Cara menggunakan VPN yang Benar, Mudah, dan Aman

anakui.com – Sobat tidak memerlukan pengetahuan IT yang luas untuk mempelajari cara menggunakan VPN. Faktanya, sobat hanya membutuhkan beberapa langkah sederhana, mulai dari mendapatkan VPN hingga membuka blokir konten yang dibatasi secara geografis, meningkatkan privasi online, dan tetap aman saat melakukan torrent atau bermain game.

Tetapi jika masih merasa membutuhkan dukungan selama ini, kami siap membantu. Artikel ini akan menunjukkan cara menggunakan VPN untuk berbagai kebutuhan dan cara mengaturnya di perangkat apa pun. Untuk itu, kami menggunakan penyedia layanan VPN all-in-one yang andal, kaya fitur, dan mudah digunakan.

Cara Menggunakan VPN dengan Mudah

  1. Unduh VPN yang aman dan andal.
  2. Siapkan VPN di perangkat sobat.
  3. Sambungkan ke server VPN pilihan dan mulailah menjelajah dengan aman

Layanan VPN yang mudah digunakan

Jika tidak yakin VPN mana yang harus dipilih, inilah daftar penyedia terbaik dengan layanan berkualitas tinggi dan aplikasi ramah pengguna. Inilah yang telah kami uji dan pasti dapat direkomendasikan.

  1. NordVPN – Keseluruhan Layanan VPN Terbaik 2022
  2. Surfshark VPN – VPN Terbaik untuk Perangkat Tanpa Batas
  3. PureVPN – VPN Aman dengan Langganan Terjangkau

Cara Terbaik Menggunakan VPN

Orang menggunakan VPN untuk tujuan yang berbeda tergantung pada kebutuhan mereka. Inilah cara mendapatkan VPN terbaik jika tidak yakin apakah sobat membutuhkannya.

  • Tingkatkan privasi dan keamanan dengan VPN. Sobat dapat melindungi diri dari jaringan yang tidak dipercaya, menyembunyikan aktivitas penjelajahan, dan lainnya.
  • Gunakan VPN untuk streaming. VPN sangat bagus untuk membuka kunci layanan streaming seperti Netflix atau Hulu dan mengakses acara favorit Anda atau permainan olahraga seperti NFL.
  • Gunakan VPN untuk torrent. Tutupi alamat IP sobat dan hindari paparan saat mengunduh konten berhak cipta.
  • Gunakan VPN untuk kecepatan internet yang andal. ISP mungkin sengaja memperlambat Internet jika mengunduh file besar menggunakan banyak bandwidth. VPN dapat mencegah pelambatan ISP dengan membuat aktivitas tetap anonim.
  • Gunakan VPN untuk bermain game. Pilihan bagus untuk melindungi diri dari serangan pembalasan pesaing, tingkatkan ping, dan buka blokir game eksklusif.

Menggunakan VPN untuk Privasi dan Keamanan

VPN membantu melindungi diri dari jaringan yang tidak dapat diandalkan. Misalnya, jika menggunakan hotspot Wi-Fi gratis, sobat tidak dapat 100% yakin keamanannya. VPN menambah jaminan bahwa apa yang dilakukan di jaringan publik akan tetap bersifat pribadi.

VPN juga bagus dalam menyembunyikan aktivitas penelusuran. Beberapa pemerintah tidak menghormati privasi. Hal yang sama berlaku untuk beberapa ISP. VPN yang andal menyembunyikan aktivitas dari ISP atau pemerintah. Tidak ada log aktivitas yang ditautkan ke identitas asli.

Streaming dengan VPN

Salah satu penggunaan VPN yang paling umum adalah streaming. Ini karena sebagian besar platform streaming menawarkan konten yang berbeda untuk wilayah yang berbeda, tetapi beberapa opsi streaming tidak tersedia sepenuhnya di negara tertentu. Dari sudut pandang pengguna, ini sangat tidak adil.

