Review Cleer Enduro ANC: Headphone Murah Terbaik

anakui.com – Headphone ANC ini merupakan penawaran langka dengan masa pakai baterai yang luar biasa. Peredam bising yang efektif dari Cleer Enduro ANC, masa pakai baterai yang hebat, dan harga yang sangat terjangkau menjadikannya salah satu headphone terbaik saat ini.

Spesifikasi Cleer Enduro ANC

Spesifikasi
Dimensi dan Berat: 7 x 6,6 x 3 inci; 10,6 ons
Masa Pakai Baterai (Terukur): Hingga 60 jam
Jangkauan Bluetooth: 30 kaki
ANC: ya

Kelebihan

  • + Lebih murah untuk headphone +ANC
  • + Masa pakai baterai terbaik
  • + Kualitas suara yang menggelegar
  • + Aplikasi bagus

Kekurangan

  • – Bisa jadi lebih nyaman.
  • – Mikrofon ANC mengambil suara angin.

Cleer Enduro ANC adalah salah satu kejutan menyenangkan yang langka di dunia teknologi. Bukan karena mereka tidak memiliki silsilah pabrikan. Cleer adalah seorang veteran audio.

Tetapi karena Enduro ANC adalah set kaleng over-ear seharga Rp. 2,2 jutaan yang, meskipun harganya murah, adalah salah satu headphone peredam bising terbaik yang dapat dibeli.

Sony WH-1000XM4 tidak mungkin goyah di penutup telinga. Tetapi kualitas suara, efektivitas ANC, dan terutama masa pakai baterai cukup untuk membuat upaya Cleer sepadan dengan uangnya. Teruslah membaca ulasan Cleer Enduro ANC kami untuk putusan lengkapnya.

The Cleer Enduro ANC juga tampil bagus di kategori audio Tom’s Guide Awards 2021. Selain penghargaan Best Battery Life Headphones, mereka juga menerima penghargaan Highly Recommended untuk Best Noise Cancelling Headphones dan Best Over-Ear Headphones. menghadiahkan.

Harga dan Ketersediaan

Enduro ANC tersedia dari Cleer sendiri, selain Amazon, B&H dan Crutchfield. Harapkan untuk membayar MSRP Rp. 2,2 jutaan standar ke mana pun sobat melihat. Atau dengan kata lain, ukurannya 1/3 dari Apple AirPods Max.

Menariknya, persis seperti yang sobat bayarkan untuk Urbanista Miami, headphone peredam bising lainnya dengan jaminan masa pakai baterai. Enduro ANC tidak cocok dengan banyak skema warna Miami, tetapi kami memiliki setidaknya dua pilihan. Biru tua dengan highlight emas atau abu-abu muda dengan highlight perak.

Desain Cleer Enduro ANC

Secara estetika, Enduro ANC tepat sasaran. Secara pribadi, kami bukan penggemar warna tanah yang dipilih untuk bantalan ikat kepala dan penutup telinga pada model angkatan laut, tetapi warna birunya sendiri terlihat bagus. Kami terutama menyukai dekorasi emas yang bergaya.

Dan meski terbuat dari satu ton plastik, lapisan matte-nya memungkinkannya menembus aluminium dari kejauhan. Sedikit lebih praktis daripada Urbanista Miami. Ini sedikit lebih ringan dan bisa dilipat rata, sehingga lebih mudah untuk diangkut atau disimpan. Miami tidak bisa melakukan itu.

Manfaat Miami datang dengan tas jinjing yang berlawanan dengan tas jinjing kanvas Enduro ANC. Tetapi setidaknya itu adalah bagian dari paket aksesori yang layak yang mencakup kabel pengisi daya, kabel 3,5 mm yang dapat dilepas, dan adaptor penerbangan.

Kenyaman dan Kesesuaian

Untungnya, Enduro ANC tidak hanya lebih dapat dikemas daripada Miami, tetapi juga tidak terlalu ketat di kepala. Hal ini memungkinkan pemasangan yang lebih nyaman dengan ikat kepala yang mudah disesuaikan dan penutup telinga yang dapat diputar.

Konon, Enduro ANC tidak memiliki desain yang lapang seperti Bose QuietComfort 35 II. Kami tidak berpikir ada lug yang sangat signifikan, tetapi penutup telinga Enduro ANC masih berayun di garis antara nyaman dan sempit, dan bantalan kulit imitasi tidak terlalu bernapas.

Ketika melepas Enduro ANC setelah mendengarkan musik selama dua jam, kami merasa lega, meskipun tidak sepenuhnya tidak nyaman atau menyakitkan.

Kontrol dan Pengaturan

Cleer memilih pengaturan empat tombol sederhana pada Enduro ANC. Tapi itu cukup fleksibel. Tombol daya menggabungkan kontrol putar/jeda, jawab/tolak/akhiri, dan lewati trek sekaligus, tergantung berapa kali menekannya secara berurutan.

