Kehidupan perkuliahan terkadang bisa terasa sangat membosankan. Dari mentari terbit hingga tenggelam, yang kamu lakukan di kampus segede Universitas Indonesia gak mungkin cuma kupu-kupu a.k.a kuliah-pulang-kuliah-pulang. Well, mungkin sebagian dari kita melakukannya, namun menambahkan sedikit kegiatan ekstra seperti mengikuti UKM, berbisnis kecil-kecilan, atau melakukan hobi lain di luar jam kuliah ternyata bisa terasa menyenangkan dan menambah manfaat tersendiri.

Selain menambah pengetahuan dibidang lain dan melatih kemampuan jiwa dan raga kamu, melakukan kegiatan ekstra di luar perkuliahan juga bisa membuatmu semakin gaul karena lingkungan sosial dan pertemanan kamu tentunya gak 4L a.k.a lo-lagi-lo-lagi. Bahkan, ehm, siapa tahu kamu bisa memperbesar peluangmu untuk mendapatkan teman hidup di masa perkuliahan.

Apa saja hobi atau kegiatan ekstra yang dapat memberikan manfaat positif di luar jam perkuliahan? Berikut beberapa pilihan terbaik dari kami.

BACA JUGA: 5 Kelakuan Canggung yang Biasa Dirasakan Saat Kamu Baru Berstatus Mahasiswa UI

Berhubungan dengan Atletis

Bidang olahraga melatih daya konsentrasi dan menjaga pikiranmu tetap sportif via andiauliar

Bidang olahraga melatih daya konsentrasi dan menjaga pikiranmu tetap sportif via andiauliar

Melakukan olahraga yang menyenangkan seperti sepak bola, basket,  atau bahkan bersepeda tidak hanya dapat membuat tubuhmu tetap bugar, namun juga melatih daya konsentrasi dan menjaga pikiranmu tetap sportif dan menghargai kemampuan orang lain.

Dalam olahraga bela diri misalnya, kamu tidak hanya akan belajar memahami bagaimana meningkatkan kemampuan diri namun juga belajar bagaimana mengenal lawan mainmu yang bisa saja sewaktu-waktu menjadi partnermu.

advertisement

Jika kamu terlatih dalam bekerja sama secara tim dan mampu menorehkan prestasi di bidang olahraga, tentunya kampus pun tidak akan segan merekomendasikan kamu untuk mewakili The Yellow Jacket di ajang-ajang tertentu. Hal ini tentu, membuat kita melihat olahraga bukan sekadar hobi atau kegiatan ekstra yang bisa dipandang sebelah mata, if we do it passionate enough, who knows what comes next?

 

Berhubungan dengan Seni

Ada banyak UKM dan komunitas yang berhubungan dengan kesenian via fesbudui

Ada banyak UKM dan komunitas yang berhubungan dengan kesenian via fesbudui

Jika kamu merasa dirimu karakter yang agak-agak insecure, demen puisi-puisinya Rangga di AADC, lalu terpengaruh dengan segala penggalan kata per kata dalam buku Bumi Manusia-nya Om Pram, mungkin seni sudah mengalir dalam buliran darahmu.

If you can do sketch, draw, write, dance, sing, take a picture, creating something unique and other stuff, melakukan kegiatan ekstra yang berhubungan dengan kesenanganmu ini tentu dapat menjadi alternatif pilihan yang dapat membuatmu mengasah kemampuanmu hingga semakin jadi. Plus, it can give you something to do better than your homework!

Ada banyak UKM dan komunitas yang berhubungan dengan kesenian yang mungkin saja sesuai dengan kemampuanmu di lingkungan kampus. Namun, jika kamu memiliki hobi seni yang sangat anti mainstream dan belum kamu temukan UKM atau komunitasnya di lingkungan kampus – Street Artist atau Graffiti misalnya – Why don’t we make one?

