Batik Milik Indonesia: 2 Oktober Sebagai Hari Batik


0

Batik adalah warisan budaya bercitarasa tinggi yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Tidak hanya itu, batik juga adalah pencitraan dari jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya dan beradab. Maka sudah sepantasnya kita sebagai warga negara yang baik untuk bisa turut berpartisipasi dalam melestarikan batik ini. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya bangsa ini, mulai dari memperkenalkan batik ke dunia international, pengembangan usaha batik tradisional di daerah-daerah, pendidikan terhadap rasa cinta budaya asli Indonesia, atau yang paling sederhana adalah berperan aktif mencintai batik sebagai warisan nenek moyang dengan cara tidak malu untuk memakai batik dalam berbagai kesempatan.

Batik milik Indonesia semakin terbukti ketika akhirnya UNESCO menyatakan bahwa batik adalah budaya asli dari Indonesia. Bagaimana bisa demikian? Tiga paragraf di bawa ini saya kutip dari www.presidensby.info

Masyarakat Indonesia mengetahui bahwa batik adalah kain tradisional, kaya akan nilai budaya, dan termasuk kerajinan tradisional yang turun temurun. Dalam merangkum penilaian terhadap batik, UNESCO mengajukan pertanyaan seperti apakah batik dihasilkan secara turun menurun itu berasal dari Indonesia. “Ditanyakan juga apakah pemerintah memberikan perlindungan terhadap batik itu. Apakah pemerintah melakukan safe guard terhadap batik. Untuk itulah pemerintah membuat suatu buku dan panduan pendidikan tentang batik yang disebarkan di sekolah-sekolah,” ujar Aburizal.

UNESCO juga menanyakan apakah Indonesia memiliki masyarakat batik, industri, pemakainya, budaya dan sejarahnya. “Berdasarkan itulah syukur Alhamdulillah, batik telah disetujui untuk menjadi satu warisan budaya tak benda warisan manusia dari UNESCO. Insya Allah peresmiannya akan dilaksanakan pada tanggal 28 September sampai 2 Oktober di Abu Dhabi. Kami sudah diberitahukan bahwa batik diakui sebagai satu warisan dunia yang dihasilkan dari bangsa Indonesia,” kata Aburizal.

Presiden SBY meminta kepada seluruh rakyat Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009 nanti untuk menggunakan batik sebagai penghargaan terhadap batik itu sendiri. “Presiden menyampaikan untuk memelihara itu. Menbudpar juga mengatakan telah memberikan jaminan bahwa batik akan terus dibudayakan di Indonesia,” tambahnya.

Bagaimanapun, sebagai warga Indonesia yang benar-benar mencintai Indonesia maka kita wajib untuk mencintai segala yang ada di bumi pertiwi ini termasuk kebudayaannya. Jangan sampai selaku pemilik sah budaya-budaya yang sangat beragam termasuk batik ini, akan diklaim oleh negara lain, hanya karena kita sebagai pemiliknya kurang melestarikan budaya yang kita miliki sendiri.

Seperti pada kasus kemarin ada negara yang mengklaim batik sebagai hak milik mereka. sungguh saya merasa tertusuk, shock sekaligus aneh karena saya sendiri hidup di dekat kampung batik, yaitu “Batik Trusmi Cirebon” ditmabah lagi nenek saya dan keluarga yang uyut-uyut itu adalah pembatik. Jadi, bagaimanapun aneh saja kalo budaya kita diakui negara lain. Namun, kita tidak bisa terus-terusan menyalahkan orang lain, mereka tidak akan berani mengklaim jika kita sendiri benar-benar melestarikan dan terus mengembangkan batik sebagai pakaian sehari-hari tidak hanya untuk acara resmi semata.

Kita harus memulai dari pribadi kita sendiri untuk bisa melestarikan batik selaku sebuah negara. Maka jangan ragu dan jangan malu untuk mengenakan batik dalam kesehariaan. Saya sendiri mulai mencintai batik ketika mengerti bahwa betapa pentingnya warisan nenek moyang ini untuk terus dilestarikan, selain memang saya juga sedang merintis bisnis batik khususnya “Batik Trusmi Khas Cirebon” (promo: mode on).

Bagi yang belum memiliki segera miliki batik favoritemu, bagi yang mau bertanya seputar batik bisa hubungi kontak di blog saya http://berharapselalu.wordpress.com

Jangan malu untuk terus menjunjung tinggi jati diri bangsa kita untuk menjadi negeri yang semakin berdaulat

salah satu caranya adalah dengan memakai batik hari Jum’at nanti, ok?


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf

4 Comments

Leave a Reply

  1. happy batik day, tunjukkan kecintaan mu pada budaya kita, jangan sampe batik ini diklaim negara lain, sudah banyak budaya kita yang hilang, batik adalah warisaN Dunia, indonesia, jangan sampe hanya pake batik pada hari ini saja kalo bisa, tunjukkin konsistensinya tuk pake batik

Choose A Format
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals