Berinvestasi Sejak Mahasiswa, Kenapa Nggak? (UI Investment Club)


0

Menurut KBBI Daring, investasi adalah “penanaman uang atau modal dl suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan”. Kalau menilik teori ekonomi, investasi berarti pembelian (dan berarti juga produksi) dari kapital/modal barang-barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi).

Namun, kita seringkali punya paradigma bahwa investasi itu cuma cocok untuk bapak-bapak yang stylish, ibu-ibu yang punya modal jutaan, atau orang-orang yang jago main saham. Padahal nggak begitu loh. Mahasiswa kayak kita juga penting untuk belajar investasi. Nggak usah yang rumit-rumit, kita belajar dari simple dulu. Belajar investasi bagi mahasiswa menjadi penting saat ini. Kenapa? karena “seorang mahasiswa harus menyadari bahwa keberhasilannya menyelesaikan studi berawal dari kemandirian. Salah satunya adalah kemandirian dalam bidang finansial”, begitu kata Denny Thaher, Presiden Direktur PT Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Thaher mengatakan, kesadaran berinvestasi saat ini bukan lagi hanya milik orang dewasa yang berkantong tebal. Mahasiswa juga sudah harus sadar akan hal itu karena investasi saat ini sudah bisa dilakukan dengan menyisihkan Rp 5.000 per hari. Para mahasiswa sebagai pemimpin di masa depan tentu harus mempersiapkan masa depan mereka sedini mungkin. Jangan sampai cita-cita dan mimpi mereka selangit tapi mimpi-mimpi itu tak mampu direalisasikan karena manajemen yang tidak bagus. Bukannya belajar investasi, si mahasiswa malah menghabiskan uangnya untuk hal-hal tidak penting. Akibatnya, bukannya menuai untung, dia malah buntung.

Kita sudah paham pentingnya berinvestasi bagi mahasiswa. Lalu, apa yang harus dilakukan? Gimana caranya investasi? Ada kabar bagus. MSS FE UI mengadakan satu acara yang diberi nama UI Investment Club. Apaan tuh? Mari kita simak.

UI Investment Club adalah salah satu program kerja rutin dari MSS FE UI. Ini adalah acara yang keempat kalinya diadakan. Pertama kalinya acara ini diselenggarakan tahun 2007. Menurut Muhammad Farchan Fathurrahman, mahasiswa FE UI jurusan Manajemen 2008 konsentrasi Finance, yang menjabat sebagai vice PO UI Investment Club, acara ini bertujuan untuk mendidik mahasiswa-mahasiswa agar mempunyai pengetahuan di bidang investasi.

Intinya, di sini para mahasiswa akan belajar tentang investasi. Gimana kalau ada mahasiswa yang bener-bener blank dan nggak ngerti sama sekali soal investasi? Justru bagus dan sangat disarankan untuk mengikuti acara ini untuk belajar. Jadi, UI Investment Club mempunyai 2 jenis acara. Yang pertama adalah sesi kelas dan yang kedua adalah sesi training. Sesi kelas maksudnya adalah peserta mendaftar ke panitia untuk mengikuti materi-materi tentang investasi di kelas. Sesi kelas ini dibagi 3: Basic 1 & 2, Intermediate, dan Advance. Untuk lebih jelasnya, kita ambil contoh. Seorang mahasiswa UI yang bernama Budi ingin belajar tentang investasi, maka ia mendaftar ke panitia UI Investment Club. Maka, ia akan dimasukkan ke kelas Basic 1. Kemudian setelah melalui seleksi, Budi akan “naik kelas” ke intermediate, selanjutnya ke level advance.

Animo mahasiswa UI dan mahasiswa non-UI dalam mengikuti acara ini sangat tinggi. Farchan bahkan mengatakan bahwa panitia sampai kewalahan karena permintaan terus mengalir untuk dimasukkan ke kelas Basic 1. Namun, kuota Basic 1 hanya sampai 40 orang. Bagaimana dengan teman-teman yang tertarik mengikuti UI Investment Club tapi sudah kehabisan bangku di kelas Basic 1? Tenang saja, karena masih ada bangku untuk Basic 2. Basic 1 & 2 ini bukan pelajaran yang bersambung, tetapi lebih ke arah gelombang penerimaan peserta. Jadi, bagi teman-teman yang tertarik, masih ada kesempatan untuk mengikuti kelas Basic 2 di bulan Juni-Juli. Nanti, untuk “naik kelas”, akan diadakan semacam seleksi bagi anak-anak kelas Basic 1 & 2. Dari 80 peserta, akan diseleksi lagi hingga nanti yang naik kelas ke intermediate hanyalah 40 orang. Hal ini terpaksa dibatasi karena kemampuan panitia terbatas. Namun, 40 peserta kelas intermediate akan langsung naik kelas ke level advance. Pengajarnya adalah seorang profesional yang tidak diragukan lagi yang berasal dari Danareksa.

Selain itu ada juga sistem training. Orang-orang yang ingin mendalami lebih jauh bisa ikut trainingnya. Training ini direncanakan akan dilaksanakan 8 Mei nanti. Training ini adalah bagian integral dari acara UI Investment Club. Berbeda dari sesi kelas yang gratis, di training ini kita harus membayar tiket Rp50.000. Di sana kita akan mendapatkan simulasi langsung bagaimana cara berinvestasi. Untuk info yang lebih jelas tentang acara UI Investment Club ini, teman-teman bisa menghubungi Farchan di 085649486130

Namun, rasa-rasanya pelatihan di atas belum cukup jika kita ingin mahir dalam berinvestasi. Kita harus terus belajar tentang investasi dan Valbury bisa menjadi salah satu tempat yang cocok. Gabung saja ke Facebook Likenya dan Twitternya. Para mahasiswa, ayo berinvestasi!!

Sumber:

Wawancara dengan Muhammad Farchan Fathurrahman, vice P.P UI Investment Club tanggal 27 April 2010 pukul 16.15-16.45 di Perpustakaan FE UI lt.2

http://edukasi.kompas.com/read/2009/05/24/13472445/investasi.penting.buat.mahasiswa.yang.mau.mandiri.

http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php

http://id.wikipedia.org/wiki/Investasi


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Wahyu Awaludin
Penulis, blogger, pemimpi, dan pebisnis. Seorang mahasiswa Sastra Indonesia FIB UI angkatan 2008. Mempunyai mimpi ingin mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang media online. Kini sedang diamanahi sebagai salah satu peserta PPSDMS angkatan V Regional I Jakarta

0 Comments

Leave a Reply