi sosial Bagus mendirikan organisasi sosial yang bernama Gerakan Donor Sampah bersama dua temannya. Organisasi ini bertujuan untuk mengubah cara dan paradigma pengelolaan sampah yang saat ini kurang efektif sekaligus membantu anak pemulung mengakses pendidikan.

Pencapaian-pencapaian lain juga pernah Bagus dapatkan diantaranya ia terpilih dalam 3 besar kandidat program mentoring & Inkubasi bisnis teknologi Inotek dan sedang diajukan untuk program inkubasi Kemenristek, terpilih mengikuti Youth Program Kementerian PU PERA dan beberapa hari yang lalu terpilih mewakili Indonesia dalam Asia Pacific Forum yang diselenggarakan oleh organisasi sayap PBB (UN Habitat).

advertisement

Saat ini Penghargaan Pemuda Indonesia telah memasuki tahap voting online dan vote akan ditutup tanggal 24 Oktober 2015 pk. 19.00 WIB. Hasil rekapitulasi suara sementara didapatkan sdr. Musawwir (kompetitor) untuk sementara memperoleh vote / suara tertinggi sebesar 1061 suara.

Untuk itu Bagus berharap seluruh civitas & Akademika mau ikut ambil bagian mendukung dan memberikan vote kepadanya agar ia kelak dapat turut membanggakan jaket almamater kuningnya di hari sumpah pemuda nanti dihadapan seluruh pemuda Indonesia.

Ia berkata tampaknya akan mustahil ia dapat memenangkan penghargaan ini tanpa dukungan dan vote dari warga Universitas Indonesia maka dari itu ayo dukung dan vote Bagus Pramudito agar semangatnya dalam berkarya menjadi lebih tinggi lagi sehingga ia dapat turut membanggakan Universitas Indonesia di kancah Nasional.

Untuk memberikan vote secara online anda dapat mengunjungi / klik link –> http://tinyurl.com/ppi2015-perseorangan

kemudian pilih bidan [Ilmu Pengetahuan & Inovasi] atas nama BAGUS PRAMUDITO dan lengkapi form yang disediakan. Dukungan anda semua warga UI akan sangat berarti baginya karena tanpa kalian semua ini akan kurang berarti. Go UNIVERSITAS INDONESIA!



[reaction_buttons]

advertisement