Review Bose QuietComfort Earbuds 2: Earbud ANC Terbaik Dunia

anakui.com – Suara adaptif, ANC yang lebih cerdas, dan desain yang diperbarui menjadikan Bose QuietComfort Earbuds 2 earbud nirkabel terbaik untuk peredam bising.

Spesifikasi Bose QuietComfort Earbuds 2

Spesifikasi
Dimensi: 1,2 x 0,68 x 0,88 inci (per tunas)
Berat: 0,21 ons (per kecambah)
Masa pakai baterai (nilai): 6 jam; 24 jam (casing pengisi daya)
Jangkauan Bluetooth: 80 kaki
ANC: ya
Tahan air: Ya (peringkat IPX4)

Kelebihan

  • + Pembatalan kebisingan yang tak tertandingi
  • + Suara canggih dan seimbang
  • + Kualitas panggilan luar biasa
  • + Pengaturan khusus yang bagus
  • + Desain lebih kompak dan canggih

Kekurangan

  • – Masa pakai baterai yang ditingkatkan oleh saingan
  • – Tingkat kenyamanan yang buruk
  • – Kontrol sentuh yang rumit dan konektivitas aplikasi

Setelah bocoran selama berminggu-minggu, QuietComfort Earbuds 2 sekarang resmi. Earbud nirkabel andalan terbaru Bose memperkenalkan beberapa peningkatan, seperti pembatalan bising aktif adaptif (ANC) untuk kualitas suara yang lebih baik, Bluetooth 5.3, dan teknologi koreksi suara.

Yang terpenting, Bose telah membuat versi baru 1/3 lebih kecil dari Earbud QuietComfort lama dan mengembangkan eartip baru untuk membantu lebih banyak pengguna mencapai kesesuaian yang optimal.

Tunas generasi berikutnya terus membangun fitur Bose tradisional, tetapi juga menderita di area di mana kinerjanya buruk di masa lalu, termasuk masa pakai baterai, fitur khusus, dan kontrol sentuh.

Namun, terlepas dari kekurangan ini, ANC dan kinerja kualitas suara mengangkat Earbud QuietComfort 2 ke urutan teratas daftar earbud peredam bising terbaik kami.

Harga dan Ketersediaan

  • Lebih mahal daripada model unggulan dari Apple dan Sony.
  • Hanya satu warna yang tersedia saat peluncuran

MSRP untuk QuietComfort Earbuds 2 adalah Rp. 4,5 jutaan, naik Rp. 300 ribuan dari item generasi pertama. Triple Black adalah satu-satunya warna yang tersedia saat peluncuran, tetapi opsi soapstone akan diperkenalkan akhir tahun ini.

Di dalam kotak terdapat wadah pengisi daya, kabel pengisi daya USB-C, 3 set tip dengan ukuran berbeda, 3 set tali jam dengan ukuran berbeda, dan instruksi keselamatan. Harga kompetitif bukan masalah besar bagi Bose.

Jika tidak, sobat tidak akan menjual kuncup baru ini dengan harga lebih tinggi daripada earbud andalan AirPods Pro 2 yang baru diumumkan atau pesaing pasar seperti Sony WF-1000XM4 dan Sennheiser Momentum True Wireless 3.

Jika ini terlalu banyak untuk anggaran, sobat selalu dapat menerima Earbud QuietComfort yang lebih lama, yang saat ini didiskon menjadi Rp. 3 jutaan di Amazon. Jangan lupa untuk mem-bookmark halaman penawaran headphone terbaik kami untuk mendapatkan penawaran hebat dan menemukan semua obral earbud nirkabel terbaru.

Desain dan Kenyamanan Bose QuietComfort Earbuds 2

  • 30% lebih kecil dari earbud generasi pertama
  • Casing pengisi daya yang lebih ringan dan ringkas
  • Kenyamanan masih menjadi masalah

Bose telah mengurangi ukuran QuietComfort Earbuds 2 sebesar 30%. Yang menurut mereka merupakan desain ulang yang signifikan yang membuat Earbuds 2 lebih praktis dan menarik. Plastik luarnya lebih baik dari aslinya, jadi sobat dapat mengharapkan kuncup ini tahan terhadap cobaan pukulan keras dan penggunaan biasa.

