Cara Menjaga Kesuburan Sperma

anakui.com – Berbicara mengenai cara Menjaga Kesuburan Sperma masih sangat sedikit ketimbang pembahasan tentang kesuburan wanita, mulai dari faktor yang mempengaruhi kesuburan, ovulasi, serta cara meningkatkan kesehatan kesuburan wanita. Kemudian bagaimana dengan kesuburan pria?

Tips mudah Menjaga Kesuburan Sperma :

  1. Kenakan pakaian dalam yang longgar

Sebuah penelitian melaporkan bahwa pria yang sering memakai celana boxer memiliki konsentrasi sperma, jumlah sperma total dan jumlah sperma bergerak lebih tinggi dibanding pria yang mengenakan pakaian dalam ketat.

Sel kuman butuh waktu dua setengah bulan untuk matang menjadi sel sperma yang mampu membuahi sel telur. Mengenakan pakaian longgar secara teratur dalam waktu lama dapat mencegah kerusakan sel spermanya ketika matang dan bisa Menjaga Kesuburan Sperma.

  1. Menjaga suhu area testis

Testis berada di luar tubuh karena testis sangat sensitif terhadap panas. Dan peran utama skrotum adalah mengatur panas dan faktor luar dapat mempengaruhi suhu testis.

Jaga suhu testis dengan memperhatikan pemilihan celana longgar, cara duduk (tidak menyilangkan kaki), pola kerja, termasuk tidak meletakkan laptop langsung di pangkuan. Menjaga area testis pada suhu optimal membantu anda meningkatkan produksi sperma.

  1. Perhatikan konsumsi alkohol, obat-obatan, dan rokok

Mengkonsumsi alkohol berlebihan berdampak negatif pada kualitas sperma. Dan hasil penelitian menyebutkan bahwa merokok berdampak negatif pada produksi sperma. Maka berhenti meroko dapat Menjaga Kesuburan Sperma.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penggunaan ganja juga sangat berkaitan dengan penurunan jumlah dan konsentrasi sperma, perubahan morfologis serta penurunan motilitas dan viabilitas pada sperma.

  1. Konsultasikan obat yang dikonsumsi

Bicarakan dengan dokter resep obat yang akan dikonsumsi karena beberapa obat dapat mempengaruhi kesehatan sperma dan kesuburan anda.

  1. Carilah cara mengurangi stres

Kondisi stres dapat menurunkan kualitas sperma. Maka hindari stres dengan mencari kegiatan alternatif, misalnya dengan olahraga, melatih kesadaran, yoga, meditasi, dll.

  1. Biasakan gaya hidup sehat

Penelitian menunjukkan bahwa obesitas berdampak buruk pada kesuburan pria, tapi itu dapat dipulihkan dengan diet yang seimbang dan sehat sehingga kualitas sperma tetap baik.

Bisa juga dengan mengkonsumsi vitamin kesuburan. Jadi bicarakan dengan penyedia layanan kesehatan untuk mendapatkan rekomendasi Menjaga Kesuburan Sperma.

Leave a Comment