Banyak perbedaaan antara sekolah dengan kuliah seperti fokusan mata pelajaran, waktu kegiatan belajar dan lain-lain. Selain itu, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang bisa kamu ikuti di kampus. Nah, berikut adalah 3 rekomendasi kegiatan di luar akademik yang penting untuk kamu ikuti.

 

1. Organisasi

Banyak sekali organisasi-organisasi di UI yang dapat kamu ikuti. Organisasi yang terdapat di UI memiliki berbagai macam bidang mulai dari organisasi kemahasiswaan, keilmiahan, keagamaan, hingga organisasi pecinta alam juga ada. Selain bermacam-macam bidang, organisasi yang ada juga ada dalam berbagai tingkatan, lho! Mulai dari tingkatan jurusan, fakultas, hingga tingkat universitas. Kamu bisa memilih sesuai dengan bidang yang kamu minati atau bidang dimana kamu ingin mengembangkan diri kamu.

advertisement

Di organisasi ini, kita dapat belajar banyak hal dan menggali ilmu-ilmu yang tidak kita dapatkan saat dikelas. Kamu bisa belajar melalui program kerja yang memang disediakan oleh organisasi tersebut, pelatihan-pelatihan yang diberikan, dari seluruh pengurus organisasi yang ada hingga belajar dari pengalaman yang kamu dapatkan. Di organisasi, kamu juga bisa melatih softskills kamu. Kamu bisa belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang lain, bagaimana memimpin rapat, bekerjasama, hingga memegang suatu project. Saat kamu masuk ke dalam suatu organisasi kamu juga akan mulai dari tahap sebagai staf atau anggota terlebih dahulu. Ini adalah tempat yang tepat untuk kamu mencoba hal baru tanpa takut untuk melakukan suatu “kesalahan” atau “kegagalan”, karena ada kepala bidang yang akan membimbing kamu. Hal ini akan bermanfaat untuk kamu, termasuk untuk dunia pasca kampus.

Pengalaman organisasi juga hal penting yang dipertimbangkan saat kamu melamar pekerjaan, karena dengan kamu mengikuti organisasi berarti kamu telah memiliki berbagai softskills yang diperlukan di dunia kerja.

2. Kepanitiaan

Mengikuti kepanitiaan juga merupakan salah satu hal yang sebaiknya kamu coba ikuti saat masa perkuliahan. Mungkin kamu sudah tahu kurang lebih kepanitiaan seperti apa karena kepanitiaan di sekolah dan di kampus kurang lebih sama, hanya perbedaannya pada banyaknya jenis kepanitiaan maupun seberapa besar ukuran kepanitiaan tersebut.

advertisement

Sama halnya dengan organisasi, mengikuti kepanitiaan dapat bermanfaat untuk meningkatkan softskills kamu. Di kepanitiaan sendiri terdapat juga bidang-bidang yang lebih beragam dibandingkan organisasi karena menyesuaikan kebutuhan dari acara apa yang sedang kamu pegang. Jadi, kamu bisa mencoba dan belajar hal-hal baru yang lebih beragam. Selain banyak hal yang beragam, durasi kepanitiaan juga cenderung lebih singkat dibandingkan organisasi sehingga dalam waktu yang sama kamu bisa menjalankan beberapa kepanitiaan berbeda dengan bidang yang berbeda-beda juga.

Selain untuk melatih softskills dan menambah pengalaman kamu, kamu bisa memperluas relasi kamu juga. Di UI sendiri, banyak kepanitiaan yang menuntut kamu untuk berinteraksi dengan banyak orang luar sehingga bisa menambah koneksi kamu yang mungkin nantinya bisa bermanfaat untuk dunia pasca kampus kamu.  Kepanitiaan yang ada juga berbagai macam mulai dari yang skalanya kecil hingga yang skalanya besar dan berbagai macam bidang juga. Bahkan dalam organisasi sendiri juga ada beberapa program kerja yang membutuhkan kepanitiaan di dalamnya. Kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan keinginan kamu. Selain itu, ada juga jenis kepanitiaan dimana kamu akan mendapatkan upah dari hasil kinerja kamu. Jadi, lumayan kan untuk nambah uang jajan kamu sendiri.

3. Perlombaan

Setiap orang tentunya memiliki keunikan masing-masing termasuk bakat. Manfaatkanlah masa perkuliahanmu juga dengan mengembangkan bakat kamu bahkan menorehkan prestasi. Banyak sekali wadah yang disediakan di UI untuk menyalurkan berbagai bakat kamu. Di UI sendiri banyak sekali Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada dalam berbagai bidang dan memiliki banyak prestasi hingga tingkat internasional. Hal ini pas banget buat kamu untuk mengembangkan bakat kamu dan juga memperoleh prestasi.

advertisement

Sumber : https://rencanamu.id/post/dunia-kuliah/unit-kegiatan-mahasiswa/kenalan-sama-ukm-madah-bahana-universitas-indonesia-yuk

Selain lewat UKM, banyak juga berbagai perlombaan yang bisa kamu ikuti. Kamu bisa mengetahui informasi-informasi ini dengan tanpa harus mencari sendiri, biasanya di OA organisasi-organisasi yang ada atau lewat dosen kamu juga bisa mengetahui informasi tersebut terutama perlombaan yang sifatnya keilmiahan. Ada juga organisasi-organisasi dengan berbagai bidang yang bisa memfasilitasi kamu untuk memberikan materi sekaligus mewadahi kamu untuk mengikuti perlombaan, mulai dari keilmiahan, olahraga, hingga kesenian. Di UI sendiri juga banyak kok lomba yang diadakan mulai dari tingkat jurusan hingga universitas. Jadi, sayang banget jika kamu tidak memanfaatkan hal tersebut. Kamu bisa lebih mengasah bakat kamu, hingga mengharumkan nama baik UI dan termasuk kamu sendiri.

advertisement

Itulah 3 kegiatan yang sebaiknya kamu ikuti selama masa perkuliahan. Jangan takut kamu tidak bisa menyeimbangkan nilai akademik kamu. Dengan melakukan time management yang baik, kamu pasti bisa kok! Bahkan mapres UI juga aktif dalam berbagai kegiatan. Jadilah mahasiswa yang aktif dan beprestasi, ya!