Earbud hitam dalam ulasan ini memiliki campuran lapisan mengkilap dan matte yang terasa nyaman saat disentuh dan diberi peringkat IPX4 untuk perlindungan terhadap keringat dan air.

Kasing pengisi daya juga telah mengalami facelift dengan desain yang lebih kecil dan lebih ramping dari yang disertakan dengan earbud asli. Ini kokoh, dan ukurannya sekitar dua kali lipat, tetapi mirip dengan kasing yang dibundel dengan Google Pixel Buds Pro.

Kit ujung telinga ukuran alternatif baru membantu menyesuaikan semua ukuran telinga. Penstabil pas di bagian dalam telinga, tetapi tip baru sulit mengamankannya di sekitar saluran telinga. Uji Fit Eartip Bose membantu meningkatkan kesesuaian dan memberikan umpan balik yang akurat.

Seperti AirPods, iklan tersebut menyarankan untuk memakai QuietComfort Earbuds 2 dengan ‘batang’ diposisikan secara vertikal. Aplikasi pendamping mengatakan secara berbeda bahwa sobat perlu memutar kuncup ke belakang untuk menghadap mulut. Ini seharusnya memberikan “segel kenyamanan”.

Kami mohon sobat untuk menjadi berbeda. Tidak hanya teknik yang disarankan melonggarkan pas, tapi kami bisa merasakan tekanan rongga terhadap telinga luar. Orang dengan ambang rasa sakit yang tinggi mungkin mengalami ketidaknyamanan setelah sekitar 2 jam pemakaian.

Kontrol Sentuh dan Asisten Digital

  • Paket kontrol media penuh
  • Respons ketukan yang tidak dapat diandalkan
  • Pengalaman asisten digital yang memuaskan

Akurasi ketuk bisa lebih baik. Kontrol bekerja 50% dari waktu. Segala sesuatu yang lain tampil jauh lebih baik, terutama geser, memungkinkan penyesuaian volume yang mulus.

Pemutaran, manajemen panggilan, volume, aktivasi mode mendengarkan, dan bantuan digital semuanya dapat diaktifkan langsung dari kuncup. Pengguna yang ingin menyesuaikan skema kontrol sesuai preferensi mereka akan kecewa mendengar bahwa hanya fungsi pintasan (tekan lama) yang dapat ditukar.

Segala sesuatu yang lain tetap ditetapkan ke metode input terprogram seperti gerakan ketuk tunggal, dua kali, tiga kali lipat, atau geser. Deteksi keausan baik-baik saja, menjeda konten saat melepas kuncup, dan melanjutkan pemutaran saat memasangnya kembali di telinga.

Meskipun ini bekerja lebih cepat di bud lain, ini masih lebih dapat diandalkan untuk menjeda musik daripada gerakan satu ketukan. Asisten Google, Siri, dan Bixby semuanya kompatibel dan berfungsi dengan baik.

Setiap perintah suara didaftarkan secara akurat berkat rangkaian mikrofon Bose yang mudah dipahami yang menjawab setiap suku kata dan pertanyaan bertele-tele.

Bot AI Google membutuhkan waktu untuk pemanasan dan awalnya salah menafsirkan perintah dasar seperti “apa acara saya selanjutnya” sebagai “apa alarm saya berikutnya”, tetapi setelah beberapa kali mencoba, ia menemukan basis bahasa.

Aktivasi suara akan ditambahkan di pembaruan mendatang, memungkinkan untuk meluncurkan Alexa atau Google Assistant menggunakan setiap frase kata bangun (“Alexa” atau “Hai Google”).

