Butuh Informan untuk Skripsi: Siapa yang Pernah Di-“comblang”-in Facebook?


0
Facebook (Ilustrasi ditambahkan admin)
Facebook (Ilustrasi ditambahkan admin)

Facebook mengubah dunia, termasuk ilmu pengetahuan. Bagaimana tidak, teori tentang hubungan antar manusia yang selama ini kita baca di buku psikologi atau komunikasi seolah diruntuhkan oleh hadirnya jejaring sosial ini. Dulu kalau ditanya bagaimana kriteria pacar yang kita mau, tentunya kita akan menjawab ingin BERTEMU dulu sebelum menjalin hubungan yang lebih dekat.

Namun, dengan adanya teknologi yang menghubungkan antar manusia, bertemu tidak lagi menjadi sebuah kebutuhan. Perhatiin deh, kalau di sekitar kita ada yang lagi senyum-senyum sambil buka facebook, sapa tahu dia lagi pacaran (sotoy hahaha). Singkatnya mengenal orang lewat facebook kemudian menjalin hubungan yang lebih dekat (pacaran atau berteman) tidak lagi mustahil untuk dilakukan.

Mungkin ada yang berpandangan skeptis tentang orang yang berkenalan kemudian menjalin hubungan cinta lewat facebook, labil lah, putus asa lah, bahkan ada yang berkomentar sadis “emang lo se gak laku itu”. Tapi, fenomena ini harus kita akui keberadaanya dan mampu menerpa siapa saja, mau jelek atau cakep mau yang labil atau yang gak mau dikatakan labil (tapi masih tetep labil).

Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana bisa ya orang-orang itu percaya sama orang yang baru dikenalnya lewat facebook terus pacaran? Tapi nyatanya bisa-bisa aja tuh. Terbukti dengan berbagai kasus yang muncul di TV, ada anak yang diculik setelah kenalan sama orang di facebook sampai laki-laki yang menikahi laki-laki juga yang dikenalnya di facebook. Itu yang negatif. Tapi mungkin orang di sekitar kita (atau kita sendiri) ada juga kasus-kasus yang berujung pada hubungan yang positif sampai akhirnya menikah.

Nah, inilah yang mendasari pemikiran saya untuk membuat skripsi dengan tema “trust on online love relationship”, bahasa buminya pemaknaan konsep percaya pada orang2 yang pacaran lewat dunia online dalam hal ini facebook. Dan teman2 saya menemukan kesulitan mencari informan (orang untuk diwawancarai).

Jadi melalui anakui.com saya ingin minta tolong jikalau ada yang memenuhi persyaratan di bawah ini dan bersedia menjadi informan. Sebagai modal saya menyediakan GIFT berupa voucher senilai Rp 50.000 yang bisa dipakai di berbagai outlet (starbucks, burger king, cold stone, dominos pizza, dsb)

  • Perempuan atau laki-laki
  • Usia 19-25 tahun
  • Tinggal di Jabodetabek
  • Pernah memiliki PENGALAMAN  “hubungan percintaan atau pacaran” melalui facebook (bukan lewat friendster, twitter, milis, dsb). Artinya misalnya punya pengalaman satu atau dua tahun lalu(sekarang udah putus) gak jadi masalah. Dan yang sedang mengalami juga boleh. Tambahan, gak harus sampai pada komitmen pacaran. Baru suka-sukaan tapi udah percaya juga boleh.
  • Pasangan atau pacar merupakan orang yang baru pertama kali dikenal lewat facebook (bukan teman atau orang yang dikenal di dunia nyata)

Voucher tersebut akan diberikan kepada 4 orang yang terpilih sebagai informan dan akan diberikan waktu bertemu saat wawancara. Nah, kepada siapa saja yang merasa memenuhi kriteria di atas mohon mengirimkan 1 paragraf berisi paparan singkat pengalamannya (kapan kenal, sudah berapa lama, bagaimana bisa kenal, dsb) ke email maya.widiarini@gmail.com.

Terima kasih atas perhatian dan bantuan teman-teman sekalian. Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan.


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
maywidi

0 Comments

Leave a Reply