Untungnya, masalah ini pun dapat diatasi dengan VPN streaming. Layanan VPN mengubah alamat IP untuk memalsukan lokasi yang sebenarnya dan mengelabui halaman streaming. Jadi, sobat dapat mengakses konten yang dibatasi secara geografis dari mana saja di dunia.

Namun, Netflix dan halaman lain terus berusaha mengidentifikasi alamat IP server VPN untuk memblokir lalu lintasnya. Ini membuatnya semakin sulit untuk mem-bypass pembatasan berbasis geo dengan VPN biasa.

Melakukan Torrent dengan VPN

Meskipun terlibat dalam aktivitas berbagi file peer-to-peer tidak ilegal, hal itu dapat menimbulkan ancaman tertentu. Untungnya, VPN terbaik untuk torrent dapat membantu sobat tetap terlindungi dengan memalsukan alamat IP.

Misalnya, jika tidak menyembunyikan alamat IP asli saat mengunduh konten berhak cipta, pemilik hak cipta dapat melacak dan mengambil tindakan hukum. Jadi, menggunakan VPN saat melakukan torrent pasti akan melindungi dari konsekuensi yang tidak diinginkan.

Menggunakan VPN Agar Bandwidth tidak Lambat

Jika ISP streaming atau bermain game dalam 4K, mahal untuk menyediakan koneksi berkecepatan tinggi kepada semua orang. Jadi meskipun menjanjikan bandwidth yang sama kepada semua orang, ISP akan mengurangi bandwidth saat mendeteksi aktivitas semacam itu.

VPN memungkinkan sobat untuk menyembunyikan aktivitas online dan menghentikan pelambatan ISP. Semua data yang berjalan antara server dan penerima atau data sobar dienkripsi dengan algoritme canggih.

Dengan cara ini, ISP tidak dapat membedakan antara streaming HD dan penelusuran web sederhana. Dan ilegal bagi ISP untuk memperlambat semua lalu lintas ke semua situs web, sehingga tidak memperlambat apa pun.

Gunakan VPN untuk Bermain Game

Memiliki salah satu VPN terbaik untuk bermain game memiliki banyak kegunaan. Pertama, fitur keamanan bawaan melindungi privasi dan menyembunyikan alamat IP asli. Ini akan menghindari serangan DDoS dari pemain pendendam yang baru saja sobat kalahkan.

Selain itu, beberapa game populer dibatasi wilayahnya dan hanya tersedia di wilayah tertentu. Jika bukan dari negara itu, VPN dapat mengubah lokasi virtual dan memberi alamat IP baru. Ini memungkinkan sobat melewati batasan berbasis lokasi dan membuka blokir game dari mana saja di dunia.

Menggunakan VPN dapat berdampak positif pada pengalaman bermain game dengan mengurangi kelambatan. Ini sangat berguna saat memainkan game yang sensitif terhadap waktu di mana setiap detik berharga. Penyedia terkemuka menggunakan protokol tunneling modern dan menawarkan kecepatan super cepat.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan VPN

Bahkan jika sobat sama sekali tidak memiliki pengetahuan tentang cara menggunakan VPN, kami berjanji tidak ada yang perlu ditakuti. Di bawah ini sobat akan menemukan panduan lengkap yang menunjukkan kepada sobat cara mendapatkan VPN, cara mengaturnya di perangkat, dan mulai menggunakannya.

1. Pilih VPN yang Tepat

Pertama, sobat harus memilih penyedia layanan VPN. Ada cukup banyak produk yang bisa digolongkan sebagai VPN terbaik saat ini. Tetapi meskipun semuanya mengenkripsi lalu lintas dan mengubah lokasi virtual, mereka juga memiliki fitur khusus aktivitas.

Jadi pertanyaan pentingnya adalah mana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Dalam hal ini, sobat perlu menentukan dengan jelas mengapa membutuhkan VPN. Apakah itu streaming, torrent, game, atau privasi online?

