Bahasa Inggris tentu sudah dikenal di seluruh negara sebagai bahasa internasional, termasuk di Indonesia. Agar tidak ketinggalan, kita sebagai orang Indonesia juga seharusnya bisa berbahasa Inggris. Keterbatasan waktu ataupun keterbatasan biaya untuk belajar bahasa Inggris tentu bukan alasan, karena kita bisa mencoba cara belajar bahasa Inggris secara otodidak. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot bayar ataupun pergi ke tempat kursus. Cukup duduk cantik di rumah, kamu sudah bisa belajar bahasa Inggris sendiri. Dimana ada keinginan dan niat untuk belajar serta displin, bisa saja hasil dari belajar secara otodidak ini tidak kalah dengan mereka yang belajar di tempat khusus semacam kursus.

Jika ingin berhasil dan tidak putus ditengah jalan, kita harus punya niat dan tujuan yang jelas. Sehingga dalam belajar kita lebih termotivasi dan tidak malas-malasan. Misalnya, kamu punya niat untuk kuliah di luar negeri, oleh karena itu harus bisa bahasa Inggris. Atau paling mininmal kamu harus menyadari dan mecari manfaat dan kegunaan bahasa Inggris untuk memberikan motivasi untuk diri sendiri

Dalam belajar bahasa Inggris secara otodidak ini, kita tentunya harus mengetahui metode atau cara-cara yang tepat agar belajar lebih terarah. Sekadar informasi, bahasa Inggris adalah kemampuan atau skill bukan hanya pengetahuan atau knowledge saja. Jadi, kamu tidak hanya tahu teorinya, tetapi juga harus mencoba untuk mempraktikkannya. Artinya, tidak cukup jika belajar bahasa Inggris hanya sesekali saja, tetapi harus belajar secara berkelanjutan.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dijadikan metode dalam belajar bahasa inggris secara otodidak.

1. Persiapan

Hunting Buku

Hunting Buku (Sumber:Photo Credit: calafellvalo via Compfight cc)

 

Untuk kamu yang baru mulai belajar bahasa Inggris, ada baiknya beli buku tentang bagaimana cara menguasai pembendaharaan kata atau vocabulary. Ada banyak buku yang bisa kamu temukan dan berhubungan dengan vocabulary.

advertisement

 

Materi Tulis dan Audio

listening lesson. (Sumber:)

listening lesson. (Sumber:Photo Credit: craigCloutier via Compfight cc)

Ada baiknya, kamu menyiapkan materi yang menarik untuk belajar. Kamu bisa membeli buku belajar bahasa Inggris yang banyak dijual di toko buku. Pilihlah buku yang menyediakan audio, baik kaset maupun cd. Sehingga saat belajar, kamu tidak hanya membaca materi tertulis tetapi juga dapat mendengarkan listening lesson-nya. Jadi, kamu tahu bagaimana tulisannya dan juga bagaimana pengucapan kata dalam bahasa Inggris. Semakin banyak membaca dan mendengar materi yang ada, semakin mudah untuk melatih kemampuan bicara dalam bahasa Inggris.

Sama halnya seperti balita yang baru belajar bicara, mereka awalnya belajar berbicara dengan banyak mendengarkan ucapan dari orang tuanya. Jadi, ketika kamu memikirkan sesuatu, apa pun itu coba ucapkan dengan bahasa Inggris. Alangkah baiknya, jika ada teman bicara. Namun, kalau kamu tidak memiliki teman bicara pun, latihlah berbicara bahasa inggris sendiri di depan cermin.

 

Siapkan Kamus

Jangan lupa untuk punya kamus. (Sumber:)

Jangan lupa untuk punya kamus. (Sumber:Photo Credit: sallysetsforth via Compfight cc)

Kamus adalah buku yang harus dan wajib kamu punya. Dengan kamus, kamu bisa mengetahui lebih banyak lagi kosakata atau vocabulary. Kamu juga bisa mempelajari pola kalimat kalimat sederhana bahasa Inggris. Untuk memperbanyak kosakata atau vocabulary, kamu bisa menghafalkan minimal 10-20 kata dalam sehari. Bayangkan, dalam satu bulan sudah ada 300-600 kata yang kamu ketahui.

