Tidak bisa dipungkiri, ketika mendengar Korea Selatan, langsung terlintas di benak kita dengan drama-dramanya yang cukup menguras emosi. Banyak kalangan, mulai dari remaja wanita hingga ibu rumah tangga, menghabiskan waktunya hingga berjam-jam untuk menyaksikan drama Korea. Alur ceritanya yang cukup berliku dan enak untuk disimak, membuat drama korea menggeser sinetron karya anak bangsa di hati para penonton.

Sebenarnya di balik ironi ini ada beberapa hikmah yang dapat kita petik. Akibat drama Korea berhasil menjajah dunia perfilman di Indonesia, maka timbullah sejumlah efek domino. Mulai dari fashion, kecantikan, kuliner, hingga bahasa Korea menjamur di Indonesia.

Salah satu topik yang kita akan angkat berkaitan dengan Korea Selatan kali ini adalah bahasa Korea. Pada awalnya bahasa Korea tidak terlalu dikenal di Indonesia. Akibat wabah drama Korea & K-Pop pastinya, semua golongan sangat tertarik untuk mempelajari bahasa Negeri Ginseng ini. Namun, tidak setiap kota dan setiap daerah di Indonesia memiliki kursus bahasa Korea. Meskipun kondisi tersebut menjadi batu sandungan bagi pecinta drama Korea untuk mempelajari bahasa Korea, sesungguhnya kita dapat menjadikan drama tersebut sebagai suatu media yang sangat baik untuk belajar bahasa mereka.

advertisement

Untuk mempelajari bahasa Korea dengan melalui film drama, selain mengasyikkan juga menjadi sebuah sambilan bagi pecinta drama Korea. Ada beberapa metode yang bisa dipelajari jika ingin belajar bahasa Korea dari film dramanya. Seprti hal-hal di bawah ini.

Mengatur Subtitel

Buat subtitle sendiri. (Sumber: Siputnews.com)

Buat subtitle sendiri. (Sumber: Siputnews.com)

Ada empat tingkatan dalam mempelajari drama Korea dengan mengatur subtitelnya. Pertama adalah memberikan subtitle dengan full bahasa Korea. Jadi, sambil mendengarkan drama yang sedang berjalan kita juga dapat membaca subtitle yang terdapat pada bagian bawah layar. Kemudian tingkatan kedua adalah dengan memberikan jeda antar kalimat sehingga kita bisa mengikuti percakapan dan subtitle secara bersamaan. Dan memberikan kesempatan bagi kita untuk memahami lebih lanjut.

Tingkatan ketiga adalah menebak kalimat yang akan dibicarakan. Di tingkatan ini diharapkan kita memiliki kemampuan bahasa Korea yang lebih karena telah terlatih dari tingkatan pertama dan tingkatan kedua. Kemudian tingkatan terakhir adalah menonton drama korea tanpa menggunakan subtitle. Ini adalah bagian tersulit. Namun, dengan intensnya berlatih hal tersebut bukanlah masalah yang berarti. Dengan hal tersebut tanpa kehilangan guncangan emosi dari drama Korea kita juga dapat mempelajari bahasa Korea.

advertisement

 

Mencatat Kosakata Bahasa Korea dalam Drama

 

Jangan lupa tulis kosakatanya. (SUmber:)

Jangan lupa tulis kosakatanya. (Sumber:Photo Credit: Chapendra via Compfight cc)

Memperkaya kosakata dalam mempelajari suatu bahasa adalah hal yang mutlak. Apalagi bahasa Korea memiliki jenis huruf yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Salah satu cara untuk memperkaya kosakata bahasa Korea adalah dengan mencatat beberapa kosakata bahasa Korea yang sering muncul. Tentunya bagi pemula hal tersebut lumayan sulit. Namun, untuk pemula cukup catat cara penyebutannya dengan bahasa Indonesia saja. Kemudian cari tahu di beberapa sumber, bisa dari kamus ataupun internet. Meskipun konsentrasi kita akan terpecah ketika menonton drama Korea. Namun, ada juga mendapatkan manfaat yang lebih dari kegiatan tersebut.

advertisement

 

Membawa Kamus Bahasa Korea Ketika Menonton

Jangan cuma liat yang cantik dan gantengnya aja.

Jangan cuma liat yang cantik dan gantengnya aja. (Sumber: Joonni.com)

Kamus bahasa Korea bisa didapatkan dengan harga yang cukup murah dan bentuk yang sangat ergonomis di beberapa toko buku di seluruh kota di Indonesia. Dengan membawa kamus selama menonton drama Korea, cobalah untuk mencari setiap kosakata yang dapat Anda tangkap. Kemudian catatlah di buku catatan kecil. Lakukanlah hal tersebut secara rutin, dan luangkan waktu senggang untuk mengulang kembali kosakata yang telah Anda dapatkan sebelumnya.

 

advertisement

Bergabung dengan Grup Pecinta Drama korea dan Berlatih Berbahasa Korea

Ikut komunitas? Boleh banget! (Sumber:)

Ikut komunitas? Boleh banget! (Sumber:Photo Credit: parhessiastes via Compfight cc )

Sudah tentu dengan jumlah peminat yang membeludak, drama Korea memiliki berbagai pecinta dari berbagai golongan. Tidak hanya menjadi selingan tapi menonton drama Korea bahkan sudah menjadi hobi untuk beberapa orang. Oleh karena itu bergabunglah bersama grup-grup di media social, baik itu Facebook, Twitter, atau grup lainnya dan cobalah untuk memberanikan diri mempraktikkan bahasa Korea yang sebelumnya telah pelajari. Keberanian sekali lagi menjadi kunci bagi Anda dalam menguasai bahasa Korea.

 

Membuat Kuis Kecil Bersama Teman Ketika Menonton Drama Korea

Setelah nonton, bikin kuis bareng teman. (Sumber:)

Setelah nonton, bikin kuis bareng teman. (Sumber:Photo Credit: Salle-Ann via Compfight cc)

Drama Korea akan semakin asyik ketika kita berani untuk membuat terobosan baru. Terutama dengan membuat kuis kecil-kecilan bersama teman ketika menonton drama Korea. Kuis tersebut tentunya harus dilakukan dalam bahasa Korea.

Berdasarkan pemaparan tersebut dapat kita simpulkan bahwa, drama Korea adalah salah satu media yang sangat efektif untuk mempelajari bahasa Korea selagi kita dapat menjadikannya sebuah media yang kreatif dalam mengembangkan kemampuan kita. Bahkan bukan tidak mungkin berawal dari hobi gemar menonton dan mempelajari bahasa Korea, akan membawa kita menjelajahi Negeri Ginseng mulai dari menjadi seorang pelajar hingga menjadi seorang pekerja. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. 😀