17 Agustus atau yang biasanya disebut orang ‘Agustusan’ sudah di depan mata. Masih inget gak, dulu sebelum jadi mahasiswa, apa aja kegiatan kamu saat memperingati Hari Kemerdekaan ini? Waktu SMP dan SMA mungkin kamu ikut upacara, terutama kalau kamu dulunya anak paskibra. Sekarang ketika jadi mahasiswa, mungkin satu-satunya sensasi yang kamu rasakan adalah keliling mall yang ada promo agustusan, nonton upacara di TV, atau disuruh pasang bendera sama Ibu.

Padahal, dulu ‘kan 17 Agustus itu seru banget, karena ada banyak lomba yang bisa kamu ikuti dan kalau menang dapat berbagai macam hadiah, mulai dari segepok pensil, tempat pensil, kotak bekal, sampai tas. Itu semua tinggal kenangan karena kamu udah mahasiswa dan udah bukan masanya lagi ikutan lomba begitu. Padahal, beberapa lomba masih makes sense dan bisa aja kamu ikuti loh! Apa aja tuh?

 

Makan Kerupuk

Lumayan, lomba sekalian sarapan via yodarci

Lumayan, lomba sekalian sarapan via yodarci

Kangen banget sama lomba yang satu ini. Beberapa kerupuk digantung pake tali rafia dan peserta berlomba makanin kerupuk. Ada yang penuh gairah, makan kerupuk udah kaya makan daging steak, nafsu banget. Dia gigit, terus ditarik kerupuknya pake mulut sampe kerupuk peserta lain ikutan terlempar gak keruan. Ada yang nyelow, makan kerupuk tanpa ada hasrat untuk menang; dia cuma mau makan kerupuk gratis sebagai bentuk sarapan pagi.

Kamu sebagai mahasiswa masih bisa ikutan lomba ini, yaaa asalkan lawannya mahasiswa juga. Kenapa enggak? Seru loh. Mungkin aja ada dermawan yang gila dan baik hati, tiba-tiba ngadain lomba makan kerupuk di aula terapung perpusat UI. Atau mungkin di Balairung. Gue sih, pasti ikut.

 

advertisement

Masukin Paku ke Dalam Botol

Nungging teruuuus via smpyapemrii

Nungging teruuuus via smpyapemrii

Oke, mungkin lomba yang satu ini gak jelas juntrungannya. Masih gak kepikiran kenapa harus masukin paku ke dalam botol sambil ngangkang-ngangkang. Tapi ya ini bagian dari nostalgia, dan anehnya lomba ini lumayan seru dan gak segampang lomba makan kerupuk.

Kalau dermawan yang di atas mau ngadain, ini bakal seru banget diadain di taman lingkar perpusat. Lucu juga lihat beberapa mahasiswa ngangkangin botol untuk masukin paku ke dalamnya.

 

Balap Karung

Yaaahhh... mau jatoh via metrotvnews

Yaaahhh… mau jatoh via metrotvnews

Ini salah satu lomba yang asik banget. Gak ada batasan usia, karena memang mungkin lomba ini gak memerlukan keahlian khusus selain melompat dengan penuh gairah menuju garis finish. Ini masih masuk akal untuk diikuti mahasiswa karena meskipun sekarang udah jadi mahasiswa, belum tentu sekarang kamu lebih jago dari kamu yang dulu, atau anak kecil lainnya.

Dibandingkan masukin paku ke dalam botol, lomba ini juga lebih masuk akal karena lebih menampilkan semangat kompetisi dan usaha yang keras. Namun, kalau memang mau ngadain balap karung tingkat mahasiswa, pastikan bakal seru. Lomba balap karung estafet keliling UI, mungkin. Tolong tetap siapin tim medis ya, just in case.

 

advertisement

Tarik Tambang

tarik tambang via prasetya

tarik tambang via prasetya

Boleh banget. Jangankan cowok, cewek pun semangat ikut lomba yang satu ini. Dan, sama seperti lomba makan kerupuk, tarik tambang ini seru kalau lawannya juga mahasiswa dan memang suka narik-narik tambang. Suka narik perhatian juga boleh sih. Yang jelas lomba yang satu ini masih tetap diadakan di kampus loh. Gak percaya?

Tiap tahunnya di FIB UI, Olimpiade Budaya selalu mengadakan lomba tarik tambang sefakultas. Peminatnya cukup banyak, entah emang karena buat nostalgia, buat seru-seruan, atau ajang pamer otot.

 

Lomba Kostum

Lomba kostum via diesonnenaufgang

Lomba kostum via diesonnenaufgang

Masih inget kan dulu waktu TK atau SD, kalian didandanin orang tua untuk ikut pawai 17 Agustus? Kostum dari sabang sampai merauke yang kalian sendiri belum tentu tau namanya dan belum tau esensinya, tapi kalian tetep pake dengan bangga karena anak-anak lain juga pake kostum dan ikutan pawai, diliatin orang banyak. Dasar bocah narsis.

Anyway, sekarang karena udah jadi mahasiswa dan bisa dandan sendiri, dan otak logis serta rasa malu menolak untuk dijadikan obyek tontonan dalam pawai, kalian gak mau lagi ikutan yang begitu. Padahal sebenernya lomba kostum ini masih masuk akal dan logis untuk kalian ikuti. Beneran deh, masa kalian bisa ikut lomba selfie sana-sini dengan pakaian aneh-aneh, tapi malu pakai kostum tradisional Indonesia?

Gimana, ada lomba lagi yang mungkin masih ingin kalian ikuti meskipun kalian udah jadi mahasiswa? Lomba panjat pinang di stadion UI, mungkin?

Ayo share tulisan ini via Facebook, Twitter dan Line supaya temen-temen yang lain bisa nostalgia lagi tentang 17 Agustus masa kecilnya.

Masih soal yang seru-seru nih: Ketahuilah, Enam Jenis Hadiah (Anti)Mainstream yang Muncul Saat Wisuda!



[reaction_buttons]