Setelah mengetahui jawabannya, sobat dapat dengan mudah melihat fitur, kecepatan, kemampuan membuka blokir, dan tindakan keamanan apa yang ditawarkan VPN dan memilih salah satu yang paling cocok.

Misalnya, jika memerlukan VPN untuk streaming, VPN itu harus memiliki armada server yang besar, kecepatan tinggi, dan dapat membuka blokir platform streaming paling populer.

Jika tujuan tetap sepenuhnya pribadi saat online dengan VPN, carilah enkripsi tingkat lanjut, kebijakan tanpa pencatatan yang ketat, dan fitur keamanan terbaik. Metode pemilihan yang sama dapat diterapkan saat memilih VPN untuk bermain game, torrent, dan tujuan lainnya.

2. Bayar Langganan VPN dan Daftar

Setelah memilih penyedia layanan VPN, sobat perlu membeli paket berlangganan sebelum dapat mulai menggunakan layanan tersebut. Sebagian besar penyedia menawarkan beberapa paket berdasarkan lama berlangganan (1 bulan, 1 tahun, atau 2 tahun).

Kami merekomendasikan memilih langganan terpanjang untuk mendapatkan harga terbaik. Umumnya, paket 2 tahun menawarkan penghematan terbesar, sehingga bisa mendapatkan layanan VPN dengan kualitas terbaik tanpa mengeluarkan banyak uang.

Memilih paket langganan akan membawa ke checkout tempat dapat memilih metode pembayaran. Membayar dengan kartu kredit seperti VISA, Mastercard atau American Express selalu menjadi pilihan.

Namun, beberapa penyedia VPN juga mendukung metode pembayaran alternatif seperti PayPal, Google Pay, AmazonPay, UnionPay, WebMoney, dan GiroPay. Lainnya juga menerima cryptocurrency seperti Bitcoin atau Ethereum.

Setelah pembayaran selesai, sobat harus mendaftar sebagai anggota. Proses ini mengharuskan sobat memberikan alamat email yang valid yang juga akan digunakan untuk masuk ke akun VPN.

3. Unduh Aplikasi VPN

Setelah menyelesaikan proses pembayaran dan pendaftaran, sobat sekarang dapat mengunduh aplikasi VPN di perangkat. Untuk menggunakannya di komputer Mac atau Windows, unduh aplikasi khusus dari situs web resmi VPN. Jika menggunakan hp, gunakan Google Play Store di Android atau Apple App Store di iOS.

Selain itu, beberapa penyedia layanan VPN menawarkan ekstensi browser untuk Chrome, Firefox, Edge, atau Opera. Sobat juga dapat mengunduh ekstensi VPN dari situs web resmi penyedia pilihan.

Setelah mengunduh aplikasi VPN atau menambahkan ekstensi, cukup buka aplikasi dan masuk dengan memberikan alamat email dan kata sandi.

4. Aktifkan VPN dan Mulai

Sebelum mulai menggunakan VPN, penting untuk memeriksa apakah parameter aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Berikut cara menyiapkan VPN.

