Cara Belajar Efektif Tanpa Harus Duduk di Kelas

Kesibukan kamu di luar kelas (misalnya bekerja atau organisasi) kadangkala malah menggangu proses belajar kamu. Tenang! Kamu bisa mencoba cara belajar tanpa harus duduk di kelas. Tulisan ini akan membahas bagaimana cara belajar tanpa kita harus pergi ke kampus dan bertatap muka langsung dengan dosen.


0

Setiap mahasiswa mempunyai cara masing-masing untuk belajar. Ada tipe mahasiswa yang bisa mengerti hanya dengan memerhatikan dosen, tanpa harus mengulang di rumah. Ada juga tipe mahasiswa yang belajar dengan membaca buku sampai berkali-kali, tetap tidak memahami. Dari sekian banyak cara belajar, ada juga cara belajar efektif mahasiswa tanpa harus duduk di kelas.

Tentunya, bagi seorang mahasiswa senang tidak senang, suka tidak suka, harus tetap belajar. Sebagai seorang mahasiswa pun harus mengakui kalau belajar adalah kegiatan utama mereka, meskipun ada yang menganggap belajar hanya kegiatan sampingan karena memiliki kegiatan lain, misalnya bekerja. Bagi mereka yang kuliah sambil kerja ataupun sebaliknya, tentu akan sangat sulit mengatur waktu untuk belajar. Para mahasiswa seperti ini takut, jika nilai mata kuliahnya jelek dan takut juga jika pekerjaan mereka terganggu.

Hal yang diinginkan oleh para mahasiswa sekaligus pekerja adalah pekerjaan tetap jalan dan mendapat nilai yang baik di setiap mata kuliah. Jadi, dua aktivitas tetap berjalan lancar dan tentunya dengan hasil yang memuaskan. Kamu bisa mencoba cara belajar tanpa harus duduk di kelas. Memangnya bisa?  Jawabannya tentu bisa. Tulisan ini akan membahas bagaimana cara belajar efektif tanpa kita harus pergi ke kampus dan bertatap muka langsung dengan dosen.

Kuliah Online

Kuliah online. (Sumber:)
Kuliah online. (Sumber:Photo Credit: mikecogh via Compfight cc)

Semakin berkembangnya teknologi dan internet saat ini, tidak hanya mengubah gaya komunikasi banyak orang, tetapi juga memberi ide dalam cara belajar. Cara belajar-mengajar yang umum, mulai berubah menggunakan fasilitas seperti menggunakan infocus, layar, LCD, wireless, wifi, dan sejenisnya. Dimana hal ini tentu semakin memperbaiki kualitas dan kegiatan belajar-mengajar.

Namun, penggunaan teknologi ini sebatas mendukung kegiatan belajar-mengajar dan belum mengubah kebiasaan orang untuk belajar dengan cara tatap muka secara langsung. Padahal, dengan segala fasilitas teknologi yang ada saat ini, kita bisa belajar tanpa harus duduk di kelas, yaitu dengan Kuliah Online. Kuliah online tidak jauh berbeda dengan kuliah seperti yang sudah ada hanya saja kuliah online dilakukan dimana mahasiswa tidak harus duduk dikelas dan bertatap muka langsung dengan dosen.

Kuliah online dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas information communication technology (ICT) dan internet. Dengan begini, mahasiswa bisa belajar tanpa harus duduk di kelas, lebih praktis tanpa terbatas oleh waktu, jarak, dan kapasitas ruangan. Sudah ada beberapa penyedia jasa kuliah online yang bisa Anda cari di internet, yang siap membantu kamu.

Dengan adanya kuliah online, tentu akan menciptakan cara belajar yang lebih praktis antara dosen dengan mahasiswa. Para mahasiswa yang ikut kuliah online dapat belajar secara real time dan live meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Tidak hanya itu, dengan cara ini mahasiswa juga akan terbiasa untuk belajar lebih mandiri. Kalau di kelas, bisa saja saat mendengarkan dosen diajak teman berbicara, sedangkan dengan kuliah online mahasiswa diharapkan akan lebih fokus dan yang pasti mahasiswa akan semakin terbiasa menggunakan teknologi ICT dan internet.

Jadwal kuliah Online juga sangat fleksibel dan bisa dikondisikan sesuai dengan waktu kedua belah pihak. Jika tiba-tiba terjadi sesuatu dan kamu tidak bisa mengikuti kuliah online dengan jadwal yang telah disepakati, kamu bisa membuat jadwal ulang. Kamu juga bisa memilih mata kuliah yang diinginkan saja.

 

Latihan Soal di Rumah

Rajin latihan soal. (Sumber:)
Rajin latihan soal. (Sumber:Photo Credit: Skokie Public Library via Compfight cc)

Jika kamu memiliki keterbatasan dalam hal teknologi dan merasa sulit untuk mengakses atau mengikuti kuliah online, cobalah berlatih soal di rumah. Cara ini juga sangat efektif untuk mahasiswa tanpa harus datang ke kelas. Dengan sering mengerjakan soal di rumah, kamu akan terbiasa dan terampil mengerjakan soal-soal ujian dengan waktu yang lebih cepat.

Kerjakan soal latihan setiap materi, jangan biasakan mengerjakan soal latihan hanya jika ada tugas. Kamu bisa ngecek jawaban dengan kunci jawaban ataupun dengan membaca buku lagi. Jika ada soal yang tak bisa diecahkan, ajak teman untuk berdiskusi dan sama-sama memecahkan soal tersebut. Biasakan juga jangan copas hasil tugas teman. Ketika kamu mengerjakan tugas sendiri, membaca buku, di situlah kamu belajar.

 

Pergi Ke Perpustakaan

Rajin ke perpustakaan. (Sumber:)
Rajin ke perpustakaan. (Sumber:Photo Credit: UBC Library via Compfight cc)

Cara efektif lainnya adalah dengan pergi belajar ke Perpustakaan. Biasanya di tiap universitas bahkan fakultas selalu ada perpustakaan atau ruang baca khusus mahasiswanya. Di sana kamu bisa membaca buku dengan tenang. Semakin banyak referensi buku yang diaca, maka semakin luas pengetahuan yang bakal kamu dapatkan. Jangan lupa untuk meringkas materi-materi penting yang ada di buku. Ringkasan ini bisa dijadikan bahan untuk belajar di rumah.

Setiap orang memiliki kemampuan belajarnya sendiri-sendiri. Jika kamu termasuk mahasiswa yang tidak suka mendengarkan dan lebih suka membaca atau menulis, pergi ke perpustakaan adalah cara belajar efektif mahasiswa tanpa harus duduk di kelas.

Begitulah cara belajar efektif mahasiswa tanpa harus duduk di kelas menurut anakUI.com. Ya, ada banyak cara untuk belajar asalkan ada niat dan kemauan untuk belajar. Semoga sukses dan dapat dijadikan inspirasi untuk gaya belajar kamu, ya.

Sumber : 1 2


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
ilmanakbar

suka menulis dan berbagi. sudah lulus dari kampus. sudah tidak jomblo lagi, yeay! \^_^/

0 Comments

Leave a Reply