Cerita tentang Proses Registrasi Awal Masuk UI (tahun 2010)


0

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

Sebelumnya ane ucapkan.. SELAMAT MENJADI MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA..

Kenalin, ane Wahyu Ramdhan Wijanarko, jurusan kessos 2010..

Pengen cerita – cerita tentang Registrasi Mahasiswa Baru aka Daftar Ulang, sebelumnya ane mohon maaf klo infonya mungkin banyak yang ga lengkap,soalnya hanya berdasarkan ingatan aja. entah tahun ini bakal sama atau beda cara registrasinya.

Pas bulan mei 2010,  SIMAK UI diumumkan,dapet pilihan pertama setelah baca2 websitenya UI, mulai riweh dah ngisi BOPB (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan),lalu curhat di FB.. haha.. link

Ane harapkan semuanya ikut BOPB, itu hak teman2 sih, mekanisme pembayaran aja.. ane download dah tuh semua berkas,nyiap2in berkasnya, truz dikasih ke PPMT (Pusat Pelayanan Mahasiswa Terpadu) sesuai jadwal yang berlaku, selang beberapa hari ane bayar uang kuliah yang udah sesuai BOPB ,lumayan ada pengurangan biaya 🙂

Anggeplah semua berkas udah terkumpul.. trus udah ada jadwal buat registrasi ulang.. Bingung kah?.. Jujur dulu ane bingung,bakal ngapaian aja, bawa apa aja, pake baju apa..

  • Selesaikan dulu semua berkas, setidaknya 3 hari sebelum registrasi.

Pas tahun 2010, yang harus dilengkapi itu klo ga salah

  1. Kartu tanda peserta ujian (buat yg snmptn/simak)
  2. Surat pernyataan ditandatangani meterai
  3. Fotokopi ijazah/surat tanda lulus dilegalisir
  4. Fotokopi rapor kelas 3 dilegalisir
  5. Fotokopi akte kelahiran
  6. Fotokopi bukti bayar (klo yang dari atm, kertas kecilnya itu di fotokopi)

Kelengkapan ini dimasukin dalam MAP,klo bisa dimasukin dalam plastik fotokopian, soalnya takut pada jatohan,jangan lupa siapin meterai 6.000, lem/double tip, pulpen, foto 2×3, 3×4, 4×6 beberapa buah, soalnya buat daftar2 kedepannya..

Nah, pas malem – malem sebelum registrasi di cek lagi, di list tuh berkas – berkasnya, takut ada yg terlewat. Siapin tas yang gede, soalnya ntar dibagiin jaket Alamater UI. Buat yang diluar Jakarta, udah mulai disiapkan mau nginep dimana pas 2 hari masa registrasi, soalnya pas 2010, buat yang IPS registrasi hari pertama, truz cek kesehatan di hari kedua. Repot kan kalo ga ada tempat nginep.

  • Hari ini hari Registrasi ulang,lalu harus gimana?

Intinya bangun PAGI, meskipun rumahnya tetanggaan sama UI.. soalnya ane memang anak Depok, tapi dulu dateng jam 7.30.. Wiih.. Ngantrinya panjang.. lalu jangan lupa Sarapan, plus bawa makanan berat,minuman, dan snack yang banyak.. haha soalnya pas registrasi kita ngantriiii panjang dan susah keluar Balairung buat beli makan.. Pakai pakaian yang sopan,kalo perlu pakai celana bahan item+kemeja putih+sepatu hitam.. haha

  • Udah sampai di Balairung UI, lalu gimana?

1. Cari barisan fakultasmu

2. Cari barisan jurusanmu.

klo dulu pas ane masuk, udah pada janjian sesama anak Kessos’10, semua pakai batik, jadi pas keriwehan situasi pembarisan, kita2 udah pada kenal. Dulu sempet juga salah nepokorang, kirain anak kessos,soalnya pake baju batik, ternyata bukan. Haha

3. Hafalin NPM mu dan selalu bawa Pulpen di kantong

Ini penting banget, soalnya kita beberapakali harusnulis absen nama+NPM+Jurusan+Fakultas. Kebayang kan,klo tiap mau nulis,harus buka2 catetan dulu, mana banyak yang ngantri dibelakang kita.

4. Selanjutnya kita memasuki Balairung.. Perjuangan baru dimulai..

  • Memasuki BALAIRUNG…. Di dalam ini ada banyak loket

Loket  1 – ini tempat pengambilan map (didalamnya ada beberapa kolom yang harus kita isi), disini kita menunjukkan kartu tanda peserta ujian (buat yg simak+snmptn ujian), menandatangani daftar hadir, mendapatkan MAP yang berisi :

  • Formulir surat pernyataan
  • Bukti penerimaan berkas
  • Tata alir dan denah registrasi
  • Jadwal kegiatan mahasiswa baru
  • Formulir pendaftaran ESQ165

Setelah itu kita duduk buat ngisi map tersebut :

  • Nulis nama,NPM, Program studi, dan fakultas kita pada depan map
  • Masukin berkas – berkas yang kita persiapkan sebelumnya kedalam map

Loket 2 – disini berkas – berkas kita di cek, ada bukti penerimaan berkasnya

Loket 3 – disini tempat ngukur jaket, disediain tuh jaket ukuran S, M, L, XL, LL.  Di coba – coba aja ukurannya, klo bisa yang ukurannya rada lebar, soalnya klo sempit ga enak buat ngangkat tangan pas lagi Aksi demonstrasi J

Loket 4 – tempat bikin KTM, disini kita di foto dan direkam sidik jarinya, saran ane jangan difoto disana,coz fotonya biasanya gelap/ngeblur,mending pake foto pendaftaran kita aja.

Loket 5 – Ini tempat penyerahan bukti berkas –berkas kita yang diloket 2 udah di kasih, disini juga bakal nerima bukti registrasi dan pasword SIAK-NG (pasword buat bisa login wifi UI.. hehe)

Loket 6 – tempat ngambil KTM(kartu tanda mahasiswa)

Loket 7 – ambil Jaket UI, ambil emblem menurut fakultas masing – masing.. btw udah hafal kan warna makaranya?.. klo FISIP warna Oranye..

SELESAI registrasi…..

Setelah itu pas keluar balairung kumpulin formulir pendaftaran ESQ 165 sama ada stand Asrama UI,buat yang rumahnya diluar jakarta boleh tuh daftar di asrama, tempatnya nyaman,murah lagi..

Beranjak dari situ kita dibarisin lagi sama panitia OKK (Orientasi Kehidupan Kampus) sama kakak-kakak yang baik – baik, disitu bakal dikasih tau tentang kegiatan orientasi kampus, tentang penugasannya, dan sebagainya.. nanti ketemu ane disini, soalnya ane jadi panitia OKK UI 2011

Bagi yang IPS, pas 2010 langsung ke stand fakultas masing –masing, truz pulang deh, besoknya baru tes kesehatan

Bagi yang IPA, saatnya menuju ke PKM (Pusat Kesehatan Mahasiswa)..

Sebelum ke PKM, siap2in dulu foto 2×3/3×4/4×6 beberapa buah (lupa ukuran fotonya) +lem,soalnya disana kita bikin kartu kesehatan gitu.

  • Nah,kita udah sampe PKM,harus ngapain lagi?
  1. Baris alias ngantri
  2. Nulis form kartu kesehatan, kumpulin, lalu nunggu dipanggil
  3. Test darah, ditetesin darahnya di sebuah alat ^.^
  4. Pengecekan tinggi badan dan berat
  5. Pengecekan tekanan darah dan detak jantung (dulu ane dapet dokter muda yang cantiik bgt, kyaknya pas itu detak jantung ane ga normal :p)
  6. Pengecekan riwayat penyakit, kita ditanya2in tentang penyakit kita
  7. Pengecekan mata
  8. Pengecekan mulut dan gigi

Selesai deh perjuangan registrasi kita… setelah dari PKM yang IPA menuju ke stand fakultas, disana kita bakal dikasih info2 tentang penyambutan mahasiswa baru di fakultas masing- masing

SELESAI DEH.. SAH JADI MAHASISWA UI 2011..

Ingat… ikuti semua kegiatan mahasiswa baru,mulai dari OKK UI (Orientasi tingkat UI) – ini sangat penting, teman – teman akan menjadi IKM Aktif – , ikutin PSAF (Orientasi tingkat fakultas), Orientasi Jurusan, latihan paduan suara, ikutin ESQ, kerjakan semua penugasannya..

Segitu dulu aja yah..

Nanti dilanjutin lagi. Semoga bermanfaat..

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Wahyu Ramdhan Wijanarko

Mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial, FISIP UI 2010

NPM.1006694271

Di share boleh asal tetap meyertakan nama ane , dikritisi boleh asal jangan pake kata – kata kasar


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
wahyuramdhan

7 Comments

Leave a Reply