Butuh Bantuan Getting Things Done? Coba Download Aplikasi Penunjang Produktifitas Gratis Ini!

Kuliah online jadwal kamu jadi berantakan? Yuk simak lima aplikasi produktif ini yang bisa bantu kamu untuk jadi lebih baik mengelola waktu!


0

Halo sobat UI! Menjadi mahasiswa memang punya jam kelas lebih sedikit daripada kita sewaktu SMA. Tapii, tugas-tugasnya itu loh!! Beuh.

Gak jarang kita kesulitan menentukan prioritas tugas dan membagi waktu. Siapa disini yang suka double meet selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)? Multitasking saat bukan menjadi discussion leader? Yak, itu salah satu tanda bahwa mungkin kamu perlu melakukan manajemen resource yang lebih baik nih.

Tetap ‘waras’ dan terawat sembari produktif ternyata bukan hal yang mustahil loh!

Sebagai langkah pertama menuju hidup perkuliahan yang lebih baik, yuk kita cek 5 aplikasi produktifitas yang bagus-bagus ini. Kalian boleh coba bareng teman-teman kalian nih biar lebih seru!

1. Evernote

Sumber: google.com

Evernote adalah app nomor 8 dalam kategori the best productivity tools. Aplikasi note ini sangat powerful dibandingkan dengan produk sejenisnya karena memilliki banyak fungsi. Mulai dari search, reminder, menyimpan link, file, foto, bahkan audio. Kita dapat memasukkan sketsa dengan gambaran tangan atau teks. Penyimpanan data juga dengan single storage jadi kita bisa pakai pada banyak devices lho!

Fitur-fitur basic ini dapat kita dapatkan dengan harga… gratis! Walau begitu, untuk fungsi yang lebih banyak, kita bisa membeli paket premium atau bisnis juga.

2. Forest

Sumber: Mashable.com

Apakah kamu sering terdistraksi sama notif hp? App unik ini bisa memotivasi kamu untuk tidak melihat layar dan fokus pada kerjaan kamu. Idenya sangat mudah namun unik: kamu akan menanam benih dalam waktu yang sudah kamu tentukan untuk fokus. Apabila kau berhasil fokus hingga akhir, tanaman akan tumbuh, dan sebaliknya, tanaman akan layu atau rusak saat kamu gagal (keluar dari app dengan alasan apapun). Semakin banyak kamu fokus, kamu akan bisa membentuk hutan!

Selain itu, app gratis ini bekerja sama dengan Trees of the Future untuk menanam pohon SUNGGUHAN untuk menyelamatkan planet kita! Keren ya!

3. Toggl

Sumber: toggl.com

Secara sederhananya, Toggl adalah aplikasi time tracking yang bisa membantu kamu untuk menganalisis sebenarnya berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan satu tugas. Dengan kamu paham waktu bekerja kamu, kamu dapat melakukan planning dengan lebih akurat dan efisien kan? Selain itu, Toggl juga akan memberikan laporan data kamu dan juga membantu kamu untuk easy scheduling lho! Pst, Toggl juga gratis ya!

BACA JUGA: 5 Aplikasi Wajib Punya Tuk Dapatkan IPK Sempurna

4. Any.do

Sumber: PCMag.com

Yak, ini contoh lain dari aplikasi task management yang gratis! Any.do memiliki fitur to-do list, kalender, planner dan reminder. Semua dalam satu app! Aplikasi ini juga membuat kamu lebih mudah berfokus pada tugas-tugas yang kamu prioritaskan. Selain itu, aplikasi ini bisa mengintegrasikan kalender kamu dengan devices lain. Jangan lupa ada juga fitur voice-entry yang membuat kamu bisa memasukkan item ke to-do list kamu hanya dengan berbicara! Wow, harus banget kamu coba sih!

5. Habitica

Sumber: habitica.com

Habitica ini bukan app yang biasa buat habit tracking. Habitica ini dirancang seperti bermain role-playing game! Mirip seperti forest, idenya adalah membuat gamifikasi untuk membantu kamu menjadi lebih produktif and juga membentuk kebiasaan bagus yang kamu inginkan.

Setelah memasukkan goal harian kamu dan habit yang ingin kamu bentuk, aplikasi gratis ini akan membantu kamu membuat avatar. Sembari kamu menyelesaikan tugas-tugas harian kamu, kamu bisa menaikkan level avatar kamu untuk membuka fitur-fitur keren. Karakter kamu bisa punya armor, peliharaan, dan sebagainya. Asik yah!

Setelah mengetahui berbagai aplikasi ini, mana yang pengen kamu coba? Komen di bawah ya!

BACA JUGA: Deteksi Gawat Darurat pada Anak Pakai Aplikasi Buatan FIK UI Yuk!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Ruth Agustini

Ruth Agustini adalah mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, program studi Akuntansi 2018. Di tengah perkuliahannya, Ruth gemar mengikuti berbagai kegiatan mahasiswa dan juga menulis. Yuk, simak artikel lainnya yang ditulis oleh Ruth! :)

0 Comments

Leave a Reply