Dari Output Kerja Lebih Baik Sampai Dapat Gebetan, Ini Manfaat Team Bonding

Sayang banget kan kalau kamu ikut kepanitiaan di kampus tapi isinya orang-orang yang tidak saling mengenal satu sama lain. Yuk maksimalkan kinerja tim kamu dengan bonding!


0

Pasti kamu pernah mengikuti suatu kepanitiaan, organisasi, pengabdian masyarakat, atau kerja kelompok di kelas selama menjadi mahasiswa. Yap, kerja sebagai kesatuan tim memang sangat memudahkan dan efektif untuk mengerjakan sesuatu yang memiliki beban kerja yang besar.

Misalnya kamu seorang mahasiswa jurusan Teknik Perkapalan, ada kalanya kamu harus bahu membahu dan bekerja keras sebagai tim untuk membuat kapal tersebut. Kerja sama sebagai tim ini bukan hanya ada di kepanitiaan atau di kelas aja loh temen-temen! Kerjasama sebagai tim ini sudah seringkali dibahas dan dipraktekan dalam kehidupan kita sehari-hari bahkan sebelum memasuki dunia perkuliahan, aku yakin kalian sudah tidak asing dengan hal ini.

Namun, apakah kamu pernah merasa bahwa kerja sama tim hanya membuat kamu kesulitan dengan orang-orang yang ada di dalamnya? kamu merasa berat dan malas untuk bekerja bersama mereka, boro-boro untuk kerja, ketemu aja rasanya males banget, bukannya kerja malah nambah masalah. Bisa jadi hal tersebut terjadi karena kamu dan tim belum bonding!

Bonding atau kelekatan, ialah ikatan emosional yang terjalin baik antar sesama, atau bahasa lainnya melebur dengan anggota kelompok, hal sangat berimbas pada output pekerjaan yang kamu lakukan loh! Yuk kita bahas manfaat bonding.

1. Menghasilkan Output pekerjaan yang lebih baik

Jika kamu sudah melebur dengan anggota tim, maka kamu bisa berkoordinasi dengan baik antar sesama, tanpa perlu merasa malu-malu atau merasa ga enak dengan anggota tim kamu, kamu juga bisa mengoreksi dan mendapatkan feedback atas pekerjaan yang telah kamu selesaikan, dan secara tidak langusung, hal tersebut dapat membuat output pekerjaan kamu lebih bagus loh!

2. Lebih mengenal satu sama lain.

Dengan adanya bonding, kamu dapat memahami apa saja kompetensi yang dimiliki oleh teman-teman kamu, atau jika kamu berada di posisi sebagai leader, maka kamu dapat lebih mudah memetakan staff untuk menghandle suatu job desc.
Memperluas relasi. Setelah kerja sebagai tim, kamu bisa memfollow social media mereka tanpa dibilang sok kenal dan sok deket, selain itu kamu bisa menyapa mereka juga kalau ketemu di bis kuning atau di kantin fakultas lain, itung-itung nambah temen baru yakan? siapa tau nantinya kamu butuh responden atau teman beda fakultas untuk keperluan lain, nah tinggal kontak lagi deh orangnya, gampang kan?

Sumber: kagama.co

BACA JUGA: 8 Fakta Pusgiwa UI yang Cuma Diketahui Aktivis UKM dan Organisasi

3. Lebih mudah mengorganisir orang-orang di dalamnya.

Ketika kamu sudah mengenal satu-persatu anggota tim-mu, maka kamu dapat memahami mereka lebih jauh kepribadian, kebiasaan, serta cara kerja mereka. Kamu juga dapat mengetahui dengan lebih mudah jika salah satu teman kamu mengalami kesulitan.

4. Good communication, respect, trust.

Kamu juga bisa belajar lebih jauh sekaligus mempraktikkan cara komunikasi dengan orang-orang yang belum pernah berhubungan dekat dengan kamu, di kesempatan ini keahlian komunikasi kamu sedang diuji, komunikasi yang berjalan baik dalam tim merupakan salah satu tanda bahwa bonding yang kamu lakukan ampuh untuk memperkuat kinerja tim.

5. Dapat gebetan.

Kalau ini hanya berlaku untuk kamu yang jomblo dan memang timing-nya pas ketika kamu menemukan temen yang sreg ya untuk diajak ke jenjang yang lebih serius dibandingkan hanya sekedar menjadi  teman satu tim. Tapi jangan dijadikan tujuan karena biasanya hal ini jaraaaang banget kejadian, walaupun memang  gak menutup kemungkinan sih haha.

Nah, itu dia manfaat dari bonding dalam suatu tim, sayang banget kan kalau kamu ikut kepanitiaan tapi isinya orang-orang yang tidak saling mengenal satu sama lain, yuk maksimalkan kinerja tim kamu dengan bonding!

BACA JUGA: Rekan Kerja di Kantor, Organisasi, atau Kepanitiaan Nyebelin? Ini Kiat-Kiat Menghadapinya


Like it? Share with your friends!

0

What's Your Reaction?

like like
0
like
dislike dislike
0
dislike
lol lol
0
lol
syebel syebel
0
syebel
omg omg
0
omg
atut atut
0
atut
sumringah sumringah
0
sumringah
wtf wtf
0
wtf
Rahmadianty Alivia
Saya Rahmadianty Alivia. Dari program Vokasi prodi Komunikasi Penyiaran Multimedia (2019). Saya senang mempelajari hal baru dan memelihara hewan & tumbuhan liar di rumah. Satu fakta unik dari saya adalah saya alergi mi instan. Baca artikel lainnya dari saya.

0 Comments

Leave a Reply