Kualitas Suara Bose QuietComfort Earbuds 2

  • EQ aktif untuk suara seimbang
  • Prasetel bawaan berguna untuk kustomisasi bass/treble.
  • Tidak ada dukungan audio spasial atau aptX

Bose menggunakan teknologi kepemilikan baru yang disebut CustomTune yang secara otomatis mengkalibrasi ANC dan profil frekuensi suara dengan karakteristik unik telinga. Efek keseluruhannya positif, memberi QuietComfort Earbuds 2 panggung suara yang kuat dan tajam.

Kick drum pada “Kiss” Prince mendarat dengan kokoh dan seimbang dengan baik, tidak pernah menaungi elemen kelas atas seperti hi-hat yang pemalu dan vokal penyanyi. Bahkan asap pengaitnya terdengar lebih jelas dan bersemangat, seolah-olah Prince sendiri yang memainkannya hanya beberapa meter dari telinga.

Tunas ini menangani bass drum dan gitar di “Sunday Morning” Maroon 5 lebih dari yang diharapkan. Pemisahannya sangat mengesankan, membuat kedua instrumen ini semakin berbeda saat piano yang disetel dengan lembut memasuki soundscape.

Rentang frekuensi lebih baik ditunjukkan pada trek orkestra. “Spiral – Mono” karya John Coltrane menghasilkan bass (bass ganda), midrange (piano), dan treble (simbal) yang bagus.

Namun, soundstage QuietComfort Earbuds 2 hanya dapat menangani dentuman bass yang dalam dan berderak terdengar agak teredam, seperti yang kami alami dengan “Time” karya Hans Zimmer. Equalizer Bose tidak seluas Sony, juga tidak menampung banyak preset.

Tetap saja, itu sudah lebih dari cukup untuk mendongkrak atau menurunkan bass dan treble. Sobat juga dapat menyetel ketiga band secara manual untuk mendapatkan kehadiran yang lebih premium di trek musik. Audio 3D (alias audio spasial) tidak tersedia.

Ini adalah fitur yang sangat didambakan yang didukung oleh beberapa model kelas atas (mis. AirPods Pro, Sony WF-1000XM4). Pesaing seperti AirPods Pro 2 juga membawa ini ke level berikutnya, menawarkan versi yang dipersonalisasi yang memungkinkan pendengar membuat profil khusus mereka sendiri untuk pencelupan yang lebih besar.

Dukungan codec terbatas pada SBC dan AAC, keduanya bekerja dengan lancar di perangkat iOS/macOS dan Android. Headphone atau earbud nirkabel Bose tidak dilengkapi dengan codec audio nirkabel beresolusi tinggi seperti aptX dan LDAC.

Peredam Bising Aktif Bose QuietComfort Earbuds 2

  • Pembatalan kebisingan terbaik di kelasnya
  • Buat mode ANC sendiri
  • ActiveSense secara otomatis menyesuaikan pendengaran sekitar dengan lingkungan sekitar.

Teknologi peredam bising nirkabel sejati terbaik di pasar menjadi lebih baik. CustomTune memancarkan nada yang digunakan untuk memetakan kontur liang telinga untuk ANC yang lebih efektif.

Dari sana, sebuah algoritme terbentuk yang “menyesuaikan” filter peredam bising QuietComfort Earbuds 2 dan memberikan penolakan yang lebih baik di kelas menengah. Saat dikelilingi oleh anggota keluarga yang cerewet, kami langsung menyadari adanya penurunan suara.

Bose juga meningkatkan ANC untuk memberi pendengar pengalaman peredam bising yang lebih personal. Sobat dapat memilih dari dua mode standar, Tenang (peredam bising) dan Sadar (juga dikenal sebagai mode transparansi), atau pilih dua dari 10 mode khusus yang disimpan ke profil.

Tenang berfungsi paling baik untuk memotong frekuensi bass dan pertengahan, sekaligus memungkinkan mendengar detail di trek dengan lebih jelas. Mode kustom memungkinkan lebih banyak kebebasan untuk menyesuaikan antara 10 level ANC.

Mempertahankannya pada level maksimum akan menangani frekuensi yang lebih tinggi dengan lebih baik. Menurut Bose, Quiet harusnya kira-kira level 10, tapi kuping kami macet di level 8 atau 9 dan itu masih fantastis.

Mode kami disesuaikan dengan lingkungan. Benar-benar membungkam balita selama jam kerja dan sebagian besar gangguan di luar ruangan sambil meminimalkan keberadaan angin. Mode Sadar dirancang untuk memungkinkan suara dari luar terdengar tanpa mengorbankan kualitas audio.

Kami bukan penggemar beratnya sebelumnya dan pendapat kami tidak berubah. Ya, itu bekerja dengan baik dan kami dapat mendengar sebagian besar dari apa yang terjadi di sekitar di dalam dan di luar. Kemudian saya lebih suka mode Transparansi yang memungkinkan menyesuaikan jumlah kebisingan yang ingin diblokir atau izinkan.

Untungnya, ActiveSense meningkatkan pendengaran sekitar dengan menyesuaikan fungsinya secara otomatis. Sehingga sobat dapat mendengar musik dan kebisingan sekitar dengan sama baiknya. Setelah diaktifkan, kami dapat melakukan percakapan yang jelas dengan istri saat berbagi ruang kantor.

Menonaktifkan ini membuatnya sulit untuk mendengarnya. Opsi lainnya adalah menyetel level ANC ke kurang dari level 3 dalam mode kustom. Menyetel mode rumah ke level 0 membuka mikrofon lebih lebar dan membuat noise lebih transparan.

Aplikasi dan Fitur Bose Music

  • Antarmuka bersih dan ramah pengguna
  • Jumlah fungsi yang tepat
  • Konektivitas yang tidak stabil

Aplikasi Bose Music adalah hub untuk hampir semua fitur khusus. Kemampuan tambahan seperti aplikasi Sony Headphones Connect tidak dimuat, tetapi memilikinya di sini berguna untuk menyempurnakan pengalaman.

Fitur utama seperti mode Diam (ANC)/Aware, ActiveSense, EQ, Uji Kecocokan Eartip, dan Pintasan telah dipertimbangkan. Fitur hebat lainnya adalah Self Voice, yang menyesuaikan seberapa keras suara terdengar selama panggilan.

Ini memiliki pemutar media, mode tidur (dengan deteksi gerakan diaktifkan), penggeser volume, indikator level baterai, tip produk, dan pengaturan konektivitas Bluetooth yang menampilkan perangkat yang dipasangkan sebelumnya. Pembaruan akhir tahun yang menyediakan penggunaan single-bud independen telah diselesaikan.

Kecuali jika aplikasi mengalami masalah konektivitas yang mengerikan. Tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa memasangkan kuncup dengan Bose Music membutuhkan waktu lebih dari satu jam dan membutuhkan banyak percobaan. Ini terjadi setelah membuat koneksi dengan Google Pixel 6 Pro.

Masalah kinerja sering terjadi pada aplikasi sebelum diluncurkan. Tetapi perlu diingat bahwa sobat menggunakan versi terbaru dan memiliki pembaruan perangkat lunak terbaru. Pengisian cepat adalah satu-satunya fitur lain di luar aplikasi sebagaimana adanya.

Masa Pakai Baterai dan Tempat Pengisian Daya

  • Masa pakai baterai yang mengecewakan
  • Muatan cepat lemah
  • Tidak ada pengisian nirkabel

Masa pakai baterai tetap sama pada 6 jam per pengisian daya. Sebagai perbandingan, ini sama dengan AirPods Pro 2 dan kurang dari Sony WF-1000XM4 (8-12 jam). Jangan meminta waktu bermain dengan ANC nonaktif, karena tidak ada cara untuk menonaktifkan fitur tersebut.

