Review Corsair Virtuoso RGB Wireless XT

anakui.com – Corsair Virtuoso RGB Wireless XT sangat berharga. Corsair Virtuoso RGB Wireless XT memadukan kualitas suara yang hebat dengan desain ramping dan dua jenis konektivitas nirkabel. Tapi itu mahal.

Spesifikasi Corsair Virtuoso RGB Wireless XT

Spesifikasi
Kompatibilitas: PC, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S, Nintendo Switch, Seluler
Driver: 50mm
Respons frekuensi: 20Hz - 40kHz
Nirkabel: ya
Berat: 13,5 ons

Kelebihan

  • + Kualitas suara yang bagus
  • + Kenyamanan pas
  • + Konektivitas Bluetooth, USB, dan 3,5 mm
  • + Berfungsi ganda sebagai headphone musik

Kekurangan

  • – Harga tinggi
  • – Daya tahan baterai tidak mencukupi

Corsair Virtuoso RGB Wireless XT adalah headset gaming terbaik yang dibuat Corsair selama bertahun-tahun. Beberapa model Corsair yang lebih tua menawarkan kualitas suara yang biasa-biasa saja atau desain yang mewah.

Tetapi Virtuoso RGB Wireless XT adalah perangkat terbaik untuk bermain game PC kompetitif, bersantai dengan game konsol, mendengarkan musik, atau bahkan hanya menikmati percakapan di telepon. Headset ini fungsional, serbaguna, dan sedikit bergaya.

Namun, ini semua berharga Rp. 4 jutaan. Virtuoso RGB Wireless XT adalah salah satu headset gaming termahal yang pernah kami ulas yang tidak mengarah ke wilayah “audiophile” (yang memerlukan audio beresolusi tinggi, suara spasial, dan banyak lagi).

Baterainya tidak bertahan lama, dan meskipun kompatibel dengan banyak sistem, masih ada beberapa gesekan jika ingin menggunakannya dengan PC atau apa pun selain PlayStation.

Tetap saja, kualitas dan kenyamanan suara yang luar biasa berbicara sendiri, dan dalam hal itu Virtuoso RGB Wireless XT berbicara banyak. Baca ulasan lengkap kami tentang Corsair Virtuoso RGB Wireless XT.

Desain Corsair Virtuoso RGB Wireless XT

Corsair Virtuoso RGB Wireless XT sangat mirip dengan Corsair Virtuoso RGB Wireless SE yang kami ulas beberapa tahun lalu. Sobat dapat mengharapkan sasis polos dengan penutup telinga kulit imitasi yang mewah, ikat kepala yang tebal, dan logo RGB Corsair yang ramping di kedua sisinya.

Berbeda dengan model Wireless SE, headset Wireless XT berwarna hitam. Berkat konektivitas Bluetooth-nya, ini adalah pilihan yang sangat bagus sebagai headset sehari-hari saat bepergian. Earcup kiri menampung mikrofon fleksibel yang dapat dilepas, serta port 3,5mm dan port pengisian daya USB-C.

Earcup kanan memiliki beberapa kontrol: roda volume, sakelar on/off, tombol koneksi Bluetooth, dan tombol volume Bluetooth terpisah. Semua kontrol ini terasa berbeda dan memiliki jarak yang cukup baik, sehingga kurva pembelajaran tidak akan memakan waktu terlalu lama.

Dengan berat 13,5 ons, Virtuoso tidak seringan headset gaming, tetapi bobotnya terdistribusi dengan baik sehingga tidak pernah terasa berat. Jika tidak, Virtuoso RGB Wireless XT hadir dengan dongle USB-A nirkabel (mudah hilang karena tidak ada tempat untuk menyimpannya di dalam headset), kabel pengisi daya, kabel audio 3,5 mm, dan tas jinjing yang cukup elegan.

Corsair mungkin membebankan harga premium, tetapi setidaknya mereka menawarkan produk premium sebagai gantinya.

Kenyamanan

Earcup besar pada Corsair Virtuoso RGB Wireless XT tidak hanya untuk pertunjukan. Mereka sangat mendukung dan tidak memberikan banyak tekanan bahkan dengan kacamata. Kami memakai Virtuoso selama berjam-jam untuk bermain game, bekerja, dan menonton TV, tetapi tidak pernah benar-benar ingin melepasnya.

Satu-satunya keluhan adalah bahwa mereka tidak membuat segel yang pas di sekitar pangkal telinga, tetapi mereka juga tidak mengeluarkan banyak suara.  Ikat kepala baja dapat disesuaikan dengan serangkaian takik numerik dari 0 hingga 10, sehingga mudah untuk menemukan dan mengingat kecocokan.

Ini sangat berguna jika berbagi headset dengan anggota keluarga. Kenyamanan bisa dibilang merupakan hal terpenting yang dapat ditawarkan oleh headset gaming, dan Virtuoso RGB Wireless XT mencontohkan aspek tersebut.

Kinerja Corsair Virtuoso RGB Wireless XT

Di mana Corsair Virtuoso RGB Wireless XT benar-benar mengejutkan adalah kualitas suaranya. Ketika meninjau Corsair Virtuoso RGB Wireless SE, kami kecewa dengan suara yang berlumpur dan jauh. Baik sedang bermain game, menonton film, atau mendengarkan musik. Rekan-rekan yang paham suara setuju.

