Waktu Terbaik Dan Bahaya Meminum Kopi

anakui.comBahaya Meminum Kopi , Efek samping kafein muncul saat Anda kehilangan kendali atas asupan Anda. Ya, memang memiliki sifat merangsang, tetapi banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi sembarangan dapat mengakibatkan masalah tidur dan kecemasan pada beberapa individu

Dan lebih mengganggu lagi ialah kafein bersifat adiktif serta terkadang bisa mengakibatkan efek samping, bahkan jika dikonsumsi dalam dosis yang lebih aman.

Kali ini kita akan menjelaskan bahaya meminum terlalu banyak kafein kopi dan cara mengkonsumsinya agar aman !

Berikut Bahaya Meminum Kopi Yang Berlebihan

efek samping kafein

1. Kecemasan

Meminum kafein yang terlalu banyak bisa mengakibatkan cemas yang tinggi . salah satu studi pada mahasiswa menemukan bahwa Efek samping kafein yang tinggi dapat mengakibatkan perasaan cemas dan stres .

Kalian yang mempunyai kecemasan diketahui mengalami agitasi dan kegelisahan, bahkan dalam keadaan normal. Kafein memperburuk kondisi ini . Anda harus sangat berhati-hati jika mengalami gejala ini.

Metode pencegahan :

Orang dengan gangguan kecemasan harus berbicara dengan dokter mereka sebelum memilih kafein. Ini dapat mengesampingkan kemungkinan interaksi obat.

2. Mengakibatkan Gangguan Gastrointestinal

Asam yang ada dalam kafein merangsang lambung untuk menghasilkan lebih banyak asam. Efek samping kafein dan Bahaya Meminum Kopi terlalu banyak dapat memicu refluks gastroesofageal .

Banyak kafein juga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, seperti mual, kram, diare, dan kembung.

Metode pencegahan

Jika perut Anda lemah, batasi asupan kafein harian Anda hingga maksimal dua cangkir.

3. Dapat Mengakibatkan Insomnia

Bahaya Meminum Kopi lainya adalah Insomnia , gangguan tidur di mana seseorang mengalami kesulitan tidur atau tetap tidur.

Gejala penarikan disertai dengan masalah fisik seperti kelelahan dan sakit kepala. Ini adalah gejala umum pada orang yang banyak mengonsumsi kafein.

Orang-orang seperti itu akan mengalami insomnia dan lekas marah ketika kafein dihentikan. Efek samping kafein yang dikonsumsi tepat sebelum tidur dikaitkan dengan insomnia, meskipun penelitian tertentu belum menemukan efek Bahaya Meminum Kopi yang mengakibatkan insomnia .

Metode pencegahan

Cara termudah untuk mengatasi insomnia adalah dengan menghindari kafein sebelum tidur. Mengurangi jumlah cangkir per hari juga dapat membantu.

4. Dapat Mengakibatkan Keguguran

Wanita hamil harus ekstra hati-hati dengan kafein, karena Bahaya Meminum Kopi berlebihan dapat mengakibatkan keguguran dan komplikasi prepartum lainnya .

Kafein larut dalam air dan mudah melintasi plasenta melalui aliran darah. Karena merupakan stimulan, secara dramatis dapat meningkatkan detak jantung dan metabolisme janin. Salah satu efek samping dari kafein yang terlalu banyak kafein termasuk pertumbuhan janin yang tertunda .

Seorang ibu menyusui tidak boleh minum lebih dari dua cangkir kopi sehari karena Bahaya Meminum Kopi secara langsung mempengaruhi bayi dengan mengakibatkan iritasi fisik. Ini juga dapat mempengaruhi status zat besi bayi .

Metode pencegahan :

Konsultasikan dengan dokter keluarga Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi kafein secara rutin. Dalam keadaan apa pun ibu hamil tidak boleh mengonsumsi lebih dari 200 mg kafein per hari.

5. Dapat Meningkatkan Tingkat Tekanan Darah

Kalian yang mempunyai tekanan darah tinggi harus memperhatikan jumlah kafein yang mereka konsumsi setiap hari.

Efek samping kafein diketahui bisa menambah tekanan darah dengan singkat .Meskipun tidak ada efek kafein jangka panjang, beberapa orang percaya bahwa kafein dapat memperburuk kondisi pada orang dengan detak jantung tidak teratur.