Tombol ANC multifungsi dan dapat memanggil Google Assistant atau Siri dan menggilir melalui mode ANC dan ambient. Menekan lama pada yang terakhir mengaktifkan “mode bicara”, yang menempatkan sobat ke mode siaga selama menahannya.

Ini adalah fitur yang sangat berguna ketika tiba-tiba perlu mendengarkan sesuatu untuk sesaat dan butuh waktu terlalu lama untuk menggilir mode suara secara manual. Ini membisukan pemutaran musik saat aktif. Tetapi Mode Percakapan tidak sepenuhnya menjeda trek, jadi mungkin harus melompat mundur sedikit jika melewatkan bagian yang bagus.

Proses pemasangan Bluetooth dimulai segera setelah menyalakan Enduro ANC untuk pertama kali dan sangat sederhana. Terutama jika dapat memanfaatkan Google Fast Pair 2.0 (lihat bagian “Aplikasi dan Fitur” di bawah).

Atau untuk manfaat tambahan membuka kunci kompatibilitas audio Hi-Res dengan mencolokkan kabel USB-C ke 3,5mm yang disertakan. Enduro ANC tidak dapat menangani pemutaran lossless secara nirkabel, tetapi mendukung codec Adaptive aptX, salah satu standar Bluetooth dengan kualitas lebih baik.

Kualitas Suara Cleer Enduro ANC

Enduro ANC sebenarnya berbagi panggung suara dengan Urbanista Miami pada umumnya. Keduanya memiliki suara bass yang berat, tetapi tidak terlalu banyak sehingga mid dan high berguling.

Hasilnya adalah sepasang headphone yang terdengar menyenangkan yang menciptakan rasa kedalaman yang sangat memuaskan, tidak murahan. “Boilermaker” milik Royal Blood menunjukkan manfaat dari profil suara ini untuk lagu-lagu rock.

Sedangkan double bass brilian pada “Blue Moon” milik Billie Holiday melakukan hal yang sama untuk musik yang lebih jazzy.

Synth berlapis yang tak terhitung jumlahnya ditampilkan pada “Turbo Killer” elektronik gelap milik Carpenter Brut memamerkan keserbagunaan Enduro ANC, bertransisi dengan mulus antara riff balap di trek dan rem lebar yang terinspirasi organ gereja.

Tentu saja, kami tidak dapat mendengar banyak perbedaan antara lagu Tidal berkualitas master melalui koneksi kabel dan lagu Spotify yang hilang melalui Bluetooth. Jadi, jika sobat seorang audiophile Hi-Res, ada baiknya membayar lebih untuk headphone kelas atas.

Namun Enduro ANC tidak memiliki kelemahan tajam. Tidak ada panggung suara yang sempit, tidak ada nada rendah yang teredam, tidak ada retakan di sekitar frekuensi tinggi. Ini akan menjadi headphone yang bagus seharga Rp. 2,2 jutaan, bahkan tanpa ANC.

Pembatalan Kebisingan Aktif

Tetap saja, ANC adalah tambahan yang bagus. Di dalam ruangan, kipas knalpot dapur sangat sunyi, dan saat saya memutar musik, saya bahkan tidak dapat mendengar bunyi klik keyboard mekanis. Selain membuat TV terdengar sedikit lebih pelan, itu tidak terlalu efektif.

tetapi itu tidak mengherankan karena sebagian besar teknologi ANC headphone peredam bising sering kali mengalami suara yang tidak koheren seperti kuda. Di luar ruangan, peredam bising Cleer terbukti efektif melawan mobil dan kereta yang lewat. Dan mode ambient bahkan lebih baik.

Mikrofon menangkap suara dengan mudah dan meninggalkan kebisingan latar belakang yang tidak diinginkan, seperti unit AC, di latar belakang. Beberapa headphone ANC yang lebih murah menggunakan mode transparansi untuk memperkuat suara apa pun, tetapi ANC Enduro benar-benar menangani apa yang sebenarnya ingin didengar.

Sayangnya, ada satu masalah besar. Itu hanya suara angin. Dengan ANC diaktifkan, mikrofon onboard cenderung bersiul di telinga, seperti yang dilakukan Urbanista Miami. Satu-satunya solusi adalah tinggal di tempat dengan cuaca lebih baik atau mendengarkan tanpa ANC.

Tapi setidaknya mematikan ANC tidak merusak kualitas suara. Kebisingan sekitar dapat disaring, tetapi tidak ada detail atau respons bas yang hilang.

Aplikasi dan Fitur

Enduro ANC kompatibel dengan aplikasi Cleer+ (Android dan iOS), aplikasi sederhana namun sangat berguna. Selain hanya dapat mengaktifkan atau menonaktifkan ANC, bagian Kontrol Kebisingan Sekitar juga menyertakan penggeser untuk memilih satu dari 10 tingkat sensitivitas untuk Mode Sekitar.

