Berminat Menjadi Bagian dari Gerakan UI Mengajar Angkatan 11? Yuk Simak Cara Daftarnya

Selama satu dekade Gerakan UI Mengajar (GUIM), sudah lebih dari 500 mahasiswa terlibat dan lebih dari 3000 anak yang dididik di Indonesia melalui GUIM. Berminat mendaftar? Yuk simak artikel ini.


0

Kenalan dengan Gerakan UI Mengajar. Halo warga UI, adakah diantara kalian yang berminat untuk melakukan pengabdian masyarakat selama menempuh pendidikan di UI? Mau ikut pengabdian masyarakat, tapi belum menemukan satupun yang cocok? Nah, pas banget nih, kamu bisa simak artikel ini untuk menelisik lebih jauh pengabdian masyarakat yang legendaris di UI, yaitu Gerakan UI Mengajar. Yuk kenalan lebih dekat dengan gerakan UI Mengajar!

Apa itu Gerakan UI Mengajar?

Sumber: pesisirbaratkab.go.id

Gerakan Universitas Indonesia Mengajar (GUIM) adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pendidikan sekolah dasar di daerah terpelosok. Selama 25 hari di bulan Januari tahun depan, Gerakan UI Mengajar akan melaksanakan serangkaian kegiatan yang menunjang pembelajaran dan menyebarkan semangat untuk anak-anak dan masyarakat di titik aksi.

Titik jangkauan Gerakan UI Mengajar juga direncanakan untuk memilih titik yang cukup dekat namun tetap terpelosok untuk menghindari mobilisasi yang berlebihan di masa pandemi ini. Tahun ini GUIM akan beraksi di Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat. FYI, GUIM sudah berkontribusi selama lebih dari 1 dekade loh! Tahun 2021 ini menjadi tahun kesebelas GUIM mengabdi pada masyarakat di bidang pendidikan.

Kenapa bidang pendidikan? Pendidikan berperan penting dalam pembangunan suatu negara dan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Melalui pendidikan, seseorang mampu memberdayakan dirinya sendiri, keluarga, serta turut mengambil peran dalam berkontribusi bagi masyarakat sekitar dan lingkungannya.

Selain memiliki manfaat untuk meningkatkan pengetahuan seseorang, pendidikan sejatinya ikut menciptakan manusia yang bermoral, memiliki nilai karakter, dan tanggung jawab. Pendidikan karakter adalah hal penting yang menjadi dasar dari individu untuk berpikir, merasa, bersikap, serta berkontribusi melalui pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya.

BACA JUGA: Beberapa Kepanitian yang Bisa Kamu Ikuti Selama Menjadi Mahasiswa UI!

Bagaimana dengan Gerakan UI Mengajar Angkatan Sekarang (Angkatan 11)?

Sumber: uimengajar.org

Gerakan UI Mengajar Angkatan 11 percaya dalam situasi yang tidak pasti, kami masih bisa beradaptasi dan menjaga sinergi serta aksi untuk melabuhkan kebermanfaatan nyata dan berkelanjutan. Sebab bagi kita, daripada sekedar “mengutuk kegelapan“, lebih baik memutuskan untuk ikut tetap bertindak, meski hanya bagaikan menyalakan lilin yang kecil. Gerakan UI Mengajar Angkatan 11 terdorong berbuat sesuatu yang terbaik yang bisa dilakukan demi mencapai visi untuk menyebarkan semangat inspirasi.

Menarik banget kan, kamu juga bisa loh ikut berkontribusi bersama GUIM 11 menebar semangat aspirasi untuk adik-adik yang nantinya akan diajar di Sumedang tahun depan! Karena kebetulan banget nih, GUIM 11 sedang open recruitment untuk mencari calon pengajar. Pengajar inilah yang nantinya akan turun ke kelas dan berkolaborasi langsung dengan guru yang ada di sana.

Sebagai pengajar, kamu akan menjalani tahap seleksi berkas terlebih dan mentoring terlebih dahulu. Syarat untuk menjadi pengajar GUIM ialah merupakan Mahasiswa aktif IKM UI baik dari program S1 atau Vokasi, berkomitmen kuat untuk berkontribusi hingga akhir, dan sudah mendapatkan vaksinasi tahap kedua sebelum Januari 2022.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Pekerjaan Freelance yang Dapat Dilakukan Saat Kuliah

Cara Mendaftar Gerakan UI Mengajar

Sumber: gumilangra.wordpress.com

Jika kamu memenuhi kriteria tersebut, kamu bisa segera mendaftar menjadi pengajar dengan tata cara sebagai berikut:

  1. Buka halaman uimengajar.org
  2. Pendaftar mengisi formulir yang telah disediakan
  3. Pendaftar menerima berkas pendaftaran yang berisi data diri dan esai melalui email yang sudah didaftarkan sebelumnya
  4. Isi berkas dan data diri sesuai petunjuk
  5. Kirimkan berkas data diri, esai, serta hasil test IPIP-NEO ke email GUIM yang telah disediakan.
  6. Terakhir, unggah twibbon yang telah disediakan!

Selama satu dekade, sudah lebih dari 500 mahasiswa terlibat dalam program ini, dan sudah lebih dari 3000 anak di Indonesia yang kami temui.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan dirimu untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan bersama GUIM. Kamu juga bisa mengecek akun instagramnya @uimengajar untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

BACA JUGA: Mengenal Kampus Mengajar, Program Baru Kemdikbud RI


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply