BSO OMPT Canopy Biologi UI Presents: Canopy Fair “Saatnya Buah Bintang Bersinar”

Canopy Fair

Canopy Fair adalah acara pengenalan produk tumbuhan asli Indonesia yang dilangsungkan oleh Badan Semi Otonom (BSO) Organisasi Mahasiswa Pencinta Tumbuhan (OMPT) Canopy, sebuah organisasi pencinta tumbuhan yang bernaung dibawah Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Biologi Universitas Indonesia.

Acara Canopy Fair ini mengambil tema Belimbing dengan tagline-nya “Saatnya Buah Bintang Bersinar”.  Acara ini bertujuan untuk mengangkat potensi buah belimbing di bidang ekonomi dan kesehatan. Konten acara berupa seminar, workshop, berbagai lomba, dan pameran. Acara pengembangan potensi hayati ini dilaksanakan pada

Hari/tanggal       : Sabtu, 14 April 2012

Tempat                : Ruang B 101 FMIPA UI

Seminar yang dilaksanakan pada Canopy Fair ini memiliki 2 sesi. Sesi pertama mengambil judul “Belimbing sebagai Ikon Kota Depok” dengan pembicara dari Pemerintah Kota Depok. Sesi kedua seminar memiliki judul “Menguak Potensi Belimbing dari Segi Kandungan Gizi dan Bisnis” yang akan dibawakan oleh Ibu Susiani Purbaningsih, seorang ahli fisiologi tumbuhan dan pemerhati belimbing di Depok yang professional di bidangnya.

Selain seminar, diadakan pula 2 workshop. Workshop pertama memiliki judul “Perjalanan Panjang Belimbing Dewa” yang akan disampaikan oleh Haji Mubin. Beliau merupakan penduduk asli Depok yang merupakan petani yang mengembangkan belimbing. Workshop kedua berjudul “Dodol: Salah Satu Olahan Belimbing” yang akan dibawakan oleh ibu Lenjarnita, seorang pengusaha yang mengembangkan bisnisnya menggunakan belimbing.

Selain workshop dan seminar, Canopy Fair juga mengadakan lomba-lomba yaitu lomba fotografi dan lomba essay. Lomba essay mengangkat tema “Tumbuhan dalam ekonomi, sains, dan seni”. Sedangkan lomba fotografi mengambil tema yang sama dengan lomba essay. Deadline pengumpulan karya essay atau karya fotografi hanya sampai tanggal 9 April 2012. Hasil karya terbaik akan mendapatkan hadiah mencapai jutaan rupiah dan dipajang pada pameran fotografi. Total hadiah sebesar Rp 2,4 juta, dengan rincian sbb :

1. Lomba Fotografi

Juara I : Rp 700.000,00 + plakat
Juara II : Rp 500.000,00 + serifikat
Juara III : Rp 250.000,00 + sertifikat

2. Lomba Esai

Juara I : Rp 500.000,00 + plakat
Juara II : Rp 300.000,00 + sertifikat
Juara III : Rp 150.000,00 + sertifikat

Acara Canopy fair ini juga mengadakan pameran makanan dari Kementrian Pertanian Kota Depok dan pameran Fotografi hasil karya peserta lomba fotografi. Jadi, inilah saatnya kita mengenali potensi dalam negeri kita sendiri dimulai dari tumbuhan yang bernama belimbing.

 

Contact person

Info acara            : Ninda (081286032540) atau Yesika (085695603905)

Info lomba          :  Steven (089630196499)

Twiter                   : @Canopyfair2012

Facebook            : canopyfair2012

Website               : omptcanopy.blogspot.com.

Download formulir dan ketentuan lomba Canopy Fair 2012 : http://www.mediafire.com/?2a1uxkf7bn4isn9

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA