Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang lebih dikenal dengan LPDP merupakan salah satu beasiswa yang banyak diincar oleh mahasiswa untuk melanjutkan studinya. Bagaimana tidak, beasiswa dari pemerintah yang diberikan melalui pengoptimalan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN) ini memberikan full scholarship atau beasiswa penuh bagi pesertanya.

Itu artinya, seluruh kebutuhan studi dari mulai biaya kuliah, biaya hidup, hingga biaya transportasi saat berangkat dan pulang, semua ditanggung oleh LPDP. Bahkan, LPDP juga memberikan biaya tambahan seperti untuk tunjangan keluarga, tunjangan buku, tunjangan tesis atau disertasi, seminar, visa, hingga asuransi kesehatan.

Nah, dalam rangka mempersiapkan profesional Indonesia di masa depan, LPDP kembali membuka program beasiswa Magister dan Doktoral di dalam dan di luar negeri untuk periode seleksi tahun 2019. Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar, simak dulu informasi selengkapnya mengenai Beasiswa LPDP berikut ini.

Program Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP selalu dibuka setiap tahun, dan biasanya pendaftarannya dilakukan per periodik. Adapun beberapa pilihan program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) yang bisa diikuti adalah sebagai berikut:

Beasiswa Reguler

Beasiswa Pendidikan Indonesia Program Reguler merupakan salah satu pilihan program beasiswa yang diselenggarakan oleh LPDP bagi putra-putri terbaik Indonesia. Beasiswa ini memberikan pembiayaan studi bagi Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan S1, D4, atau S2 dan ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister atau Doktoral di perguruan tinggi yang ada di dalam maupun di luar negeri.

advertisement

Beasiswa Disertasi

Beasiswa Disertasi merupakan program Beasiswa LPDP yang ditujukan bagi Warga Negara Indonesia yang sedang menyelesaikan pendidikan Doktoral di dalam maupun di luar negeri dan membutuhkan dana untuk disertasinya.

Beasiswa Dokter Spesialis

Beasiswa Dokter Spesialis ditujukan bagi Warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai dokter dan ingin melanjutkan pendidikan Dokter Spesialis di perguruan tinggi dalam negeri yang termasuk dalam daftar tujuan perguruan tinggi LPDP. Namun, perlu diketahui, beasiswa ini tidak berlaku bagi yang sudah menyelesaikan program Magister di dalam maupun di luar negeri.

Beasiswa Afirmasi

Beasiswa Afirmasi ditujukan bagi Warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan S1, D4, atau S2 yang tanpa kebijakan afirmasi sulit untuk melanjutkan pendidikan di dalam maupun di luar negeri. Program beasiswa dari LPDP ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah perbatasan agar terjadi pemerataan SDM berpendidikan tinggi di Indonesia.

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)

Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia atau BUDI merupakan program beasiswa dari LPDP yang diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia yang berprofesi sebagai dosen tetap di perguruan tinggi negeri atau swasta. Dengan adanya beasiswa ini, diharapkan kualitas dosen akan meningkat sehingga bisa berkontribusi lebih baik bagi pendidikan di Indonesia.

Program Co-Funding

Beasiswa Co-Funding ditujukan bagi peserta Beasiswa Reguler dan Afirmasi yang pendanaannya melibatkan mitra co-funding atau individual lainnya. Program beasiswa ini terdiri dari Beasiswa Semi Mandiri yang ditujukan untuk pendaftar BPI Reguler dan Beasiswa Kemitraan yang ditujukan untuk pendaftar BPI Reguler dan Afirmasi.

Persyaratan Umum Beasiswa LPDP

Setelah mengetahui jenis-jenis program beasiswa dari LPDP, selanjutnya kamu perlu menyiapkan sejumlah persyaratan agar bisa mendaftar. Berikut adalah beberapa beberapa persyaratan umum beasiswa LPDP.

advertisement

  1. Warga Negara Indonesia yang ditunjukkan dengan kartu identitas kependudukan yang sah
  2. Berusia maksimal 35 tahun untuk program Magister dan dan 40 tahun untuk program Doktoral
  3. Telah menyelesaikan pendidikan Sarjana atau Sarjana Terapan untuk program beasiswa Magister, dibuktikan dengan surat keterangan lulus atau ijazah. Sementara untuk program beasiswa Doktoral, pendaftar wajib menyelesaikan pendidikan Magister, Magister Terapan, atau Sarjana Terapan yang memenuhi kualifikasi untuk langsung menempuh program Doktoral.
  4. Memiliki IPK pada jenjang pendidikan sebelumnya minimal 3,00 pada skala 4,00 untuk program Magister dan 3,25 untuk program Doktoral
  5. Mempunyai jiwa kepemimpinan, ditunjukkan dengan pengalaman memimpin sebuah organisasi atau lembaga yang dapat dibuktikan dengan dengan sertifikat atau dokumen lain yang relevan
  6. Aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, ditunjukkan dengan bukti dokumen yang relevan
  7. Menandatangani surat pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindakan yang melanggar hukum
  8. Menandatangani surat pernyataan tidak pernah terlibat dalam tindak pelanggaran kode etik akademik
  9. Menandatangani surat pernyataan mengabdi pada kepentingan bangsa
  10. Menandatangani surat pernyataan tidak sedang mendapat beasiswa dari sumber lain
  11. Mendapatkan surat tugas belajar dari atasan bagi pendaftar yang sedang bekerja
  12. Memiliki surat keterangan dari tokoh masyarakat setempat bagi pendaftar yang belum atau tidak bekerja
  13. Memilih program studi dan perguruan tinggi yang direkomendasikan oleh LPDP.
  14. Pelamar program Magister atau Doktoral yang memilih perguruan tinggi di luar negeri harus mempunyai dokumen resmi bukti penguasaan Bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Pendaftar program Magister minimal memiliki nilai TOEFL IBT 80, IELTS 6,5, TOEIC 800, atau TOAFL 550 untuk program studi  atau perguruan tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk
    • Pendaftar program Doktoral minimal memiliki nilai TOEFL IBT 94, IELTS 7,0, TOEIC 850, atau TOAFL 550 untuk program studi  atau perguruan tinggi Islam yang mensyaratkan TOAFL sebagai syarat masuk
  1. Menulis esai 500 – 700 kata dengan tema “Peranku bagi Indonesia” dan “Sukses Terbesar dalam Hidupku”
  2. Membuat rencana studi untuk program Magister atau ringkasan proposal penelitian untuk program Doktoral

Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP

Pendaftaran Beasiswa LPDP dapat dilakukan secara online di halaman berikut https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/. Apabila belum memiliki akun, nantinya kamu akan diarahkan untuk membuat akun terlebih dahulu sebelum melengkapi data dan berkas-berkas yang diperlukan. Adapun untuk tahapan seleksinya adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran online pada website LPDP
  2. Seleksi administrasi
  3. Seleksi berbasis komputer
  4. Seleksi substansi

Demikianlah informasi lengkap mengenai panduan pendaftaran Beasiswa LPDP.  Untuk info selengkapnya, silakan mengunjungi website resmi LPDP di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/.

 



[reaction_buttons]