Pengertian Dan Contoh Hewan Amfibi

anakui.com – Contoh Hewan Amfibi , Amfibi adalah kelompok hewan yang menarik yang dicirikan oleh kulit yang lembut, hampir berlendir, lembab, dan siklus hidup yang kompleks.

Meski hewan yang hidup di dua alam ini tidak berbahaya bila dibiarkan, namun banyak spesies yang justru berbisa atau beracun . Kelompok taksonomi amfibi termasuk katak, kodok, salamander, salamander, dan amfibi mirip ular aneh yang disebut caecilian.

Pada artikel ini, kita akan membahas jenis hewan khusus ini dan menyajikan contoh amfibi yang berbeda.

Apa itu hewan Amfibi?

Amfibi adalah hewan yang hidup di dua alam ,  vertebrata berdarah dingin yang hidup setidaknya sebagian di air dan bernapas melalui kulitnya.

Siklus hidup amfibi dibagi menjadi dua tahap: larva dan dewasa. Tahap larva adalah 100% akuatik dan tahap dewasa dapat semi-akuatik.

Berikut Contoh Hewan Amfibi

Contoh umum amfibi termasuk katak, kodok, salamander, dan kadal air. Teruslah membaca untuk beberapa contoh spesies amfibi yang lebih spesifik.

1. Leopard frog

contoh hewan amfibi

Ada banyak spesies katak macan tutul dan semuanya ditemukan di Amerika Utara, Tengah dan Selatan.

Contoh Hewan Amfibi Katak macan tutul ini memiliki bintik-bintik besar dan memiliki berbagai warna hijau dan coklat, dengan dua garis sejajar dari mata ke punggung.

Katak macan tutul sangat mudah beradaptasi dan dapat ditemukan di air tawar hampir di mana-mana, bahkan kolam di daerah perkotaan yang sibuk.

2. Axolotl

hewan yang hidup di dua alam

Axolotl adalah Contoh Hewan Amfibi , salamander yang hidup di air tawar dengan insang berumbai yang memungkinkannya bernapas di bawah air.

Mereka terancam punah dan saat ini hanya ditemukan di danau-danau tertentu di Meksiko.

Axolotl cukup populer sebagai hewan peliharaan dan merupakan hewan laboratorium yang umum digunakan dalam penelitian karena dapat meregenerasi anggota tubuh.

3. Tiger salamander

hewan yang hidup di dua alam

Salamander macan mendapatkan namanya dari garis-garis di tubuhnya, tetapi mereka bisa berpola dan berbintik-bintik.

Contoh Hewan Amfibi ini berukuran besar dan dapat tumbuh dari 6 hingga 14 inci.

Karena salamander harimau kebanyakan hidup di liang bawah tanah, mereka bisa sangat sulit ditemukan karena gaya hidup mereka yang tertutup.

Hewan yang hidup di dua alam ini tersebar hampir di seluruh Amerika Serikat, Kanada bagian selatan, dan Meksiko bagian timur.

4. Rough-skinned newt

hewan amfibi adalah

Kadal air sangat erat kaitannya dengan salamander, tetapi cenderung menjalani gaya hidup yang lebih akuatik daripada kebanyakan salamander.

Kadal air berkulit kasar dinamai demikian karena kulitnya yang kasar dan keriput.

Hewan yang hidup di dua alam ini memiliki perut merah cerah yang membuatnya mudah dibedakan dari spesies salamander atau salamander lainnya.

Contoh Hewan Amfibi ini ditemukan di Pacific Northwest, sebagian California, dan Montana di Timur Jauh. Salamander berkulit kasar juga merupakan salah satu hewan paling berbisa di dunia.

5. Red-eyed tree frog

hewan amfibi adalah

Katak pohon bermata merah mungkin yang Anda pikirkan saat memikirkan hewan yang hidup di hutan hujan.

Seperti yang mungkin sudah Anda duga, katak ini memiliki mata berwarna merah cerah yang kontras dengan tubuhnya yang berwarna hijau cerah.

Katak pohon bermata merah adalah katak arboreal atau penghuni pohon , Contoh Hewan Amfibi yang hidup di hutan hujan Amerika Tengah.

6. Eastern newt

hewan amfibi adalah

Kadal air timur cukup umum di Amerika Serikat bagian timur dan Kanada bagian timur.

Contoh Hewan Amfibi  ini dapat ditemukan di lingkungan yang lembab di dekat kolam kecil atau genangan air di hutan jenis konifera atau gugur.

Sebagai remaja, kadal air timur memiliki warna merah, oranye, atau hijau yang cemerlang.

7. Hellbender

contoh jenis hewan amfibi

Hellbender adalah spesies salamander raksasa air yang luar biasa. Hewan yang hidup di dua alam ini bisa tumbuh hingga hampir 30 inci panjangnya!

Salamander raksasa ini lebih menyukai air yang bergerak cepat di sungai dan sungai dan dapat ditemukan di New York di utara, Georgia di selatan, dan Arkansas di barat.

8. Koh Tao Island caecilian

contoh jenis hewan amfibi

Hewan yang hidup di dua alam Caecilian adalah hewan aneh dan luar biasa yang menyerupai ular atau cacing karena tidak memiliki anggota tubuh, tetapi sebenarnya mereka adalah amfibi.

Caecilian Pulau Koh Tao berasal dari banyak negara di Asia Tenggara, mendiami habitat basah di hutan, rawa di sepanjang sungai dan area pertanian.

9. Ringed salamander

contoh gambar hewan amfibi

Salamander bercincin mendapatkan namanya dari cincin putih yang terdefinisi dengan baik yang membentang di sepanjang punggungnya.

Salamander ini terbatas pada area kecil di Amerika Serikat dan hanya ditemukan di Arkansas, Oklahoma, dan Missouri.

Mereka adalah hewanhewan yang hidup di dua alam yang sangat tertutup dan menghabiskan banyak waktu di liang bawah tanah.

10. Common mudpuppy

contoh hewan amfibi

Mudpuppies adalah sejenis salamander yang hidup sepenuhnya di air.

Hewan yang hidup di dua alam ini mirip dengan Axolotl, sejenis salamander air lainnya, karena keduanya memiliki insang eksternal yang mereka gunakan untuk bernapas di bawah air.

Mudpuppies biasa hidup di air tawar di sebagian besar Amerika Utara bagian timur. Di bagian utara jangkauan mereka, mereka sering disebut sebagai Waterdog.

Akhir Kata .

Artikel diatas membahas tentang Contoh Hewan Amfibi  , hewan yang hidup di dua alam , semoga membantu , terimakasih

Leave a Comment