Ini berguna, dan kami menyukai bagaimana headphone secara otomatis beralih ke mode sekitar (atau ANC) saat mengaktifkan penggeser. Tombol earcup memungkinkan untuk menggilir mode hingga mencapai yang diinginkan. Menjadikannya alternatif yang lebih cepat untuk Mode Bicara jika sudah memiliki telepon di tangan.

Ada juga penyesuaian EQ (penyertaan lain yang murah hati untuk harganya) dan opsi kecil yang menyenangkan untuk mengganti nama Enduro ANC menjadi gaya AirPods. Namun, ini tampaknya hanya memengaruhi cara Cleer+ mengacu pada headphone.

Nama yang dipersonalisasi tidak muncul di mana pun di OS perangkat sumber. Enduro ANC sendiri mendukung Google Fast Pair 2.0. Fitur ini dapat menyederhanakan pengaturan hp Android dengan membuat handset menampilkan notifikasi segera setelah mendeteksi headphone dalam mode pairing terdekat.

Ini hanya berlaku untuk pengaturan awal. Kami tidak pernah melihat notifikasi ini karena menu Bluetooth sudah ada di layar saat menyalakan Enduro ANC untuk pertama kali. Pokoknya, tag NFC di earcup kiri menawarkan trik koneksi yang lebih keren.

Ini memungkinkan untuk menghubungkan atau memutuskan panggilan hanya dengan menekan handset ke headphone, dan bekerja dengan sempurna setiap saat. Jika sebelumnya telah memutuskan sambungan saat trek sedang diputar, sistem cukup pintar untuk melanjutkan lagu secara otomatis saat mengetuk untuk menghubungkan kembali.

Masa Pakai Baterai

Kami menyebutkan janji masa pakai baterai yang besar sebelumnya, tetapi tidak bertahan lebih lama dari Cleer. Enduro ANC memiliki rating pemutaran ANC selama 60 jam yang luar biasa. Bahkan headphone over-ear terbaik, dengan atau tanpa peredam bising, jangan mendekatinya.

Apakah terlalu bagus untuk menjadi kenyataan? Akibatnya, ya. Tapi Enduro ANC tidak pernah mengecewakan. Dengan ANC diaktifkan, volume diatur ke 50% dan terhubung melalui Bluetooth, kami mendapatkan total 50 jam dan 15 menit penggunaan dengan sekali pengisian daya.

Itu lebih dari dua kali lipat apa yang dapat dikelola oleh AirPods Max dan Bose 700, dan bahkan Urbanista Miami yang tangguh pun mengering dalam beberapa jam. Sejauh yang kami tahu, Enduro ANC adalah headphone peredam bising terlama yang diuji.

Satu-satunya downside adalah waktu pengisian penuh yang lama 3 jam, meskipun pengisian cepat 10 menit akan memberi waktu bermain 2 jam.

Kualitas Panggilan Cleer Enduro ANC

Enduro ANC juga membuat headset panggilan yang dapat diservis. Ketika menggunakannya untuk panggilan telepon biasa, terdengar jernih dan tajam. Mungkin ada lebih sedikit bass dalam suaraku dari biasanya, tapi tidak ada yang tidak bisa dimengerti.

Demikian pula, mikrofon mengambil kebisingan latar belakang ruangan, tetapi tidak sampai mengalahkan suara. Di luar, kebisingan angin jelas bukan masalah dengan panggilan daripada pembatalan kebisingan, dan bahkan dengan suara sekitar ditambahkan, mereka mengatakan masih terdengar jelas.

Apakah Enduro ANC Headphone Terbaik dengan Mikrofon untuk Panggilan Suara dan Video? Itu bukan jawabannya, karena isolasi kebisingan akan memberi mikrofon yang lebih baik, tetapi ini adalah performa yang hebat.

Kesimpulan

Meski lemah di cuaca tertentu, Cleer Enduro ANC terasa istimewa. Terlepas dari kenyataan bahwa Urbanista Miami, headphone ANC lain yang mengesankan meskipun harganya murah, dirilis hanya beberapa bulan setelah dirilis.

Namun, Miami adalah sekumpulan kaleng yang cukup mendasar, selain dari kombinasi fitur/harga tunggal, dan masih belum memiliki aplikasi seluler. Sebaliknya, Enduro ANC menawarkan lebih banyak kontrol, fitur tambahan, desain yang lebih portabel, dan masa pakai baterai yang lebih baik, semuanya dengan harga yang sama.

Kami tidak mengatakan yang lain, alternatif yang lebih baik tidak akan keluar. Tetapi untuk saat ini, Enduro ANC mungkin merupakan headphone peredam bising bernilai terbaik di pasaran.

Leave a Comment