“Tuntutlah ilmu sampai ke Negeri Cina”. Kira-kira, begitulah salah satu pesan yang sering kali disampaikan oleh orangtua. Artinya, kamu harus belajar dan terus belajar, karena hidup memang adalah proses belajar. Semakin tinggi ilmu yang kamu miliki, semakin banyak hal yang tidak kamu tahu. Namun, tidak harus ke Cina kok, kamu bahkan bisa belajar sampai ke Eropa melalui program DAAD Scholarship 2020.

Sekilas Tentang DAAD Scholarship 2020

Sejak pertama kali dibentuk pada 1925 silam, DAAD telah menjadi salah satu organisasi pendanaan paling penting di seluruh dunia. Mengusung inti bisnis utama sebagai organisasi pemberi beasiswa terbaik, DAAD Scholarship 2020 berfokus untuk mendidik akademisi Jerman di universitas terbaik di seluruh dunia dan memberikan pendidikan serta pelatihan terbaik untuk siswa internasional yang berprestasi.

Jenis Beasiswa DAAD Scholarship 2020

Jerman memiliki banyak universitas yang sudah pasti tidak perlu diragukan lagi kualitasnya dalam memajukan edukasi di dunia. Nah, kamu bisa mengetahui apa saja program beasiswa untuk S2 dan S3 di Jerman melalui DAAD Scholarship 2020. Berikut daftarnya:

advertisement

University Summer Courses Offered in Germany for Foreign Students and Graduates

Program ini dikhususkan untuk mahasiswa program Sarjana dan Master di semua bidang studi dengan kemampuan Bahasa Jerman tingkat menengah. Namun, mahasiswa dengan gelar Sarjana setidaknya harus menyelesaikan dua tahun akademik pada awal periode beasiswa. Program ini berdurasi satu bulan dengan keunggulan berupa pembayaran beasiswa langsung oleh pihak penyelenggara kursus pada hari pertama.

Ada tiga jenis kelas yang ditawarkan pada program beasiswa ini, yaitu Language Course, Short Course, dan Study Online. Program bahasanya juga beragam, dengan program utama Bahasa Jerman dan Inggris. Lalu, pilihan program studi yang ditawarkan, yaitu:

  • Peternakan/Pertanian, Kehutanan, dan Ilmu Gizi.
  • Seni dan Teori Seni.
  • Teknik.
  • Program Bahasa dan Budaya.
  • Hukum, Ekonomi, dan Ilmu Sosial.
  • Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
  • Kedokteran

Masing-masing program studi ini memiliki jumlah kelas yang berbeda. Seperti misalnya, Prodi Peternakan/Pertanian, Kehutanan, dan Ilmu Gizi menawarkan 6 (enam) kelas. Lalu, Prodi Bahasa dan Budaya menawarkan 219 kelas, dan begitu pula Program Studi lainnya. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan.

advertisement

Study Scholarships for Foreign Graduated in the Field of Arts

Program beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa asing dari bidang Arsitektur, Musik, Seni Pertunjukan termasuk Seni Rupa, Desain/Komunikasi Visual dan Film. Program belajar ini memiliki durasi antara 1 hingga 2 tahun. Keuntungan yang akan kamu dapatkan adalah jaminan asuransi, biaya perjalanan, dan pembayaran beasiswa bulanan. Pendaftarannya dibuka antara bulan Juni hingga Oktober.

Research Grants – Doctoral Programme In Germany

Merupakan beasiswa yang ditujukan untuk program doktoral di universitas atau lembaga penelitian non-universitas di Jerman. Targetnya adalah akademisi dan ilmuwan muda yang telah menyelesaikan gelar Master atau dalam kasus khusus adalah Sarjana yang sedang menjalani penelitian dengan dukungan dan hibah.

Program beasiswa ini memiliki durasi antara 3 hingga 4 tahun, dengan menawarkan pelatihan bahasa, biaya perjalanan, jaminan asuransi, dan pembayaran beasiswa bulanan. Kalua kamu tertarik, pendaftaran untuk beasiswa ini dimulai antara bulan Juni hingga Oktober, ya!

advertisement

Research Grants – Bi-nationally Supervised Doctoral Degrees

Merupakan program penelitian di universitas atau lembaga penelitian non-universitas di Jerman sebagai bagian dari program doktoral di negara asal dengan pengawasan baik di Jerman maupun di negara asal. Kandidatnya adalah doktor, akademisi muda, dan ilmuwan yang telah menyelesaikan gelar Master atau dalam kasus luar biasa para Sarjana paling lambat ketika memulai program penelitian yang didukung dengan dana hibah.

Program ini berdurasi antara 1 sampai 2 tahun dengan keuntungan berupa pelatihan bahasa, biaya perjalanan, jaminan asuransi, dan pembayaran beasiswa bulanan. Pendaftaran dibuka mulai bulan Juni hingga Oktober.