 

advertisement

Materi Pengucapan dan Percakapan  

Metode belajar dengan nonton film. (Sumber:)

Metode belajar dengan nonton film. (Sumber:Photo Credit: LarimdaME via Compfight cc)

 

Pengucapan atau yang dikenal dengan istilah pronounciation merupakan hal yang penting dalam belajar bahasa Inggris secara otodidak. Kamu bisa menghapal atau mengingat cara pengucapan dari tiap suku kata yang kamukuasai. Biasanya kamus dilengkapi dengan cara pelafalan. Jika ingin mencoba hal lain, kita bisa belajar dengan mendengarkan musik ataupun nonton film. Kamu juga perlu menguasai percakapan sehari-hari. Ini adalah percakapan yang paling mudah untuk dipelajari.  Jika sudah merasa cukup dengan kemampuan dalam berbahasa Inggris dan merasa percaya diri, kamu boleh mencoba untuk mempraktikkan langsung bahasa Inggris ke orang asing.

2. Belajar Dimanapun dan Kapanpun

Belajar dimanapun dan kapanpun. (Sumber:)

Belajar dimanapun dan kapanpun. (Sumber:Photo Credit: Anders.Bachmann via Compfight cc)

Kamu tidak perlu bingung dimana dan kapan belajar bahasa Inggris secara otodidak, karena dimana pun dan kapan pun kamu bisa melakukannya. Misalnya, saat menunggu dosen yang belum datang, langsung bisa buka buku, mempraktikkan pengucapannya ataupun mendengarkan audionya. Namun, jika kamu ingin membuat jadwal sendiri, khusus untuk belajar bahasa Inggris, tentu juga bisa. Misalnya, setiap hari minimal satu jam belajar bahasa Inggris. Hal ini akan membuat kamu displin.

3. Belajar Lalu Praktikan

Jangan lupa praktikkan. (Sumber:)

Jangan lupa praktikkan. (Sumber:Photo Credit: Barack Obama via Compfight cc)

Apa pun bahasa yang kamu pelajari, termasuk bahasa Inggris, kamu harus mempraktikkannya. Kalau kamu tahu teorinya, tapi nggak dipraktikkin, sama aja bohong. Belajarlah terus meski banyak salah atau pengucapan yang masih kaku. Namun, jika kamu belajar dan mempraktikkannya, maka kemampuan dalam bahasa Inggris tentu akan diakui orang.

 

3. Gunakan Dunia Maya

Sunia maya (Sumber:)

Sunia maya (Sumber:Photo Credit: elvissa via Compfight cc)

Ketika menguasai beberapa pola kalimat dan beberapa kata dalam bahasa inggris, kamu bisa mulai untuk mencoba praktik percakapan dalam bahasa Inggris. Jika kamu kesulitan menemukan teman untuk bercakap bahasa Inggris, coba melatih dengan seseorang melalui dunia maya. Berkenalan dengan orang dari luar negeri dan perluas pergaulan kamu dengan berbincang-bincang dengan mereka. Tentu, sebelumnya, kamu harus percaya diri dengan kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris dan konsisten dalam belajar.

 

Hal-hal diatas, dapat dijadikan panduan untuk belajar bahasa Inggris sendiri di rumah. Mudah dan tidak banyak mengeluarkan biaya tentunya. Asalkan konsisten menjalani cara belajar bahasa inggris secara otodidak, kamu tidak perlu ragu lagi menunjukan kemampuan berbahasa Inggris.

Sumber :

  1. http://belajarbahasainggrisonline.net/panduan-cara-belajar-bahasa-inggris-secara-otodidak
  2. http://www.ef.co.id/englishfirst/englishstudy/cara-belajar-inggris/belajar-bahasa-inggris-dengan-otodidak.aspx
  3. http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2013/11/13/belajar-bahasa-inggris-otodidak-610327.html


[reaction_buttons]