  • Pilih protokol tunneling. Saat ini, protokol tunneling tercepat dan teraman adalah WireGuard. Kami selalu menyarankan untuk menggunakannya jika menginginkan kecepatan terbaik dan keamanan yang kuat. Namun, jika itu bukan pilihan, sobat juga bisa menggunakan OpenVPN. OpenVPN UDP memberikan kecepatan yang lebih baik dan varian TCP menjamin perlindungan yang lebih baik.
  • Periksa enkripsi. Sebagian besar VPN menggunakan enkripsi AES 256-bit secara default. Ini adalah standar industri dan menawarkan tingkat keamanan tertinggi, tetapi beberapa penyedia menawarkan beberapa penyesuaian. Misalnya, sobat dapat memilih antara versi 128-bit dan 256-bit, mode CBC atau GCM, dan jika keamanan adalah prioritas utama, AES-256-GCM adalah pilihan yang sangat baik.
  • Nyalakan tombol pemutus. Fitur ini menghentikan semua lalu lintas internet jika koneksi VPN terputus bahkan untuk beberapa detik. Dengan cara ini data tidak akan terekspos ke pihak ketiga. Tombol pemutus juga menyembunyikan alamat IP asli setiap saat, yang berguna saat streaming konten yang dibatasi secara geografis.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan tunneling terpisah. Jika ingin menggunakan koneksi VPN yang aman hanya untuk aplikasi atau situs web tertentu, sobat perlu menggunakan fitur tunneling terpisah. Misalnya, sobat dapat mengatur VPN untuk mengenkripsi lalu lintas saat mengakses aplikasi mobile banking, tetapi tetap menggunakan koneksi Internet biasa saat menjelajah.

Setelah pengaturan VPN selesai, sobat dapat mulai menggunakannya. Yang harus dilakukan adalah memilih server di lokasi pilihan dan membuat koneksi. Sobat kemudian akan diberi alamat IP baru di negara itu dan diamankan dengan enkripsi yang kuat.

Bisakah Menggunakan VPN di Semua Perangkat?

Apa pun jenis perangkat yang digunakan, sebagian besar dapat diatur sebagai VPN. Ini karena sebagian besar layanan VPN menawarkan aplikasi khusus untuk sistem operasi Windows, Mac, Linux, Android, dan iOS. Yang mengatakan, VPN yang dipilih harus bekerja dengan sempurna di desktop dan perangkat seluler.

Sobat juga dapat menggunakan VPN yang cocok untuk banyak perangkat dengan gadget streaming. Ini termasuk TV Android, perangkat Amazon Fire TV, Kodi, Roku, dan banyak lagi.

Cara Menggunakan VPN di Laptop (Windows, Mac)

Melindungi aktivitas online dengan VPN di komputer adalah proses yang sederhana. Setelah memilih aplikasi VPN untuk Mac atau VPN untuk Windows, inilah cara untuk mulai menggunakannya.

  1. Unduh VPN yang andal. Kami merekomendasikan ExpressVPN, yang sangat mudah digunakan untuk Windows dan Mac.
  2. Instal aplikasi VPN di laptop.
  3. Hubungkan ke server pilihan.
  4. Sekarang sobat dapat mulai menjelajah dengan aman.

Cara Menggunakan VPN di HP

VPN memudahkan untuk tetap aman saat menjelajah di hp. Untuk melakukannya, pilih VPN yang kompatibel dengan perangkat Android Anda atau VPN untuk iOS. Hal ini karena agar bisa membedakan cara menggunakan vpn di iPhone dan perangkat android. Kemudian sobat tinggal ikuti langkah berikut:

  1. Unduh VPN yang berfungsi di perangkat seluler
  2. Instal aplikasi VPN di hp.
  3. Sambungkan ke server di lokasi pilihan.
  4. Jelajahi internet dengan aman saat bepergian.

Cara Menggunakan VPN untuk Nonton

Bergantung pada perangkat, pengaturannya berbeda, tetapi sobat juga dapat menggunakan VPN di perangkat streaming. Beberapa memiliki aplikasi khusus yang dapat diunduh dari toko, sementara yang lain memerlukan perangkat perantara seperti router.

  1. Pilih VPN yang berfungsi dengan router.
  2. Instal VPN dan sambungkan ke router Wi-Fi.
  3. Hubungkan ke server pilihan.
  4. Nikmati privasi dan keamanan yang disediakan oleh VPN

Sekarang, jika cenderung menggunakan banyak perangkat secara bersamaan (atau jika ingin berbagi langganan dengan anggota keluarga), sobat harus mempertimbangkan untuk membeli VPN yang memungkinkan beberapa koneksi secara bersamaan.

Dalam kebanyakan kasus, 5 disediakan, tetapi beberapa VPN (mis. Surfshark) sama sekali tidak membatasi jumlah koneksi bersamaan. Sobat juga dapat menginstal VPN langsung di router.

Dengan cara ini, semua perangkat yang terhubung ke router akan menggunakan koneksi VPN, termasuk perangkat yang tidak mendukung VPN sendiri. Beberapa VPN router menawarkan firmware router khusus untuk mempermudah proses instalasi.

Terakhir, beberapa penyedia VPN membantu meningkatkan pengalaman streaming dengan memungkinkan menonton konten yang diblokir secara geografis di smart TV dan konsol game. Ini dilakukan dengan bantuan SmartDNS.

Mengapa Harus Menggunakan VPN?

Mencari tahu cara menggunakan VPN bisa sangat berguna. Alasan paling umum untuk mendapatkan layanan ini adalah:

  1. Kehidupan Online yang Aman. Jika sobat seorang pekerja lepas atau seorang musafir, bekerja di bandara atau kafe mungkin menjadi rutinitas harian. Namun, dalam banyak kasus, Wi-Fi publik tidak terenkripsi, menjadikannya harta karun bagi penjahat dunia maya yang menyamar untuk mencuri informasi pribadi. VPN yang aman melindungi dari ancaman ini dengan mengenkripsi data.
  2. Buka blokir situs web. Jadi Omegle telah memblokir alamat IP atau tidak dapat mengakses platform media sosial umum di tempat kerja. Untungnya, VPN dapat membantu mengatasi masalah ini dan membuka blokir situs web dengan memberi alamat IP yang berbeda.
  3. Abaikan sensor. Bukan rahasia lagi bahwa negara-negara seperti Cina, Rusia, dan Mesir memiliki undang-undang sensor internet yang sangat ketat. Ini memengaruhi tidak hanya penduduk, tetapi juga jurnalis dan pelancong. Berkat server yang dikaburkan (dan kadang-kadang proxy Shadowsocks), beberapa layanan VPN dapat melewati sensor ini.
  4. Tonton konten yang diblokir secara geografis. Pernahkah merasa frustrasi karena perpustakaan Netflix tidak memiliki film atau acara tertentu yang tersedia di belahan dunia lain? Jangan khawatir. Sobat dapat mengubah wilayah Netflix dengan VPN. Dengan memberikan alamat IP dari negara lain, sobat dapat mengelabui Netflix, Hulu, atau YouTube dengan menganggap lalu lintas berasal dari negara lain.
  5. Akses aman ke Dark Web. Berlawanan dengan kepercayaan populer, menjelajahi Dark web tidak menjadikan sobat seorang penjahat. Ini berarti sobat mengakses konten yang tidak tersedia di browser biasa. Namun, melakukan hal itu masih sedikit berisiko, dan menggunakan VPN untuk lapisan keamanan ekstra akan mengurangi peluang mendapat masalah.

VPN Gratis vs Berbayar

Kami menganjurkan agar sobat selalu mengaktifkan tombol pemutus. Ini akan mematikan internet setiap kali koneksi ke server VPN terputus. Ini akan melindungi keamanan online dari kebocoran alamat IP yang tidak disengaja.

Menemukan VPN gratis yang aman adalah seni tersendiri. Seperti yang sobat lihat, sebagian besar layanan VPN gratis bisa menjadi satu atau dua ancaman. Misalnya, mengunduh program gratis yang tidak diketahui dapat membocorkan data pribadi.

Dalam kasus yang kurang serius, sobat mungkin dibombardir dengan iklan yang mengganggu (atau benar-benar berbahaya) setiap kali online. Pada catatan yang lebih positif, ada beberapa merek VPN andal yang akan membuat sobat tetap anonim secara gratis.