Kami membutuhkan sekitar 2 hari penggunaan sedang (2,75 jam setiap hari) sebelum mengisi ulang dan tidak puas. Casing pengisi daya membantu meredam benturan dan meningkatkannya menjadi 24 jam dengan pengisian daya penuh.

Memiliki kapasitas waktu bermain yang sama dengan kasing AirPods Pro generasi pertama bukanlah hal yang membanggakan. Selain itu, casing AirPods Pro 2 mendukung hingga 30 jam dan casing WF-1000XM4 hingga 35 jam. Pengisian daya cepat 20 menit menghasilkan waktu putar 2 jam.

Itu tidak cepat sama sekali, terutama ketika saingan kelas lain melakukannya lebih cepat. AirPods Pro 2 memberi 1 jam waktu mendengarkan dalam 5 menit. Yang menambah penghinaan adalah kurangnya pengisian daya nirkabel yang sudah ditawarkan oleh Apple, Sony, dan banyak produsen earbud nirkabel lainnya.

Kualitas Panggilan dan Konektivitas

  • Headset panggilan berkualitas tinggi
  • Performa nirkabel yang stabil
  • Tidak ada Bluetooth Multipoint atau Google Fast Pair

Kami menganggap earbud QuietComfort asli sebagai earbud terbaik dengan panggilan audio dan video mikrofon. Sekuelnya sama bagusnya dengan headset untuk panggilan. Mikrofon Bose menunjukkan penangkapan vokal yang luar biasa, membuat percakapan menjadi keras dan jelas.

Fitur Self Voice datang ke kopling saat berbicara dalam pengaturan parau. Di mana kami agak bingung adalah kinerja ANC selama panggilan. Earbud QuietComfort meredam sebagian besar kebisingan di seluruh spektrum frekuensi. Kami tidak mendapatkan efek yang sama dengan QuietComfort Earbuds 2.

Saat berbicara di telepon dengan istri, dia dapat mendengar efek berputar yang dihasilkan oleh mobil yang melaju kencang serta suara-suara yang tidak disengaja di sekitar rumah. Namun, dia menyebutkan bahwa suara kami menonjol dengan gangguan latar belakang apa pun.

Bagian dari paket, Bluetooth 5.3 memberikan kinerja nirkabel yang lebih cepat, koneksi instan ke perangkat yang dipasangkan sebelumnya, dan jangkauan yang diperluas hingga 100 kaki. Untuk sementara, kami bersumpah bahwa QuietComfort Earbuds 2 mendukung teknologi multipoint.

Karena sobat memasangkannya dengan dua perangkat sekaligus. Mimpi itu berumur pendek karena terputus dari alat bantu semenit kemudian. Jika ini bisa menghibur, kuncup ini melacak 7 perangkat terakhir yang dipasangkan dengannya. Kami berharap dapat melihat Google Fast Pair hanya dengan satu ketukan, tetapi tidak berhasil.

Kesimpulan

Earbud QuietComfort 2 adalah penerus luar biasa yang menawarkan suara yang lebih baik, kualitas panggilan yang superior, dan ANC yang tak tertandingi. Teknologi eksklusif seperti ActiveSense dan CustomTune memberikan keseimbangan yang sangat baik antara netralisasi suara dan kebisingan.

Desain ulang Bose juga membuat bud ini tidak terlalu mencolok dibandingkan aslinya. Tidak semua faktor kinerja mencapai sasaran. Kontrol sentuh kali ini kurang dapat diandalkan dan penautan aplikasi sangat bermasalah.

Tunas ini juga kekurangan fitur populer seperti aptX, audio spasial, dan pengisian daya nirkabel yang semakin standar di semua titik harga dan tersedia untuk pesaing ANC.

Kami yakin Bose akan memperbaiki pengalaman aplikasi dan akurasi sentuhan seperti yang telah mereka lakukan sebelumnya di versi sebelumnya dengan pembaruan firmware. Jika tidak keberatan kehilangan fitur tertentu, QuietComfort Earbuds 2 akan terus memutar musik sobat dan membisukan sisanya.

Leave a Comment