Danau Indah??


0

Danau Kenanga

Wah kalo lihat ini pasti tahu dong anakUI semuanya, yak tepat! Gedung Rektorat Universitas Indonesia tempat berkumpulnya para petinggi-petinggi kampus kita tercinta ini dengan pemandangan indah didepannya yaitu Danau Kenanga, muara dari semua sungai di Universitas Indonesia. Banyak orang-orang duduk atau hanya berjalan lewat saja, ada yang memancing, foto-foto. Saya, sebagai seorang maba, bangga sekali kalo melihat gambar ini.

Coba bandingkan bila gambar kita ambil dari sisi yang berbeda

Danau indah?

Ini dia pemandangan indah yang tadinya menghiasi berubah menjadi pemandangan indah buruk dengan bertumpuknya sampah yang ada di danau ini ckckck baunya sungguh tidak sehat bila dihirup para mahasiswa, saya yang tadinya bangga, menjadi malu.

Sadarkah para mahasiswa UI dan orang di lingkungan sekitar tentang keadaan ini? UI di gembor-gemborkan sebagai World Class Universities, Green Campus, tapi? Yang hijau bukan hanya tanamannya saja, tapi warna danaunya juga hijau, sungguh ironis sekali. Yang anehnya lagi danau ini terletak persis di depan gedung para petinggi-petinggi Universitas ini beraktivitas (baca : rektorat) .

Apa mereka tidak pernah melihat ke jendela untuk melihat danau ini? atau terlalu sibuk dengan urusan mereka? saya juga tidak tahu, sampah seperti ini tidak bisa dibiarkan, bila dibiarkan seperti ini lama-lama akan terus menumpuk dan bisa menggangu konsentrasi para mahasiswa muslim yang sedang melaksanakan ibadahnya.

Wahai seluruh elemen masyarakat di Universitas Indonesia jagalah lingkungan kampus ini, sesungguhnya kampus ini milik kita bersama, mulailah dengan hal kecil seperti membuang sampah ditempatnya atau memungut sampah, ingat hal kecil ini bila  dilakukan oleh orang banyak akan berdampak besar. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.


Like it? Share with your friends!

0
remmyzen

12 Comments

Leave a Reply

  1. Sejujurnya sampah-sampah itu dibersihin, saya pun pernah melihat petugas mambersihkannya…

    Tetapi sampah itu muncul lagi karena para penduduk hulu yang buang sembarangan ke kali dari area pondok cina yang menyebabkan penumpukan di situ….

    Sebenarnya juga, berdasarkan peta, danau tersebut masih mengalir ke danau-danau lainnya… contohnya danau salam yang berada di depan asrama UI…

  2. danau udah dibersihin kok.tapi kalo dari sungai2nya aja udah penuh sampah,danau UI yang jadi ujungnya ya juga jadi korban kan?walaupun udah dibersihin tiap hari juga..

  3. kalo ga salah, dulu pernah ngeliat, di sisi danau sebelah MUI dan jalan deket MUI, sampah2 itu udah bener2 numpuk jadi daratan gitu..

    sekarang masih gitu ga ya?

  4. Kalau menunggu kesadaran, menurut saya itu tindakan pencegahan saja.
    Apakah sekarang sudah ada tindakan penanggulangannya? Misal pengerukan/pembersihan rutin memakai mesin tertentu misalnya.
    ^_^ kangen danau UI euy, lama sudah tidak ke kampus sana.

  5. @kak ilman, kadang-kadang kalo gk dibersihin beberapa hari aja, sampah itu dah kayak daratan baru. Mang kakak jarang ke situ ya???

  6. yang harus diperbaiki adalah penyaringan sumber airnya. tau sendiri kan sumbernya itu berasal dari mana. Jelas saja kotor. jadi yang dibutuhkan adalah sistem penyaringan yang canggih dan modern. dan itu mungkin sekali. karena kita punya ratusan anak FT. pasti salah satu atau lebih dari mereka bisa mengatasi masalah tersebut dengan sebuah teknologi

  7. saya pernah denger tuh di Singapura dulu ada sungai yang item gila-gilaan, tapi pemerintahan mreka nyiapin dana gede buat penanggulangan.. jadi selain sampahnya diangkat2in, dasar sungai juga dikeruk, terus dituker pake pasir putih gitu.
    MAHAL BGT PASTI =__=;

  8. ayo anak2 Teknik atau fakultas-fakultas lain yang kira2 ilmunya bisa dimanfaatkan untuk memberikan solusi untuk membersihkan danau. ditunggu inovasinya hehehe.