AtlasVPN dan ProtonVPN adalah contoh yang bagus karena mereka dengan murah hati menawarkan bandwidth tak terbatas. Namun, sobat harus berlangganan versi berbayar untuk membuka kunci daftar negara lengkap dan sebagian besar fitur khusus.

Jadi, taruhan terbaik adalah menggunakan VPN premium sejak awal. Ini kaya fitur dan cocok untuk banyak kasus penggunaan VPN seperti streaming, torrent, dan keamanan. Beberapa di antaranya bahkan memiliki uji coba gratis yang bisa digunakan untuk mendapatkan layanan VPN kualitas tertinggi secara gratis.

Kesimpulan

VPN adalah alat yang berguna untuk meningkatkan keamanan online, mengakses konten yang dibatasi secara geografis, melakukan torrent dengan aman, dan banyak lagi. Ini mungkin memerlukan beberapa pengetahuan TI tingkat lanjut, tetapi mempelajari cara menggunakan VPN dan mengaturnya di perangkat cukup sederhana.

Penyedia layanan VPN terkemuka menawarkan aplikasi ramah pengguna yang bekerja dengan sebagian besar sistem operasi populer dan sangat mudah digunakan. Yang harus dilakukan adalah dengan hati-hati memilih VPN yang sesuai dengan kebutuhan, mengunduh aplikasi khusus untuk perangkat, dan terhubung ke server di lokasi pilihan.

Selama pengujian kami, NordVPN adalah yang paling mudah disiapkan dan digunakan di perangkat seluler, desktop, dan streaming. Ini juga sangat kaya fitur dan cocok untuk semua jenis aktivitas: torrent, keamanan online, streaming, bermain game, dan banyak lagi. Jika tidak yakin VPN mana yang harus dipilih, kami merekomendasikannya.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering kami temukan perihal cara menggunakan VPN.

Apa itu VPN dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

VPN adalah layanan yang dapat membantu mengamankan koneksi internet dan meningkatkan privasi dan keamanan. Juga berguna untuk streaming, torrent, bermain game, dan aktivitas online lainnya. Cukup unduh aplikasi VPN di perangkat, sambungkan ke server, dan selesai.

Bisakah Terlacak Jika Menggunakan VPN?

Jika menggunakan VPN yang bereputasi baik, alamat IP dan informasi pribadi tidak akan terlacak berkat enkripsi tingkat militer dan protokol tunneling yang aman. Namun, beberapa situs mungkin mengetahui bahwa sobat menggunakan VPN.

Apa Kerugian Menggunakan VPN?

VPN mana pun yang digunakan akan memperlambat koneksi. Selain itu, beberapa situs mungkin memblokir lalu lintas VPN secara umum.

Apakah Buruk Menggunakan VPN?

Tidak, VPN sepenuhnya legal di sebagian besar negara, jadi tidak ada hal buruk yang dapat terjadi dengan VPN. Namun, negara-negara tertentu seperti Rusia, Belarusia, dan Korea Utara telah sepenuhnya melarang penggunaan VPN.

Bagaimana Cara Menggunakan VPN Gratis?

VPN gratis terbaik adalah ProtonVPN dan Atlas VPN. Yang pertama menawarkan data dan bandwidth tidak terbatas, sedangkan yang terakhir menawarkan kecepatan dan keamanan yang luar biasa. Alternatifnya, sebagian besar VPN memiliki jaminan uang kembali 30 hari sehingga bisa mencoba layanan mereka secara gratis.

Berapa Biaya untuk Menggunakan VPN?

Harga berlangganan VPN berkisar dari Rp. 30 ribuan hingga Rp. 120 ribuan per bulan, tergantung pada penyedia dan paket yang dipilih. Kami selalu merekomendasikan langganan yang lebih lama untuk penghematan terbaik. Misalnya, paket 2 tahun NordVPN hanya berharga Rp. 45 ribuan ​​per bulan.

Leave a Comment

error: This content is protected by the DMCA