BOP di FIB UI Sekarang 5 Juta Tanpa Keringanan?

BOP
BOP di FIB UI. Klik gambar untuk memperbesar

coba kalian liat situs FIB UI diatas,

BOP di FIB UI sekarang 5 juta, tanpa proses berkeadilan…!!!!

mungkinkah webmaster FIB lupa untuk mencantumkan kata-kata:

Catatan: untuk mahasiswa program S1 Reguler menggunakan sistem berkeadilan, biaya yang tertera adalah biaya jika mahasiswa yang bersangkutan tidak mengajukan proses BOP-Berkeadilan.

SANGAT TIDAK MUNGKIN BAGI SEBUAH  “WORLD CLASS UNIVERSITY” YANG MERUPAKAN UNIVERSITAS TERBAIK DI INDONESIA…

apakah ini sebuah pembodohan atau kelalaian???

19 thoughts on “BOP di FIB UI Sekarang 5 Juta Tanpa Keringanan?”

  1. Okelah,,,saya kecewa dengan BEM UI. Sangat lambat bergerak menyikapi isu BOP terbaru ini…

    tadinya saya berharap bahwa BEM UI akan mengumumkan sikap secara resmi -dan bergerak cepat-. Tapi itu tidak terjadi. Oh, apa yang harus kami mahasiswa UI lakukan tanpa pemimpin seperti ini…

    Imad-Choky, slogan kalian PROGRESSIF-inklusif kan…apanya yang Progresif?

    segera lakukan sikap wahai BEM UI…secepatnya..

    Reply
  2. jangan ngambil kesimpulan dulu kawan2. sangat tidak logis apabila disamaratakan di nilai maksimal. berapa puluh orang yang bakal berhenti kuliah?

    mungkin ini merupakan BOP (biaya operasional pendidikan) yang dibutuhkan univ tiap mahasiswa. nanti pada aplikasinya yang dipakai kan BOP-Berkeadilan, yang sesuai dengan kemampuan tiap mahasiswanya berd. matrix

    ini versi saya lho, hanya berasumsi
    hanya mengingatkan, jangan netting dulu 😀

    Reply
  3. dari info yang saya denger, di web penerimaan.ui.ac.id juga kaya gitu.
    jadi emang UI langsung netepin biaya maksimal.
    BOP-B masih ada, tapi cuma buat yang bener2 ngebutuhin aja.
    kalo jaman taun lalu kan ada range, sekarang emang sengaja di tulis maksimal gitu.
    keliatan banget UI lagi butuh duit banyak.

    Reply
  4. yang gw takutin klo kayak gini, akhirnya hanya fakultas tertentu atau jurusan tertentu* yang akan laku dan jadi incaran mahasiswa karena mereka pikir, biayanya sama aja mending gw di swasta tapi dapet jurusan favorit…..

    *) bisa dilihat di passing grade di bimbel2..urutan atas2…

    Reply
  5. yang gue tau, sistem pembayaran sekarang emang FLAT. rumpun IPA 7,5 juta & rumpun IPS 5 juta. sistem keuangannnya pun sekarang terpusat, langsung di-handle ma rektorat.

    kebetulan jga sore ini ada diskusi BOPB oleh Kastrat BEM FE di Taman Makara FE, jadi yang penasaran ma sistem pembayaran UI tahun 2010, monggo bisa ikut nimbrung.

    oia, ini link untuk download SK Rektor mengenai sistem pembayaran BOP tahun 2010 plus besaran tiap faultas: (http://www.ui.ac.id/id/admission/page/biaya-pendidikan

    Reply
  6. tentang masalah keringanan, keliatannya bener kayak yang dibilangin ma #6 kalo yang bisa ngajuin keringanan tu emnag yang bener2 membutuhkan.

    info lengkap & pasinya, coba kita proaktif tanya2 ke anak2 adkesma atau Kastrat fakultas atau universitas. kroscek langsung datengin rektorat juga lebih baik. biar nggak ada salah paham, kalo ntar kita yang uda jadi mhasiswa ditanya2in ma adek2 kita yang pengen masuk UI.

    Reply
  7. kebenarannya “Rektorat emang (lagi) butuh banyat duit”

    bukti nyata:
    – perpus di lelang (ada iklannya di media indonesia bulan februari lalu)
    – BOP-B? kalo gw ga salah baca, di penerimaan.ui.ac.id cuma ada tulisan “BOP” tanpa Berkeadilan
    – Kelas paralel lebih banyak daripada kelas reguler

    kesimpulannya cuma satu, ya yang di atas tadi.

    Reply
  8. BEM UI bersama BEM Fakultas telah membentuk alur gerakan, mulai dari pewacanaan masing-masing fakultas serta lobi yang dilakukan oleh BEM UI ke pihak rektorat. Kami menunggu SK pendamping dari SK 1346, tahun 2008, sk 432a didampingi sama sk 432b. 2009, sk 271 sama sk 272 yang mengatur penetapan besaran BOP-B.

    Tindakan tegas memungkinkan untuk kita lakukan, tapi kami berkaca ketidak solidan gerakan pada tahun 2008 serta kontraproduktifnya gerakan yang dilakukan pada 2009.

    @wahyu
    tindakan tegas dan cepat seperti apa yang diharapkan? aksi depan rektorat?blokir gerbatama kaya aksi 2003?

    Reply
  9. @ choky : yang dibutuhkan bukan cuma “alur gerakan” … kalau cuma buat alur doang mah gampang. Yang dibutuhkan itu kejelasan. Jangan gara-gara takut dibekukan trus malah bersikap manis di saat harus bersikap.

    gue rasa golnya tuh bukan keluarnya sk pendamping. kalau golnya cuma itu mah, gak perlu keluar SK. di publikasi UI juga udah ada range nya.
    kalau loe belajar dari masa lalu BEM 2008 & 2009, loe harusnya tau BOP-B ini produk gagal. BEM loe harusnya bisa nyabut nih produk. kembaliin dong biaya kuliah di ui ke harga 1,5 juta persemester.

    Percuma loe menang kalau gak bisa memperbaiki kegagalan yang ada. bubarin aja BEM UI !!!

    setiap siswa SMA dan orantua anak SMA yang gue tanya…. tuh tau nya kuliah di UI bayarnya 25 juta buat masuk + 7,5 juta tiap semester.

    hufh….

    Reply
  10. itu benar mau d flat y bop buat maba 2010???wah2 ngeri juga,,,udah resmi belum sih wahai kaka2 anak ui???

    Reply
  11. Gw uda lyat http://www.ui.ac.id/id/admission/page/biaya-pendidikan. kok yg gw tangkep malah kaya sistem flat ya? itu mah bukannya BOP-B,, dmna letak berkeadilannya? klo biaya operasionalnya sama semua kaya gitu? huff.. sabar ya adik2ku coba lebih proaktif lagi tanya2 ke adkesma fakultas, biar bisa dibantu.. ga harus keluar karena masalah uang, cukup banyak kok beasiswa yang dirtawarkan di UI..

    Reply

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA