Citizen Journalism, a Phenomenon


0

Citizen Journalism, sebuah fenomena di masyarakat yang makin lama makin meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi. Dengan berkembangnya citizen journalism ini, masyarakat jadi punya banyak alternatif  berita dan perspektif suatu hal dari berbagai pihak. Jadi ga cuma jurnalis profesional aja yang bisa memberikan berita. Masyarakat biasa juga bisa menjadi jurnalis dengan menulis blog atau memuat gambar di twitter yang kadang-kadang justru memuat kejadian yang gak terlacak oleh para jurnalis profesional. Contohnya aja waktu menteri sosial ditegur sama gubernur DKI Jakarta gara-gara mobilnya masuk ke jalur busway. Itu terjadi karena ada warga yang emang ngeliat kejadian tersebut terus nge-upload foto kejadian itu ke twitter.

Anyway, fenomena citizen journalism juga marak di UI. Hal ini bisa dibuktikan dengan banyaknya postingan mengenai berita, informasi, opini, serta publikasi kegiatan di anakUI.com. Memang gak bisa dipungkiri kalo keberadaan media kaya anakUI.com itu sangat penting bagi citizen journalism itu sendiri serta mahasiswa yang emang haus akan berita. Karena tanpa media tersebut, mahasiswa jadi gak bisa sharing berita, pendapat, dan yang paling penting mahasiwa jadi gak tau berita apa aja yang ada di sekitarnya. Kan gak lucu banget kalo anak UI tapi gak tau berita apa yang lagi update di UI.

Selain lewat website, anakUI.com juga mencoba lebih dekat dengan mahasiswa UI melalui twitter. Hal ini bisa memudahkan anggota komunitas anakUI.com (mengingat twitter lebih mobile) karena mereka gak perlu repot-repot buka laptop mereka dulu untuk ngeliat postingan berita yang ada di anakUI.com atau sekedar memberikan pendapat mereka mengenai postingan tersebut.

Akhir kata, kita sebagai mahasiswa dan masyarakat harus kritis sekaligus peka terhadap segala peristiwa di sekeliling kita dengan menjadi citizen journalism dan jangan lupa ramaikan anakUI.com dengan postingan serta berita-berita yang bermanfaat buat semuanya.

Lomba anakUI.com berhadiah tiket Jakarta FantastiKpop ini didukung oleh Plasa.com. Informasi tentang konser dan pembelian tiket konser Jakarta FantastiKpop bisa dilihat di website ini: http://ticket.plasa.com/fantastikpop. Ayo ajak teman-temanmu penggemar KPOP buat nonton bareng!


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
annisa.mutiafarha
Computer Science University of Indonesia ♡ Donghae's Wife ♡ Ever Lasting Friends (ELF) ♡ KPOP and KDRAMA lover ♡ addict to Super Junior

9 Comments

Leave a Reply

    1. Yup, bener banget nish, fenomena citizen journalism memang terasa banget manfaatnya Akses untuk berbagi informasi yang sangat mudah dijangkau sepertinya memang faktor penunjang fenomena ini.

      Anyway, nice posting nish! Keep posting yup!

  1. Wah saya juga sangat setuju dengan adanya citizen journalism karena menurut saya bila masyarakat yang langsung menulis berita maka isi beritanya akan lebih objektif sesuai kenyataan tidak subjektif dan hanya mementingkan kepentingan segolongan tertentu. Walaupun susunan katanya mungkin tidak sebaik wartawan profesional toh apa salahnya kan mencoba untuk menulis dengan banyak menulis nantinya maka kemampuan menulis kita pun meningkat setiap waktunya. Tentunya orang yang menulis berita di kolom citizen journalism tersebut dengan suka rela walaupun tidak dibayar untuk menyampaikan kebenaran yang ia ketahui karena tidak bisa dipungkiri berdasarkan pengalaman dari keluarga dan saudara saya sendiri bahwa masih banyak wartawan profesional di negeri ini yang nyata-nyatanya malah tidak profesional dan hanya menginginkan uang dari si subjek berita. Jadi pada akhirnya bukan kebenaran yang disampaikan, melainkan siapa yang memberi uang paling banyak yang akan dibenarkan.

  2. citizen journalism menunjukkan kalo sekarang ini masyarakat semakin bebas untuk mengeluarkan pendapatnya. Jadi ga perlu jadi reporter di stasiun tv untuk bisa melaporkan suatu kejadian.
    Keuntungannya mungkin berita yang didapat lebih objektif dan murni mewakili pandangan masyarakat itu sendiri, tanpa ada embel-embel kepentingan segolongan orang tertentu.
    Media massa sekarang juga mendukung keberadaan citizen journalism ini sebagai salah satu cara masyarakat menyalurkan aspirasinya. Mudah2an ke depannya citizen journalism dapat berkembang dan semoga orang2 di atas sana mau memperhatikan berita2 yang diperoleh sehingga indonesia bisa jadi lebih baik 😀