Melakukan hobi sendiri memang terasa menyenangkan, namun jika dilakukan bersama-sama tentunya kita pun dapat belajar sesuatu yang baru dari orang lain yang belum kita kenal sama sekali. So, why not?

advertisement

 

Berhubungan dengan Bisnis

Kamu dapat mempelajari hal-hal yang tak terbayangkan sebelumnya saat kamu menjalani bisnis via teropongbisnis

Kamu dapat mempelajari hal-hal yang tak terbayangkan sebelumnya saat kamu menjalani bisnis via teropongbisnis

Jika kamu merasa bisnis adalah sesuatu yang bisa kamu kuasai, why not join the odds and find new challenges?

Melakukan sesuatu yang berhubungan dengan bisnis, entah itu kamu buka lapak di kampus, ikut komunitas atau UKM tertentu yang relevan, atau sekadar mengikuti kelas-kelas seminar bisnis tertentu tak hanya dapat membuatmu semakin tau darimana saja sumber-sumber uang itu berasal, tapi juga melatih mengolah segala sesuatunya menjadi produk yang tak hanya disukai namun juga dibutuhkan oleh pasar.

Dengan begini, tentunya produktivitas kamu dalam berkegiatan di kampus pun semakin meningkat. Kamu pun dapat mempelajari hal-hal yang tak terbayangkan sebelumnya saat kamu menjalani bisnis di luar jam perkuliahan.

Apa pun bisnis yang coba kamu jalankan, pastikan kamu sangat menyukainya sehingga kamu tidak merasa bosan dan lelah saat mengerjakannya. Jika kamu melakukannya dengan baik, siapa tahu, usai kuliah bisnismu semakin dapat dikembangkan atau, kami di hire oleh perusahaan tertentu karena bakatmu yang sudah terlatih dengan matang.

Do what you’re interested in or what you’d like to do forever, but make it constructive and your future-self will thank you.

 

Berhubungan dengan Sosial

Jadi volunteer dapat melatih kepekaan kita terhadap permasalahan sosial via peacecorpssoutheast

Jadi volunteer dapat melatih kepekaan kita terhadap permasalahan sosial via peacecorpssoutheast

Melakukan sesuatu yang berhubungan dengan volunteerism, kegiatan amal, dan social services tidak hanya dapat membuat kesehatan mentalmu terjaga dengan baik, namun juga dapat melatih kepekaan kita terhadap permasalahan sosial yang terjadi di lingkungan sekitar.

Not only will you be helping someone else and making a difference, but you can also enjoy time with new friends and add your skills and experience to your resume later.

Melakukan kegiatan sosial juga melatihmu untuk jeli melihat solusi yang tidak hanya berisi janji-janji namun juga aplikatif dan mudah diimplementasikan di lapangan. Dengan kondisi budget yang selalu terbatas, kamu pun menjadi terlatih untuk membuat kegiatan yang efektif, efisien, dan impactful bagi lingkungan yang kamu perbantukan.

Masih ada banyak lagi ragam kegiatan ekstra yang dapat kamu lakukan di luar jam perkuliahan. Tak sedikit darinya yang bisa kamu lakukan sendiri, maupun secara bersama-sama. Apa pun pilihanmu, tentunya kegiatan ini dapat membuatmu menjadi orang yang berbeda setelah kamu menyelesaikan kuliahmu kelak.

Entah kamu termasuk orang yang introvert, ekstrovert, atau diantara keduanya, melalui hobi, kamu dapat meningkatkan kemampuanmu dalam bersosialisasi, bertemu orang baru dan belajar sesuatu yang baru dan menjadi dirimu yang baru.

As a college student, traveling, partying, and Sunday brunches will give you the memories and friendships you will cherish for years to come.

Mungkin tak sedikit di antara kita yang berusaha keras di masa perkuliahannya untuk mencari tahu jati dirinya dan apa yang bisa ia lakukan untuk masyarakat. Melalui hobi, membentuk karakter diri bukanlah sesuatu hal yang terasa berat untuk dijalankan. Malah, menjalani hal yang kamu sukai atau baru kamu sukai dapat membuat kita menjadi diri sendiri tanpa kita sadari.



[reaction_buttons]