Ceritanya dimulai hari Rabu kemarin, saat saya naik motor kembali dari FT ke Fasilkom. Di depan FT, ada bis asing: warnanya abu-abu, ukurannya gede (segede bis pariwisata), tapi berhenti di halte FT buat nurunin dan naikin mahasiswa. Terus kata temen yang saya bonceng, di kacanya ada tulisan “Bus Pelayan Mahasiswa UI”. Lho, lho, lho, apa ini? Bus kuning baru? Kok nggak ada kuning-kuningnya?

Rasa penasaran itu terjawab pagi ini, saat berangkat ke kampus. Saya mergokin bis yang sama masuk gerbang kuning UI. Udah deh, saya pacu motor saya, nunggu di halte UI untuk mengambil fotonya. Dan inilah dia, 3 foto tentang bikun baru yang ga ada kuning-kuningnya sama sekali =P:

Bus Pelayanan Mahasiswa UI

Pintunya Hidrolik

Pintunya Hidrolik

Tampak Belakang

Tampak Belakang

Dan ini beberapa catatan yang bisa saya ambil, setelah sekilas ngelihat bikun baru yang ga ada kuning-kuningnya sama sekali:

advertisement

  1. Nggak ada warna kuning sama sekali di bus itu. Jadi nama busnya apa?
  2. Supirnya rapih, pake seragam mirip supir busway.
  3. Pintunya hidrolik, buka tutup otomatis
  4. (sepertinya) Pake AC, karena jendelanya ketutup semua.
  5. Bisnya kerjasama dengan Aerowisata Transport, seperti terlihat di tampak depan bus dan di samping badan bus.
  6. Entah beneran atau memang kebetulan, sejak ada bis ini, saya belum ngelihat bis kuning reguler.. Kemana ya?

Jadi, untuk teman-teman yang punya info tentang bis apa ini? Kabar-kabarin ya? Jangan-jangan ini benar realisasi janji bapak rektor untuk menambah bis kuning?

UPDATE (9/1)

thanks buat mierwuzzhere yang ngasih link berita di website UI tentang ini:

advertisement

Saat ini di UI baru saja melakukan penambahan armada shuttle bus yang biasa kita kenal sebagai bis kuning. Ujicoba penambahan armada dilakukan pada tanggal 1-31 Oktober 2009 setiap harinya selama 5 menit, dimana bis yang digunakkan pada ujicoba masih dalam bentuk fisik generik asalan pabrik dan berwarna abu-abu.

Terhitung per 1 Februari 2009, 5 unit armada bis baru siap diluncurkan untuk melayani segenap civitas academic di Universitas Indonesia dengan kemasan tampilan yang sama sekali baru. Selain itu, per 15 Februari 2009, lima (5) unit armada akan ditambahkan. Total jendral, armada baru 10 unit bis kuning.

Sistem “Bis Kuning” baru mulai tanggal 15 Februari 2009 akan ditata dengan menghadirkan dispatcher untuk mengatur keberangkatan setiap 10 menit sekali.  Perbaikan dilakukan secara bertahap untuk menopang implementasi sistem “Bis Kuning” baru. dari Peningkatan Pelayanan Transportasi UI

advertisement

UPDATE (10/1)

Di Facebook Pagesnya anakUI.com, ada yang ngasih info tambahan:

setelah wawancara dengan supir busnya karena waktu itu saya juga heran).. katanya sih bus itu memang disewa dan bekerjasama dengan UI selama 3 tahun. untuk akhir2 ini memang baru terlihat beberapa buah bus aja. tapi rencananya total bus itu ada 25 buah..

advertisement

bus reguler tetep beroperasi koq..

Mantabs juragan! 😀