Di sisi lain, penelitian tertentu menemukan bahwa konsumsi kopi tak berhubungan dengan tekanan darah tinggi . Oleh karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian untuk membangun koneksi.

Kafein juga dikaitkan dengan gagal jantung pada orang dewasa muda.

Satu studi menemukan bahwa orang dewasa muda dengan hipertensi ringan yang minum empat atau lebih cangkir kopi sehari empat kali lebih mungkin mengalami serangan jantung dibandingkan mereka yang minum dua cangkir atau lebih sedikit sehari .

Metode pencegahan :

Jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi atau penyakit kardiovaskular, ada baiknya Anda meminta pendapat dokter sebelum memasukkan kafein ke dalam rutinitas harian Anda.

6. Masalah Menstruasi.

Secangkir kopi panas terasa nikmat pada hari-hari tersebut, namun Bahaya Meminum Kopi dan kafein yang berlebihan dapat mengganggu siklus menstruasi Anda.

Terlalu banyak minum kopi mengakibatkan periode tertunda, aliran berlebihan, dan kram berkepanjangan. Kafein juga meningkatkan potensi vasomotor pada wanita pascamenopause.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of The North American Menopause Society menemukan bahwa wanita pascamenopause yang bergantung pada kafein lebih mungkin mengalami gejala vasomotor .

Metode pencegahan :

Kuantitas adalah kuncinya. Apakah itu kafein atau tidak, Anda harus selalu mengukur berapa banyak yang Anda konsumsi.

Berbicara dengan dokter Anda juga merupakan langkah penting, terutama jika Anda memiliki masalah menstruasi.

7. Risiko Inkontinensia Urin

Efek samping kafein meningkatkan kemungkinan inkontinensia urin pada wanita . Gangguan kandung kemih di mana Anda kehilangan kendali atas kandung kemih Anda.

Setiap kali seseorang tertawa, batuk, atau bersin, hal itu mengakibatkan kebocoran urin secara tiba-tiba.

Metode pencegahan :

Hindari mengonsumsi lebih dari dua cangkir kafein per hari.

8. Kenaikan Berat Badan

Efek samping kafein dapat mengakibatkan stres. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa stres dapat mengakibatkan obesitas .

Tetapi, tidak ada penelitian langsung yang menunjukkan bahwa Bahaya Meminum Kopi mengakibatkan penambahan berat badan dan obesitas jangka panjang.

Beberapa orang percaya bahwa kafein meningkatkan kadar hormon stres, membuat Anda merasa lebih lapar. tetapi, hal ini belum dibuktikan oleh penelitian.

Metode pencegahan :

Kopi itu enak. Tetapi jika Anda menjadikannya kebiasaan, Anda dapat menambah berat badan ekstra pada tubuh Anda.

Penting untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2-3 cangkir kafein per hari, termasuk kopi, cola, cokelat, dan teh.

9. Halusinasi

Memang benar kafein dapat membuat Anda merasa baik. Bahaya Meminum Kopi Jika berlebihan, Anda mungkin mengalami kebingungan dan halusinasi.

Efek ini lebih terasa pada mereka yang mengonsumsi 7 atau lebih cangkir kopi (300 mg atau lebih kafein per hari) Dalam beberapa kasus, kejang-kejang telah mengakibatkan kematian .

Metode pencegahan :

Jika Anda merasa kecanduan kafein, kurangi asupan harian Anda secara perlahan.

10. Osteoporosis

Mengkonsumsi kafein dalam jumlah besar juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Efek ini terbukti benar pada wanita yang lebih tua dengan fungsi kalsium yang sudah terganggu . Gangguan penyerapan kalsium, mengakibatkan penipisan tulang (osteoporosis), terutama pada wanita usia lanjut yang asupan kalsiumnya kurang dari yang dianjurkan .

Konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat mengakibatkan nyeri otot dan kram, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami aspek ini.

Metode pencegahan :

Jika Anda kekurangan kalsium, hindari kafein karena dapat memperburuk kondisi Anda.

Akhir Kata .

Artikel diatas membahas tentang Bahaya Meminum Kopi , bahaya kafein , efek samping kafein ,  semoga membantu , terimakasih

Daftar Isi

Leave a Comment