Secara umum, itu jauh lebih rendah dari yang diharapkan dari Corsair. Dengan senang hati kami laporkan bahwa Corsair telah kembali ke kekuatan tempur penuh dengan Virtuoso RGB Wireless XT. Audio yang kaya dan halus terdengar fantastis, terutama di game.

Kami menguji XT dengan Age of Empires III: Definitive Edition, Doom Eternal, Baldur’s Gate III, dan Final Fantasy XIV, dan headset melakukan pekerjaan yang baik dalam menghasilkan tembakan, ledakan, musik, dialog, dan segala sesuatu di antaranya.

Kami sangat terkesan dengan Virtuoso RGB Wireless XT dari Doom Eternal, di mana arah tembakan musuh selalu jelas. Headset tersebut juga membawa skor indah dari Assassin’s Creed Valhalla ke PS5. Seperti disebutkan di atas, dongle USB nirkabel adalah satu-satunya cara untuk mendengarkan dengan Virtuoso RGB Wireless XT.

Sobat juga dapat menghubungkannya ke perangkat seluler melalui Bluetooth atau ke konsol Xbox/Switch melalui jack audio 3,5 mm. Ini tidak memiliki sedikit pukulan aural biasa dari Virtuoso, serta opsi suara surround yang ditawarkan oleh PC.

Tapi secara keseluruhan, mereka jauh lebih baik daripada headset berkabel murah dan tidak terlalu jauh dari headphone audio yang layak. Tidak seperti kebanyakan headset gaming, Virtuoso RGB Wireless XT juga bagus untuk mendengarkan musik.

Kami menggunakannya sebagai headphone kerja sehari-hari sambil mendengarkan musik folk, rock, klasik, dan metal sambil melakukan pekerjaan sehari-hari. Apakah itu paduan suara lengkap dengan dukungan orkestra atau solo gitar headbanging, semuanya terdengar jelas dan langsung.

Fitur dan masa pakai baterai

Seperti perlengkapan Corsair lainnya, Virtuoso RGB Wireless XT berjalan pada perangkat lunak Corsair Utility Engine (iCUE). Perangkat lunak ini dulunya sangat esoteris, tetapi selama beberapa bulan terakhir kami telah melihat peningkatan dalam keramahan pengguna dengan antarmuka yang disederhanakan dan fitur sederhana.

Dengan iCUE, sobat dapat dengan mudah memilih dari berbagai opsi ekualisasi prasetel (Sinema, FPS Kompetitif, Bass Boost, dan lainnya), mengatur profil individu untuk berbagai game dan aplikasi, dan bahkan menyesuaikan opsi pencahayaan halus pada penutup telinga.

Satu-satunya keluhan di sini adalah bahwa lampu earcup dapat dimatikan kapan saja, meskipun sudah menghilangkan masa pakai baterai yang sangat lama. Apa yang membedakan Virtuoso RGB Wireless XT dari kebanyakan headset gaming serupa adalah ia menawarkan konektivitas Bluetooth selain nirkabel USB.

Itu artinya kompatibel dengan perangkat seluler serta beberapa smart TV dan pemutar streaming. Ini adalah fitur yang sangat berguna dan berfungsi seperti yang diharapkan. Di sisi lain, seperti banyak headset Corsair, Virtuoso tidak akan berfungsi dengan Nintendo Switch yang dipasang ke dok.

Itu satu-satunya pilihan untuk bermain dalam mode genggam menggunakan kabel 3.5mm. Demikian juga, sobat harus menggunakan kabel 3,5 mm dengan pengontrol Xbox.

Mengecewakan melihat headset seharga Rp. 4 jutaan diganti dengan yang berkabel. Karena headset yang jauh lebih murah seperti SteelSeries Arctis 7X dan Astro A20 telah menerapkan solusi nirkabel yang menjembatani kesenjangan PlayStation/Xbox.

Di luar itu, Virtuoso menawarkan mikrofon sebening kristal, yang menurut rekan kami adalah yang terbaik yang pernah kami uji. Ini dapat berguna untuk game multipemain serta panggilan telepon dengan teman dan keluarga melalui Bluetooth.

Namun, masa pakai baterai dibatasi hingga 15 jam. Itu tidak baik karena sebagian besar kompetisi menggunakan 20-30 jam. Menurut pengalaman, mengisi daya headset melalui USB-C ke komputer membutuhkan waktu 3-4 jam.

Kesimpulan

Terlepas dari harganya yang mahal, masa pakai baterai yang terbatas, dan kompatibilitas yang tidak sempurna, Corsair Virtuoso RGB Wireless XT adalah salah satu headset gaming terbaik yang telah kami ulas dalam beberapa bulan. Kedengarannya bagus. Kami merasa nyaman. Ini bekerja di hampir semua sistem.

Sulit untuk menemukan titik perbandingan langsung untuk Virtuoso RGB Wireless XT, karena harganya  lebih mahal daripada kebanyakan headset gaming nirkabel pesaing. Kami masih lebih suka Logitech G Pro X Wireless karena kualitas suaranya yang mentah dan SteelSeries Arctis 7X karena keserbagunaannya.

Tetapi Virtuoso menggabungkan keduanya dengan cara yang tidak banyak dicoba oleh headset lain. Corsair Virtuoso RGB Wireless XT layak untuk diinvestasikan jika ingin berbelanja secara royal.

Leave a Comment