Bingung Gimana Cara Memilih Topik Skripsi yang Bagus? Begini Nih Caranya!

Kamu Bingung Cara Memilih Topik Skripsi? Begini Caranya! Buat kamu mahasiswa tingkat tiga atau tingkat akhir pasti sudah mulai memikirkan skripsi. Skripsi merupakan salah satu hal yang harus dilakukan sebagai syarat kelulusan. Saat ini tidak semua jurusan mewajibkan skripsi sebagai syarat untuk lulus, namun masih banyak juga jurusan yang mengharuskan kita untuk menyelesaikan skripsi.

Secara garis besar, kamu pasti sudah tahu atau pernah mendengar seperti apa skripsi itu. Secara sederhana, skripsi merupakan penelitian yang kita lakukan mengenai topik tertentu dengan tujuan tertentu kemudian kita presentasikan hasilnya untuk menguji kemampuan kita baik dari segi hasil penelitian maupun pengetahuan yang telah kita peroleh selama menjalani perkuliahan.

Sebelum menyusun skripsi, pastinya kita harus memikirkan topik apa yang akan kita angkat. Mungkin kamu masih bingung bagaimana cara mencari atau memperoleh topik tersebut. Nah, untuk membantu kamu berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk memilih topik skripsi kamu.

Memilih Topik Umum Terlebih Dahulu

Sumber: stock.adobe.com

Hal yang bisa kamu lakukan sebelum memilih topik skripsi kamu nantinya adalah dengan menentukan terlebih dahulu fokusan apa yang ingin kamu kerjakan. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan skripsi kamu dengan kemampuan dan minat yang kamu miliki. Dengan memilih fokusan yang sesuai dengan minat kamu akan lebih mempermudah kamu untuk memahami penelitian kamu nantinya. Selain itu, kamu juga akan lebih senang dalam melakukannya karena hal tersebut merupakan hal yang kamu kuasai. Setelah menentukan fokusan/topik umum, kamu bisa berdiskusi dengan dosen pembimbing yang fokus terhadap bidang tersebut untuk menemukan topk skripsinya.

Baca dan Review Literatur

Sumber: fupping.com

Untuk menemukan topik skripsi, hal yang harus kamu lakukan adalah mencari tahu sejauh mana perkembangan penelitian hingga saat ini. Apa saja yang telah orang lakukan dan evaluasi terhadap penelitian tersebut. Dari sana, kamu bisa mengetahui apa yang belum orang lain lakukan dan menjadikan hal tersebut sebagai topik skripsi kamu.

Selain itu, kamu bisa mengetahui bagaimana skripsi kamu akan dilakukan dan hasil yang harus diperoleh. Kamu bisa memperoleh informasi-informasi berikut dengan membaca literatur seperti jurnal, paper, atau juga bisa melihat dari tugas akhir senior kamu yang memiliki topik yang mirip dengan yang ingin kamu pilih.

Secara tidak langsung, kamu juga sekaligus mempermudah diri kamu nantinya dalam membuat salah satu bab skripsi kamu yakni tinjauan pustaka. Oh iya, kamu juga bisa memperoleh topik skripsi dengan membaca kesimpulan yang ada dari berbagai jurnal lho! Biasanya mereka memberikan saran kedepannya apa yang sebaiknya dilakukan untuk penelitian selanjutnya dimana kamu bisa ambil ini sebagai topik skripsi kamu. Kamu bisa melakukan ini sembari berdiskusi dengan dosen pembimbing kamu.

Jangan lupa ya baca literatur yang masih terbaru yakni maksimal 5 tahun sebelumnya agar topik skripsi kamu merupakan topik terbaru.

Ikut Project Dosen

Sumber: now.uioa.edu

Nah, ini merupakan cara yang paling gampang supaya kamu dapat topik skripsi. Biasanya dosen memiliki berbagai project yang mereka lakukan. Untuk menyelesaikannya biasanya dosen juga membutuhkan para mahasiswa untuk menyelesaikan project tersebut. Nah, kamu bisa ikut terlibat dalam project tersebut sehingga kamu memperoleh topik untuk skripsi kamu. Kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari topiknya dan akan lebih mudah untuk memperoleh gambaran mengenai skripsi kamu nantinya. Kamu juga bisa berkonsultasi secara intens dengan dosen kamu mengenai skripsimu dan bisa sekaligus mendapatkan dosen pembimbing. Biasanya, jika memerlukan alat dan bahan juga sudah disediakan sehingga tidak perlu repot lagi untuk mencarinya.

Itu dia beberapa tips untuk memilih topik skripsi kamu. Jadi, sudah tidak bingung kan?

BACA JUGA: 10 Hal Ini Cuma Dirasakan Mahasiswa Yang Menjadi Asisten Dosen atau Asisten Penelitian

error: This content is protected by the DMCA