Research Grants – One-Year Grants

Merupakan proyek penelitian atau program pendidikan berkelanjutan di universitas di Jerman atau lembaga penelitian non-universitas. Ditujukan untuk akademisi muda, ilmuwan, atau doktor yang telah menyelesaikan gelar Master atau telah menyelesaikan PhD. Program berlangsung antara 7 hingga 10 bulan dengan keuntungan berupa biaya perjalanan, pelatihan bahasa, jaminan asuransi, dan biaya pembayaran bulanan.

advertisement

Scholarship for Development-Related Postgraduate Courses (EPOS)

Beasiswa untuk lulusan dengan pengalaman kerja setidaknya dua tahun. Kandidat adalah doktor, akademisi muda, atau ilmuwan yang telah menyelesaikan gelar Master atau PhD. Program berdurasi antara 1 hingga 3 tahun dengan keuntungan berupa biaya perjalanan, biaya pembayaran beasiswa bulanan, dan jaminan perjalanan.

Helmut-Schmidt-Programme – Master’s Scholarships for Public Policy and Good Governance (PPGG)

Program beasiswa untuk jurusan Ilmu Sosial, Ilmu Politik, Hukum, dan Ekonomi terpilih dengan lama studi antara 1 hingga 2 tahun. Kandidat akan mendapatkan biaya perjalanan, jaminan asuransi, dan pembayaran beasiswa bulanan.

In-Country/In-Region Scholarship Programme: Call for Scholarship Applications 2020 at the Faculty of Medicine Universitas Indonesia (PDIB FKUI)

Beasiswa untuk lulusan dan pascasarjana dari Asia Tenggara dengan gelar Master jika mendaftar program Doktor yang ingin mengejar program Master atau PhD di negara asal atau di negara Asia Tenggara lainnya. DAAD Scholarships 2020 menawarkan beasiswa untuk studi PhD yang didanai oleh Kementerian Federal Jerman untuk Kerja Sama dan Pengembangan Ekonomi.

Aceh Scholarships of Excellence (Administered by DAAD)

Beasiswa program Master dan Doktoral bagi semua mahasiswa Aceh dari berbagai bidang studi. Lama studi untuk program Master adalah 2 tahun, sementara untuk program Doktoral adalah 3,5 tahun.

Pendaftaran DAAD Scholarships 2020 Program EPOS

Siapa saja yang bisa mendaftar untuk mendapatkan beasiswa dari DAAD Scholarships 2020 program EPOS? Semua lulusan dengan pengalaman kerja minimal dua tahun. Program Studi yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  • Economic Sciences/Business Administration/Political Economics.
  • Development Cooperation.
  • Engineering and Related Sciences.
  • Mathematics.
  • Regional and Urban Planning.
  • Agriculture and Forest Sciences.
  • Natural and Environmental Sciences.
  • Medicine and Public Health.
  • Social Sciences, Education and Law.
  • Media Studies.

Kandidat yang terpilih dalam program ini akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:

  • Pembayaran untuk asuransi kesehatan dan kecelakaan.
  • Tunjangan perjalanan, kecuali biaya ini ditanggung oleh negara asal atau sumber pendanaan lainnya.
  • Pada keadaan khusus, kandidat dapat menerima manfaat tambahan berupa subsidi sewa bulanan dan tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani.

Nah, persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Kandidat memenuhi persyaratan akademik yang diperlukan dan diharapkan berhasil menyelesaikan program studi di Jerman.
  • Memiliki gelar Sarjana dalam bidang studi yang sesuai.
  • Memiliki pengalaman profesional setidaknya dua tahun.
  • Memiliki skor IELTS 6 atau TOEFL PBT 550, IBT 80, atau CBT 213.
  • Mengikuti program pelatihan bahasa Jerman DSH 2 atau TestDaF 4 dengan level paling rendah adalah A2.

Lalu, dokumen apa saja yang dibutuhkan?

  • Formulir aplikasi dari DAAD Scholarship 2020.
  • CV yang telah dibubuhi tanda tangan dengan menggunakan formulir Europass
  • Surat motivasi yang telah diberi tanda tangan dan merujuk pada pengalaman bekerja saat ini.
  • Surat rekomendasi dari universitas yang telah ditandatangani dan diberi cap resmi.
  • Surat rekomendasi kerja dari atasan atau perusahaan dengan tanda tangan dan cap.
  • Bukti keterampilan bahasa, baik TOEFL, IELTS, DSH atau TestDaF.
  • Fotokopi ijazah universitas SMA dan universitas juga transkrip nilai.

Kamu bisa mengajukan beasiswa hingga 3 bidang studi langsung pada setiap program yang ingin dituju. Batas pengajuannya biasanya 1,5 bulan, bisa menggunakan bahasa Inggris atau Jerman. Jadi, persiapkan dengan baik, ya!

 

Baca Juga